Cara Menghapus (Uninstall) Aplikasi Android Untuk Melapangkan Penyimpanan Internal

Smartphone Android betapapun besar ruang penyimpanan internal yang dimiliki, lambat laun, akan penuh juga. Dan kita sebagai pemilik smartphone tersebut akan dikejutkan oleh pemberitahuan “penyimpanan tidak mencukupi”, “ruang tidak cukup”, “low storage” dan pemberitahuan yang tidak menyenangnkan lainnya di saat ingin menginstal aplikasi baru.

Kita jadi galau, namun mau bilang apa, Android hanyalah sistem komputer yang hanya memberitakan kondisi apapun yang tidak terjadi, tidak perduli dengan perasaan kita sebagai manusia.

Hal seperti itu dikarenakan kesalahan kita sebagai pengguna, yang “kecanduan” memasang atau bahasa kerennya meng-instal aplikasi darii Play Store atau sumber lainnya. Dan seiring waktu berjalan semakin banyak aplikasi yang terpasang, jumlahnya menumpuk seperti tumpukan buku tebal dalam jumlah banyak di meja belajar.

Itu semua kesalahan kita, karena “malas” atau “lupa” mencopot atau uninstall aplikasi yang sebenarnya tidak lagi kita gunakan, atau sudah tak terpakai. Makanya jangan kaget, jika kini Anda tidak bisa menginstal aplikasi baru karena rung sudah penuh.

Namun tentu saja, masalah penuhnya ruang penyimpanan bisa diatasi. Bahkan mudah saja solusinya, yang perlu kita lakukan hanyalah mengosongkan ruang penyimpanan internal yang penuh itu. Sama saja seperti lemari pakaian, jika pakaiannya sudah terlalu banyak, maka kurangilah dengan memberikan kepada siapapun yang perlu.

Begitupun dengan aplikasi Android, tentu kita tidak bisa memberikan kepada orang lain, melainkan dibuang saja.

Nah baiklah langsung saja ke cara membuang aplikasi-aplikasi yang memang tidak lagi kita pakai atau hmmm….hanya menuhin ruang penyimpanan saja.

Lalu apakah manfaat dan tujuan menghapus aplikasi Android?

Tentu saja dengan menghapus aplikasi Android, maka anda akan dapat memanfaatkan ruang penyimpanan internal yang lapang untuk download dan instal aplikasi lain atau file apapun yang lebih bermanfaat.

Dan proses yang paling mudah dan tepat mengosongkan ruang penyimpanan internal Android adalah dengan uninstal aplikasi.

Cara menghapus aplikasi Android untuk melapangkan ruang penyimpanan internal Android

Berikut adalah sederet langkah untuk membuat ruang penyimpanan internal lebih lapang. Silahkan diikuti.

Metode 1: Uninstal aplikasi yang tidak Anda butuhkan lagi dari settings

Tentu saja ini adalah rekomendasi pertama saya, karena paling jitu untuk mengosongkan ruang atau paling tidak membuatnya lebih lapang.

Cara Unnstall Aplikasi Android

Cari aplikasi Android yang Anda tidak lagi gunakan, dengan membuka Settings / Setelan, kemudian ke Apl atau Manage App.

1. Buka Pengaturan / Settings perangkat Anda.

2. Sekarang, ketuk atau tap pada Aplikasi / Apl.

3. Buka opsi Kelola Aplikasi / Manage Applications / Manage Apps.

4. Dari daftar gulir ke bawah, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus.

5. Setelah Anda menemukannya, ketuk di atasnya, dan ketuk pada opsi Copot / Uninstall.

Ulangi langkah di atas untuk aplikasi lain.

Metode 2: Menghapus aplikasi dari Google Play Store

Selain menghapus aplikasi via Settings, Anda bisa pula menghapusnya via Google Play Store. Cara menghapusnya adalah sebagai berikut.

Cara Uninstall Aplikasi Di Google Play Store

1. Buka Google Play Store .

2. Sekarang, ketuk pada menu Pengaturan / Settings di Google Play Store.

3. Tap Aplikasi & game saya / My Apps & Games dan kunjungi bagian Terinstal / Installed.

4. Sekarang Anda bisa pilih aplikasi yang ingin Anda hapus.

5. Terakhir, tap pada Uninstall.

Diperlukan beberapa detik untuk mencopot pemasangan atau uninstall aplikasi. Jika Anda ingin menghapus lebih banyak aplikasi, kembali, dan ulangi langkah-langkah di atas.

Tips. Dianjurkan untuk menghapus aplikasi yang berukuran besar, yakni aplikasi yang berukuran hingga ratusan MB atau bahkan hingga GB. Karena akan terasa sekali lapangnya.

Bagaimana cara mencopot banyak Aplikasi sekaligus?

Tentu akan sangat melelahkan jikalau menerapkan kedua metode diatas di smartphone Android yang sudah memiliki begitu banyak aplikasi, benar?

Maka dari itu jikalau Anda benar-benar sudah kesal ingin menghapus banyak aplikasi sekaligus dan tidak ingin letih menghapus aplikasi secara satu-per-satu, maka gunakan metode keren yang satu ini.

Metode yang saya maksud adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi pihak ketiga bernama Cx File Explorer. Ini adalah aplikasi pencopot aplikasi luar biasa untuk Android.

Untuk menggunakan aplikasi Cx File Explorer, ikuti langkah-langkah berikut:

Cx File Explorer Android

  • Download dan instal Cx File Explorer di Google Play Store.
  • Kemudian buka aplikasinya. Jika Anda membuka aplikasi untuk pertama kali, Anda harus memberi aplikasi beberapa izin seperti foto, media, dan file di perangkat Anda.
  • Pilih aplikasi di bagian bawah menu.
  • Sekarang Anda dapat mencentang aplikasi yang ingin Anda hapus di sisi kanan.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan ketuk Copot Pemasangan / Uninstall di bagian bawah layar.

Menyingkirkan aplikasi tidak terpakai di smartphone Android Anda sangat penting karena membantu meningkatkan kinerja smartphone Android Anda dan juga membuatnya lebih ringan.

Bersihkan File Sampah

Jika ruang penyimpanan internal perangkat Android Anda hampir habis, Anda selalu dapat mencari dan membuang file sampah. Tahukah Anda bahwa file sampah dapat menghabiskan setidaknya 1GB penyimpanan ponsel Anda?

Tentu saja ruang sebesar itu bisa Anda gunakan untuk sesuatu yang jauh lebih penting. Ini adalah saat yang tepat untuk Anda menginstal alat pembersih sistem yang akan menyingkirkan file-file sampah itu untuk Anda.A

nda dapat mencoba menggunakan aplikasi seperti SD Maid atau Clean Master. Di Google Play, Anda akan menemukan berbagai macam aplikasi yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali ruang Anda.

Jika Anda melihat bahwa file sampah ternyata tidak menghabiskan ruang sebanyak yang Anda kira, bisa jadi terdapat kesalahan mendeteksi, oleh karena itu Anda dapat mencoba menginstal aplikasi penganalisis penyimpanan di Google Play Store.

Aplikasi ini akan menganalisis penyimpanan Anda dan memberi tahu Anda apa yang menghabiskan begitu banyak ruang. Mudah-mudahan, ini bukan sesuatu yang Anda butuhkan dan bisa dihapus. Aplikasi analisis penyimpanan yang saya rekomendasikan adalah DiskUsage. Ini adalah salah satu aplikasi yang terbaik di bidangnya, setidaknya menurut saya.

Tips tambahan: Gunakan SD Card

Cara yang sudah diakui luas oleh pengguna Android untuk melapangkan ruang penyimpanan internal / internal storage adalah menggunakan SD Card atau ruang penyimpanan internal.

Anda bisa mengirim file-file ke SD Card agar file-file tersebut tidak menumpuk di penyimpanan internal Anda. Salah satu manfaatnya adalah dengan memindahkan WhatsApp ke SD Card di Android.

Kesimpulan

Mencopot atau menghapus aplikasi yang tidak diinginkan di ponsel Android Anda adalah proses yang sangat sederhana dan mudah.

Dan semoga, artikel ini dapat membantu Anda dan jangan lupa untuk memberitahukan keluarga, teman, saudara dan rekan kerja Anda mengenai cara ini.

Tinggalkan komentar