Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Android Tanpa Backup

Cara mengembalikan data terhapus setelah Factory Reset Android tanpa Backup — Bagaimana memulihkan data Android yang hilang seperti foto, kontak. musik dan log dari Android setelah Factory Reset?

Kami mengumpulkan pertanyaan tentang cara memulihkan data dari ponsel Android setelah Factory Reset.

Ponsel Android populer karena kepintarannya dan dibekali dengan beragam fitur, salah satunya adalah Factory Reset.

Namun begitu, fungsi Factory Reset ini selalu membuat bingung banyak orang. Mereka bertanya, apa sih sebenarnya Factory Reset ini?

Untuk itu maka Dubidam.Id berinisiatif membahasnya dengan akurat di halaman berjudul: “Apa Itu Factory Reset dan cara menggunakannya“, khusus untuk pembaca Dubidam.ID.

Apa itu Factory Reset (Reset Pabrik)?

Meski kami telah menyediakan halaman khusus membahas Factory Reset, akan tetapi tetap saja diposting ini kami paparkan penjelasan singkatnya, bagi mereka yang tertarik pelajari lebih detil langsung saja ke halaman khusus kami. Silahkan pelajari penjelasan singkatnya berikut ini:

Factory Reset adalah pemulihan perangkat elektronik kembali ke keadaan / kondisi semula yang ditetapkan oleh produsen perangkat (Pabrikan Handphone). Factory Reset juga dikenal sebagai master reset atau hard reset.

Setiap ponsel Android memiliki fungsi Factory Reset, termasuk Samsung yang populer, Oppo, Motorola, LG, Lenovo, Pixel dari Google, HTC One, Sony dan banyak lagi.

Fungsi Factory Reset (atau master reset) dapat menghapus semua data (kontak, pesan, log panggilan, foto, gambar, aplikasi, dll.) di ponsel Android dan telepon akan secara otomatis kembali ke keadaan semula atau setting pabrikan.

Fungsi Factory Reset pada ponsel Android Anda hanya dapat menghapus data dari penyimpanan internal, dan itu tidak akan menghapus data atau aplikasi yang disimpan pada kartu penyimpanan eksternal.

Apa yang akan terjadi jika melakukan pengaturan Factory Reset?

Melakukannya akan menghapus semua data, pengaturan tambahan, dan aplikasi yang telah ditambahkan pengguna pada perangkat miliknya.

Factory Reset biasanya dilakukan ketika si pemilik ponsel ingin menjual ponselnya dan perlu menghapus data pribadi atau juga karena mengalami kegagalan system, serangan virus, kerusakan pada perangkat lunak, dll.

Maka melakukan Factory Reset untuk kondisi-kondisi itu merupakan solusi yang tepat.

Disini saya mengundang dan mengajak Anda untuk melakukan factory reset jika menghadapi kondisi seperti ini dan akan membantu Anda semua.

Silahkan langsung ke tutorialnya untuk mengembalikan atau memulihkan data Android setelah factory reset.

2 Metode untuk Memulihkan Data Android Setelah Factory Reset Android

Meski Factory Reset memberi kita semua manfaat yang saya sebutkan di atas, ia juga bisa membawa beberapa bahaya tersembunyi.

Jika Anda memberikan ponsel Anda kepada seorang anak, ia bisa saja secara tidak sengaja mengatur ulang ponsel Anda ke pengaturan pabrik tanpa cadangan,

Dengan begitu Anda berisiko kehilangan data. Bayangkan apa yang harus dilakukan jika Anda menghadapi situasi ini? Apakah mungkin untuk memulihkan data setelah Factory Reset?

Tidak diragukan lagi, jawabannya adalah iya bisa! Untuk melayani kebutuhan Anda, di sini kami akan memperkenalkan dua solusi yang efisien untuk pemulihan data atau mengembalikan data setelah Factory Reset dengan dan tanpa backup.

Solusi #1: Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Android dengan Cadangan / Backup

Dewasa ini, orang biasanya mencadangkan data ponsel dengan fungsi backup system atau layanan cloud, seperti Google.

Jika Anda memiliki kebiasaan yang baik untuk melakukan pencadangan atau sinkronisasi berkala, maka akan relatif mudah untuk memulihkan file setelah factory reset ponsel Android.

Opsi 1: Pemulihan Data setelah Factory Reset dengan Akun Google

Jika Anda telah mengatur akun Google di Android Anda dan mengaktifkan sinkronisasi untuk semua data. Ini akan membantu anda saat mengalami Factory Reset, karena Anda dapat mengatur akun Google Anda lagi di telepon.

Opsi selama proses pengaturan akan memungkinkan Anda mengembalikan semua data yang disinkronkan.

Memulihkan Data Android Setelah Factory Reset
Memulihkan Data Android Setelah Factory Reset

Opsi 2: Pulihkan Data Setelah Factory Reset melalui Local Backup

Banyak ponsel Android diberkahi dengan aplikasi atau fungsi Local Backup. Jika Anda telah membuat cadangan data secara teratur, maka, setelah Factory Reset, maka buka saja “Settings / Pengaturan”> “Backup & Restore /  Cadangkan & pulihkan”, dan pilih file cadangan terbaru untuk mengembalikan data dari Backup.

Mengembalikan Data Android Dari Backup Local
Mengembalikan Data Android Dari Backup Local

Solusi #2: Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Android tanpa Backup

Sayangnya, Anda mungkin melakukan Factorey Reset secara tidak sengaja tanpa backup / cadangan, atau file cadangan hilang atau gagal dikenali oleh ponsel Anda, atau beberapa data tidak dapat dicadangkan, dll.

Jika Anda menemukan salah satu situasi yang disebutkan di sini, sebuah perangkat lunak pemulihan data profesional, bernama Gihosoft Android Data Recovery Free, akan membantu Anda.

Dengannya, Anda tidak hanya dapat memulihkan foto setelah Factory Reset pada perangkat Android tetapi juga mengembalikan data terhapus lainnya.

Selain itu, software ini juga mendukung hampir semua perangkat berbasis sistem operasi Android, seperti Samsung, Oppo, LG, Motorola, Lenovo, Google Pixel, Sony, Xiaomi Huawei, HTC, OnePlus, ZTE, dll.

Mengembalikan Data Android Tanpa Backup Setelah Factory Reset
Mengembalikan Data Android Tanpa Backup Setelah Factory Reset

Tutorial tentang Pemulihan Data Android Setelah Factory Reset:

  1. Unduh dan instal freeware Gihosoft Android Data Recovery ke komputer Anda terlebih dahulu. Selanjutnya, jalankan program itu dan pilih data yang ingin Anda pulihkan dan klik “Next”.
  2. Kemudian aktifkan USB debugging di ponsel Android dan hubungkan ke komputer melalui kabel USB. Ketika program mengenali HP / Tablet Android Anda dengan sukses, klik “Start” untuk memindai perangkat dan mencari data yang hilang.
  3. Terakhir, pratinjau semua data yang ditemukan secara detail dan pilih yang ingin Anda kembalikan atau pulihkan, lalu klik “Restore” untuk mengembalikan file yang hilang dari Android setelah Factory Reset. Data yang dipilih akan disimpan ke komputer Anda dalam format yang dapat dibaca.
Mengembalikan Memulihkan Dara Setelah Factory Reset
Mengembalikan Memulihkan Dara Setelah Factory Reset

Kiat Penting:

Dengan perangkat lunak pemulihan data gratis untuk Android ini, Anda dapat dengan mudah memulihkan foto dari Android setelah Factory Reset, serta video, musik, pesan teks, kontak, log panggilan,

Software ini juga dapat memulihkan WhatsApp dan pesan & lampiran Viber, dll.

Sebenarnya, untuk menghindari data hilang di masa mendatang, amat disarankan untuk membuat backup dari data ponsel Android Anda sebelum melakukan Factory Reset.

Misalnya, Anda dapat menggunakan tool Gihosoft Phone Transfer yang dengan mudah mampu membantu anda mencadangkan kontak, pesan teks, log panggilan, kalender, foto, video dan musik dari Android ke PC.

Terkait

2 pemikiran pada “Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Android Tanpa Backup”

Tinggalkan komentar