Cara Mengetahui Password Wifi (Super Gampang & Tidak Rumit)

Cara mengetahui password Wifi tanpa ribet. Apakah Anda lupa password WiFi Anda? Apakah Anda ingin mengakses internet namun terhalang karena salah memasukan password Wifi? Jangan khawatir anda akan dapat mengetahui password Wifi anda sekarang juga.

Dengan menggunakan command prompt (CMD), Anda dapat melihat daftar setiap jaringan nirkabel yang pernah terhubung dengan komputer Anda beserta password-nya.

Kondisi lupa password Wifi sama menjengkelkannya dengan situasi Wifi sering putus, karena keduanya sama-sama membuat kita tidak dapat terhubung dengan jaringan, hasilnya tidak bisa nge-net.

Untungnya ada cara tidak rumit, tidak ruwet, gampang dan ringkas untuk mengetahui password Wifi. Yah caranya ada di artikel ini.

Artikel ini merinci bagaimana Anda bisa mengetahui password WiFi atau bahkan mengubah pengaturan WiFi menggunakan CMD.

Profil WLAN

Ada saatnya pengguna seperti Anda lupa password WiFi Anda sendiri. Ini merupakan kejadian umum. Dengan router WiFi yang berjalan nonstop dan koneksi WiFi secara otomatis menghubungkan HP atau laptop anda saat berada di sinyal Wifi anda, maka dari itu membuat kita merasa tidak perlu mengingat password Wifi kita apalagi Wifi yang rumit.

Mungkin anda tipe pengguna yang ingin aman, sehingga menggunakan password yang rumit dan acak, ini bagus karena mengamankan koneksi Wifi anda, akan tetapi password seperti ini mudah dilupakan.

Atau adapula pengguna yang menggunakan password Wifi acak yang diberikan oleh penyedia internet (ISP) secara default.

Namun jangan panik lah.

Nah Profil WLAN dibuat setiap kali pengguna memasukkan kredensial WiFi dan membuat koneksi baru. Profil WiFi itu mencakup informasi penting seperti nama jaringan, pengaturan, dan password.

Nah disini kita akan memanfaatkan profil WLAN ini melalui command prompt. Metode ini akan berfungsi terlepas dari apakah Anda saat ini terhubung ke jaringan WiFi Anda mencoba untuk mendapatkan akses atau tidak. Namun, komputer Anda harus sudah pernah terhubung ke jaringan WiFi sebelumnya paling tidak sekali saja.

1. Cara menggunakan CMD untuk Mengetahui Password WiFi

  1. Berikut cara mengetahui password WiFi menggunakan Command:
  2. Buka command prompt dengan membuka Run (Windows + R) dan mengetik CMD. Tekan Enter. Atau ketik di CMD di Search.
Buka Command Prompt CMD
Buka Command Prompt CMD

Catatan: Atau, Anda dapat menggunakan Cari dan ketik CMD. Klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run As Administrator.

  1. Ketik baris perintah berikut dan tekan Enter:
netsh wlan show profile
  1. Anda akan melihat daftar profil WLAN yang tersimpan di PC. Perhatikan nama jaringan yang ingin Anda jelajahi.
Cara Mengetahui Password Wifi
Cara Mengetahui Password Wifi
  1. Ketikkan perintah berikut dan ganti “namawifianda” dengan nama jaringan WIFI milik anda.
netsh wlan show profile namawifianda key=clear
Cara Mengetahui Password Wifi Windows
Cara Mengetahui Password Wifi Windows
  1. Menyelesaikan langkah-langkah ini dengan sukses akan memunculkan profil WLAN dari jaringan yang ingin Anda sambungkan. Gulir ke bawah dan Anda akan menemukan kata sandi di bawah bidang Security Settings dan di Key Content: nama password Wifi.
Melihat Password Wifi Windows
Melihat Password Wifi Windows

2. Cara mengetahui password Wifi dengan Adaptor Options / Settings

Cara kedua kita akan menggunakan setelan Adaptor jaringan guna melihat password Wifi dari jaringan yang dimana perangkat komputer Windows kita biasa tersambung. Ini juga merupakan profil dimana komputer kita menyimpannya sehingga kita dapat pergunakan jika diperlukan.

Langkah 1
Klik kanan ikon jaringan pada bilah alat dan pilih “Open Network & Internet Settings”.

Buka Open Network & Internet Settings
Buka Open Network & Internet Settings

Langkah 2
Klik “Change Adaptor Options” atau “Change Adaptor Settings”.

Change Adapter Settings Options
Change Adapter Settings Options

Langkah 3
Klik kanan pada jaringan Wi-Fi dan pilih “Status” pada menu drop-down.

Status Wifi Internet Windows
Status Wifi Internet Windows

Langkah 4
Di jendela pop-up baru, pilih “Wireless Properties”.

Wireless Network Mengetahui Password Wifi Windows
Wireless Network Mengetahui Password Wifi Windows

Langkah 5
Klik pada tab Security.

Cara Mengetahui Password WiFi Windows 10
Cara Mengetahui Password WiFi Windows 10

Langkah 6
Centang kotak di samping “Show Characters”, seperti contoh gambar diatas bahwa “passwordgue” adalah password Wifi saya. Dan Anda akan mengetahui password Wifi dengan melakukan cara seperti yang saya ulas disini.

3. Cara mengetahui password Wifi dengan software

Jika Anda tidak nyaman menggunakan baris perintah Windows di command prompt atau menelusuri lintasan menuju Adaptor Network Options, maka Anda dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yang disebut Wifi password revealer | Magical JellyBean yang akan mengambil semua kata sandi Wifi yang disimpan di Windows 10 anda.

Anda hanya perlu mengunduh Wifi Password Revealer disini, lalu menginstal dan menjalankannya. Tidak diperlukan konfigurasi.

Cara Melihat Mengetahui Password WiFi Windows
Cara Melihat Mengetahui Password WiFi Windows

Anda dapat memilih koneksi Wifi apa saja dan tekan Ctrl + Alt + C untuk menyalin password Wifi di clipboard.

Harap dicatat bahwa jika Anda menggunakan Windows Server 2003 atau Windows XP, kata sandi Wifi yang sebenarnya tidak akan ditampilkan tetapi akan ditampilkan dalam bentuk HEX. Kata sandi HEX yang sama dapat digunakan untuk mengaktifkan Wifi di perangkat lain.

Video tutorial

Apabila rekan ingin menyaksikan video tutorialnya maka langsung saja saksikan video Youtube berikut ini.

Selamat kawan karena anda telah tahu cara paling jitu untuk mengetahui password WiFi di komputer Windows, dan sebagainya. Anda bisa pula mengikuti cara yang masih berhubungan dengan Wifi yakni cara ganti password Wifi Indihome anda.

Cukup 3 cara tidak usah banyak-banyak, namun cara ini yang paling jitu untuk mengetahui password Wifi internet dimana perangkat komputer anda terhubung.

Oh iya jangan lupa juga untuk mengintip posting saya yang lain yakni cara merubah password Wifi di modem Huawei. Itu juga ringkas dan jelas tutorialnya ditambah dengan video agar semakin memudahkan anda.

Baiklah kawan begitulah keseluruhan cara mengetahu Wifi internet dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar