Cara Menginstal Windows 11 tanpa TPM 2.0 & Secure Boot

Instal Windows 11 tanpa TPM, Secure Boot, dan dengan CPU yang tidak didukung! Ya, Anda tidak salah baca. Anda sekarang dapat menginstal Windows 11 di PC atau laptop lama Anda tanpa memenuhi persyaratan TPM, Boot Aman, dan CPU yang didukung.

Ketika versi developer Windows 11 yang bocor tersedia di internet, kita yang mengikuti perkembangannya dapat melihat bahwa Microsoft telah meningkatkan persyaratan sistem Windows 11 minimum dengan TPM ( Trusted Platform Module ), Boot Aman, dan CPU wajib yang didukung. Kasusnya tidak berbeda bahkan setelah rilis build publik resmi.

Jika Anda mencoba untuk meng-upgrade atau menginstal Windows 11 dengan prosedur normal, Anda mungkin menghadapi kesalahanThis PC can’t run Windows 11 error‘ seperti ini:

PC Ini Tidak Bisa Menjalankan Windows 11 Install Windows 11 TPM

Kesalahan ini bahkan dihadapi oleh beberapa orang yang memiliki PC kelas atas. Dan tentu saja kawan, dalam artikel ini, kami akan menunjukkan perbaikan TPM Windows 11 dan bagaimana kami menginstal Windows 11 tanpa TPM 2.0 dan Boot Aman di salah satu laptop lama kami. Anda juga dapat mengikuti metode ini di komputer Anda jika Anda tidak memiliki TPM versi 2.0 atau chip TPM sama sekali.

Kami memiliki beberapa solusi TPM Windows 11 untuk melewati persyaratan keamanan dan menginstal OS Windows 11 pada perangkat Anda tanpa kesalahan. Jadi di sini kita mulai.

Sebelum kita mendalami prosesnya, kami akan memberi Anda gambaran singkat tentang apa yang akan kami lakukan untuk melewati TPM pada Windows 11 untuk menginstalnya bahkan di PC lama Anda.

Cara Instal Windows 11 Tanpa TPM

  1. Unduh alat media creation tool Windows 11 tidak resmi dari Github.
  2. Ekstrak zip dan jalankan MediaCreationTool.bat.
  3. Pilih 11 sebagai versi MCT.
  4. Pilih Create ISO or  Create USB.
  5. Klik Yes di prompt PowerShell.
  6. Pilih media (USB atau ISO) dan kemudian lokasi file.
  7. Klik Next dan Anda sekarang akan mendapatkan media instalasi.
  8. Sekarang, boot dari media yang baru dibuat dan Anda akan dapat menginstal Windows 11 tanpa memenuhi persyaratan sistem.

Sekarang mari kita masuk ke dalam proses di mana kami akan menunjukkan kepada Anda screenshot TEPAT dari proses instalasi.

Karena Anda memiliki komputer yang tidak memenuhi persyaratan Windows 11 terutama persyaratan TPM, maka Anda harus melewati deteksi TPM saat melakukan instalasi. Untuk ini, kita akan menggunakan alat pembuatan media yang dibuat khusus yang dapat dengan mudah mencapai hal tersebut. Terima kasih kepada AveYo karena telah mengembangkan alat yang sangat berguna.

  1. Pertama, buka tautan ini dan unduh file zip dari alat pembuatan media universal.Install Windows 11 Tanpa TPM PC
  2. Ekstrak file zip dan jalankan file batch MediaCreationTool. Jika windows menandainya sebagai berbahaya, jangan khawatir. Cukup klik Run anyway untuk melanjutkan.MediaCreationTool Install Windows 11 PC
  3. Sekarang, setelah program terbuka pilih 11 (di bagian bawah) sebagai versi MCT.Versi MCT 11 Instal Windows 11 PC TPM
  4. Kemudian, pilih Create ISO atau Create USB. Jika Anda ingin membuat Windows 11 bootable USB untuk diinstal pada PC lain pilih Create USB. Namun jika Anda ingin menginstalnya di mesin virtual, pilih Create ISO.11 TPM Create USB Instal Windows 11 Tanpa TPM
  5. Jika diminta, klik Yes untuk mengizinkan Windows PowerShell meluncurkan utilitas pembuatan media. Ini akan terbuka dan Anda akan melihatnya berjudul “Pengaturan Windows 10”. Abaikan saja itu! Anda akan membuat media Windows 11.
  6. Di jendela alat pembuatan media, pilih media mana yang ingin Anda gunakan. Pilih USB flash drive atau pilih ISO file, terserahAnda.Windows 11 Setup Instal Windows 11 Tanp TPM
  7. Sekarang, pilih huruf drive untuk USB flash drive, atau lokasi file untuk file ISO. Klik Next.Pilih Next USB File Instal Windows 11 Tanpa TPM
  8. Alat ini sekarang akan mulai mengunduh Windows 11 dari server dan membuat media instalasi untuk Anda. Dan sekali lagi, jangan bingung dengan apa yang Anda baca di box dialog. Anda mungkin melihat “Downloading Windows 10”, tetapi jangan khawatir. Anda sebenarnya mendownload Windows 11. Dan memang Windows 11 yang Anda download.
    Proses Download Windows 11
  9. Setelah media instalasi berhasil dibuat, boot saja seperti biasa. Anda tentu akan dapat menginstal Windows 11 tanpa memiliki TPM di sistem Anda.

Cara Menginstal Windows 11 Dengan TPM 1.2 dan/atau CPU yang Tidak Didukung

Jika sistem Anda memiliki TPM 1.2, bukan TPM 2.0 dan/atau memiliki CPU yang tidak didukung, dan memenuhi semua persyaratan lainnya, maka semuanya menjadi jauh lebih mudah. Untuk menghindari masalah ini, kami memiliki solusi sederhana yang menggunakan peretasan registri untuk melewati pemeriksaan versi CPU dan TPM.

Peringatan: Metode ini melibatkan pengeditan registri atau regedit dan dapat menyebabkan masalah dengan penginstalan Windows. Jika Anda tidak nyaman dengan mengedit file registri, Anda sebaiknya batalkan niat untuk menginstal Windows 11. Tetapi jika Anda mengikuti panduan dengan benar, Anda tidak akan berakhir dengan masalah apa pun, dan berhasil instal Windows 11 di laptop atau komputer Anda. 

  1. Pertama, buka Windows Registry Editor dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan, lalu ketik “regedit”, dan tekan enter.Run Regedit Windows 10
  2. Sekarang, salin dan tempel alamat jalur berikut ke bilah alamat registri seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar. HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup\MoSetup Cara MoSetup Registry Instal Windows 11
  3. Klik kanan di ruang kosong di panel kanan dan pilih New > DWORD (32-bit) Value.New  DWORD (32-bit) Value
  4. Beri nama sebagai AllowUpgradesWithUnsupportedTPMOrCPU.Registry Edit Windows 11
  5. Klik dua kali di atasnya atur data nilai menjadi 1, dan klik OK. Pastikan ‘Hexadecimal’ sudah dipilih sebagai Basis seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.Hexadecimal

Anda sudah selesai dengan regedit.

Alternatif, jika Anda merasa langkah-langkah diatas terlalu teknis atau merasa tidak nyaman mengedit registry secara manual, makaAnda dapat melakukannya dengan beberapa klik saja.

Anda cukup unduh file registri dari artikel ini yang dibuat khusus dengan klik dua kali pada file yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas mengedit registry. Dan jika Anda diminta konfirmasi tindakan, maka silahkan mengklik Yes.Download Registry Edit Instal Windows 11 Tanpa TPM

Ini file registry yang Anda harus download.

  • [ Unduh file Registri ]

File zip di atas berisi beberapa file registri di mana Enable Win11 Upgrade.reg akan melakukan peretasan registri dan Undo Enable Win11 Upgrade.reg akan mengembalikan pengeditan registri dan mengembalikannya ke keadaan normal.

Agar perubahan registry sempurna dan berkerja, Anda harus reboot PC Anda dan lanjutkan dengan langkah berikut.

Kemudian Anda bisa langsung unduh Windows 11 Installation Assistant Resmi dan luncurkan untuk mulai memutakhirkan PC Anda ke Windows 11. Jika diminta, setujui saja peringatannya.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu cara menginstal Windows 11 tanpa TPM 2.0 dan persyaratan Secure Boot. Dan sekarang, cukup jelas bahwa TPM dan Secure Boot bukanlah hal yang tak terhindarkan untuk menjalankan sistem operasi Windows 11.

Dari 2 metode tersebut, kami menyarankan Anda untuk mencoba metode pertama terlebih dahulu. yaitu, mengedit registri selama proses instalasi. Metode ini agak rumit tetapi bekerja dengan sempurna. Metode kedua hanya untuk menunjukkan kepada Anda kemungkinan lain untuk melewati persyaratan sistem Windows 11 yang direkomendasikan oleh Microsoft.

Jika Anda menghadapi kesulitan dalam proses instalasi, jangan ragu untuk berkomentar di bawah ini. Kami akan menghubungi Anda kembali dengan solusi.

Setelah Anda menginstal Windows 11 di desktop atau laptop Anda, Anda mungkin memerlukan panduan berikut untuk menjelajahi sistem operasi dengan lebih baik dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Terkait

Trending di Windows

Tinggalkan komentar