Cara Menggunakan DNS Google Di PC Windows

Google menawarkan Public DNS untuk siapapun menggunakannya. Tujuan utama dari DNS publik inilah memberikan koneksi internet lebih cepat.

Jadi jika anda ingin mendapatkan kecepatan internet lebih, maka gunakan Publik DNS Google ini. Tentu anda ingin mengetahui kenapa pula harus gunakan Publik DNS dari Google? Okelah sekalian saya jelaskan sedikit alasan utamanya dan silahkan dibaca ya :).

Kenapa menggunakan Publik DNS Google?

Gini bro and sis, seperti kita ketahui bahwa setiap Domain itu sebenarnya merupakan alamat IP berupa rangkaian angka, contohnya http://108.64.86.108. Namun dengan DNS atau Domain Name System anda tidak perlu mengingat angka-angka tadi namun langsung dengan namanya, misalkan nama blog ini dubidam.id bukan IP addressnya.

Nah setiap ISP / Internet Service Provider menggunakan server DNS mereka. Bagus, namun tidak jarang pula, tidak bagus. Karena ISP kita bukan Google yang adalah mesin pencari.

Sedangkan Google, adalah pekerjaan rutinnya adalah merayapi internet dan proses tersebut dilakukan dengan cache informasi DNS. Karena hal inilah di database mereka sudah tersimpan / terekam seluruh DNS yang ada. Jadi setiap ada permintaan dari browser kita untuk membuka sebuah domain, maka Google cukup menggunakan cache mereka.

Hal ini menurunkan waktu permintaan, karena Google sudah tahu apa yang harus diberikan kepada anda. Jadi semua proses browsing menjadi jauh lebih cepat. Selain itu server ISP kita bisa jadi kurang stabil yang hasilnya adalah gagal mengunggah atau juga mengunggah lebih lelet.

Nah jika anda sudah tahu kelebihan apa yang ditawarkan oleh Publik DNS / Public DNS Google maka ikuti cara berikut untuk memasangnya di komputer Windows anda.

Penting: cara ini juga dapat mempercepat koneksi internet yang lelet di Windows loh.

Cara memasang Public DNS Google di Windows

Langkah 1—Kini buka Open the Network and Sharing Centre, caranya dengan cukup klik-kanan pada simbol jaringan di bagian bawah pojok dari layar, kini pilih Open Network and Sharing Centre.

Open Network and Sharing Centre
Open Network and Sharing Centre

Langkah 2—Klik nama dari koneksi internet anda, umumnya adalah nama jaringan Wi-Fi home anda, atau juga Local Area Network. Kemudian pilih Properties untuk membuka jendela yang baru.

Merubah DNS Ke DNS Google
Merubah DNS Ke DNS Google

Langkah 3—Di jendela baru yang terbuka, silahkan anda klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), kemudian pilih tombol Properties.

WiFi Properties Merubah Ke DNS Google
WiFi Properties Merubah Ke DNS Google

Langkah 4—Kini saatnya merubah seting DNS secara manual. Tik pada box Use The Following DNS server addresses untuk menggunakan alamat DNS Server baru dari Google.

Cara Merubah DNS Google
Cara Merubah DNS Google

Langkah 5—Dan di artikel ini kita, akan memasukan Public DNS Google, yang adalah 8 8 8 8 di bagian Preferred DNS Server masukan 8 8 4 4 pada bagian Alternative DNS Server.

Langkah 6—Kemudian klik OK untuk konfirmasikan perubahan, selanjutnya tinggal Restart komputer anda deh untuk kemudian melihat perubahan pada kondisi internet anda.

Nah sekarang komputer anda menggunakan Publik DNS dari Google yang manfaatnya sudah saya jelaskan di paragraf sebelumnya dan tentu saja kecepatan adalah hal utama sebagai alasan banyak pengguna internet menggunakan DNS dari Google.

Okelah jika anda mendapati posting ini bermanfaat jangan lupa di share kemana-mana hingga ke tetangga anda yah:)). Okey see you again guys.


Tinggalkan komentar