Cara Mengirim DM Instagram

Sejak Facebook hadir pada tahun 2004, internet telah menyaksikan munculnya berbagai platform media sosial baru yang dinamis. Dalam daftar besar sosial media ini, nama Instagram tampak menonjol. Platform ini telah mengumpulkan basis pengguna sebanyak 1 miliar dan memungkinkan orang untuk berbagi konten, mengembangkan bisnis, dan menguatkan branding.

Selain itu, salah satu fitur yang paling mencolok dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengirim pesan kepada pengguna lain secara langsung atau direct message.

Untuk bisnis kecil dan seniman, fitur pesan langsung adalah berkah karena mereka dapat terhubung langsung dengan audiens dan pelanggan mereka.

Jika Anda ingin memperluas jangkauan dan memanfaatkan fitur ini dengan benar, berikut adalah panduan tentang cara mengirim pesan langsung di Instagram.

Apa Sebenarnya Instagram Direct Message (DM)?

Pada 2013, untuk membuat platform lebih interaktif, Instagram menambahkan fitur ‘Instagram ‘Direct Message‘ atau umumnya disingkat menjadi DM.

Fitur DM ini memungkinkan orang untuk melakukan percakapan satu lawan satu atau grup dalam bentuk pesan langsung (DM) mirip dengan aplikasi SMS seperti messenger atau WhatsApp. Melalui pesan langsung, seseorang tidak hanya dapat mengirim teks tetapi juga gambar, video, catatan suara, dan posting lainnya di Instagram.

Manfaat Mengirim Pesan langsung (DM) Instagram

Sama seperti pada aplikasi sosial media lainnya, kirim pesan merupakan fitur wajib dimiliki karena pengguna memang menggunakannya.

Dan pada DM maka pengguna bisa menggunakannya untuk chat dengan satu pengguna IG, atau bahkan dengan grup. Inilah salah satu fitur yang sering di manfaatkan pebisnis internet, selebritis, influencer dan brander untuk membroadcast informasi kepada seluruh followernya dalam sekali tindakan kirim pesan.

Sehingga fitur direct message / pesan langsung, apabila tidak digunakan maka banyak keuntungan yang Anda lewati.

Baiklah langsung saja kita pelajari cara lengkap mengirim DM di Instagram yang berikut ini.

Cara Mengirim DM (Pesan Langsung) di Instagram

Disini saya telah lengkapi posting dengan memberikan tutorial mengirim DM Instagram menggunakan smartphone Android dan komputer. Tidak hanya itu Anda juga akan dibimbing untuk mengirim pesan langsung (DM) kepada orang yang tidak Anda ikuti.

Cara Mengirim Pesan Langsung di Aplikasi Instagram

Fitur ‘Instagram Direct‘ pada aplikasi smartphone telah menjadi pengubah permainan dalam beberapa tahun terakhir. Fitur ini telah mereproduksi elemen dari Snapchat dan WhatsApp, memberi pengguna pengalaman SMS terbaik.

1.Kini buka aplikasi Instagram dan login ke akun Anda

2. Saat Instagram terbuka maka ketuk ikon Messenger yang terletak di sudut kanan atas. Ini akan membuka halaman Instagram Direct Anda. Semua pesan yang Anda kirim dan terima akan tercermin di halaman ini.

Mengirim Pesan Langsung Direct Message Instagram

3. Sekarang, ketuk ikon Tulis untuk membuat pesan langsung baru.

Cara Tulis Pesan Langsung Instagram IG

4. Jendela ‘New Message’ atau ‘Pesan Baru‘ akan terbuka menampilkan daftar pengguna Instagram. Pilih salah satu dari mereka atau cari profil mereka di jendela pencarian.

Pesan Baru Untuk Direct Message Pengikut Instagram

5. Setelah Anda memilih kontak, di sudut kanan atas, ketuk opsi ‘Chat’ atau ‘Obrolan‘ (Jika menggunakan bahasa Indonesia).

Chat Obrolan Pesan Langsung Instagram IG

6. Ini akan membuka jendela chat atau obrolan dengan pengguna yang dipilih, dan Anda dapat mulai mengirimi mereka pesan langsung atau direct message Instagram.

Cara Chat Menulis Pesan Langsung Direct Message Instagram IG
Silahkan baca juga:

Cara Mengirim DM Instagram dari Komputer Anda

Kemampuan mengirim pesan langsung atau direct message (DM) pada platform versi komputer adalah fitur yang relatif baru yang dirilis Instagram pada April 2020. Proses pengiriman DM di komputer Anda mirip dengan mengirimnya ke ponsel cerdas Anda:

1. Dari browser PC Anda, masuk ke akun Instagram Anda.

2. Di pojok kanan atas, Anda akan menemukan ikon Messenger, mirip dengan yang ada di ponsel Anda. Klik di atasnya untuk melanjutkan ke halaman Instagram Direct.

Mengirim Pesan Langsung DIrect Message DM Instagram Di Komputer

3. Halaman ini akan menampilkan semua pesan yang telah Anda kirim atau terima. Disini Anda dapat memilih kontak dari daftar atau klik pada Compose ikon untuk memulai pesan baru.

Mengirim DM Instagram Komputer

Cara Mengirim DM ke Akun yang Tidak Anda Ikuti

Instagram memberi pengguna opsi untuk menghubungi akun yang tidak mereka ikuti. Ini membuat komunikasi dalam aplikasi jauh lebih nyaman karena Anda dapat mengirim pesan teks kepada pengguna untuk tujuan tertentu tanpa harus mengikuti mereka.

1. Buka aplikasi Instagram pada ponsel cerdas Anda dan buka Profil pengguna yang ingin Anda kirimi pesan.

2. Di sudut kanan atas halaman, ketuk ikon tiga titik untuk menampilkan opsi.

Mengirim DM Kepada Orang Yang Tidak Kita Ikuti

3. Ketuk opsi yang bertuliskan ‘Kirim Pesan‘ atau ‘Send Message’ apabila Instagram Anda menggunakan bahasa Inggris, untuk memulai percakapan dengan pengguna.

Mengirim DM Kepada Orang Yang Tidak Dikuti

Catatan: Kecuali jika penerima pesan menerima undangan Anda untuk memulai percakapan, Anda tidak akan dapat mengetahui, apakah mereka telah membaca pesan atau belum.

Itulah kawan semua keseluruhan informasi mengenai cara mengirim DM di Instagram untuk pengguna Android dan komputer Windows. Semoga bermanfaat untuk Anda yang memang membutuhkan informasi ini.

Jika Ada pertanyakan silahkan utarakan di area komentar, akan saya respon sebisa mungkin. Baiklah sampai jumpa lagi di posting-posting seputar teknologi dari Dubidam.ID berikutnya di masa datang.

Tinggalkan komentar