Cara Mengkompres Video Android Tetap Menjaga Kualitas Video

Cara mengkompres video Android tanpa mengurangi kualitas video — Merekam video menggunakan smartphone dan tablet Android dewasa ini sudah menjadi kebiasaan, tua muda, laki dan perempuan seringkali mengabadikan momen dengan merekam video.

Terlebih lagi perangkat Android dewasa ini dibekali dengan kualitas kamera hingga 1080p yang menghasilkan kualitas gambar mumpuni.

Namun begitu, kebagusan kualitas video dibarengi dengan ukuran yang besar yang tentunya menggerogoti space kita. Apalagi jika anda ingin transfer video itu ke HP lain atau ke komputer anda, maka akan memakan waktu.

Belum lagi jika anda seorang Youtuber, yang biasa menggunakan HP Android untuk merekam video kemudian mengunggahnya di situs berbagi video milik Google itu. Tentu dengan ukuran besar video anda lagi-lagi akan memakan waktu.

Nah untungnya dewasa ini telah banyak teknologi pembantu dalam bentuk aplikasi Android yang bisa mengkompress atau merampingkan ukuran video dan lebih hebatnya lagi tanpa mengurangi kualitas si video.

Mau tahu aplikasi apa yang saya maksud?

Nama aplikasi tersebut adalah Video Converter Android yang bisa anda download dan instal gratis di Play Store. Adapun cara menggunakannya adalah mudah sekali. Begini.

Cara mengkompres video di Android dan menjaga kualitas video

Saya akan rekomendasikan dua aplikasi Android yang sejauh ini cukup memuaskan dalam urusan merampingkan ukuran file video di Android. Oleh karenanya saya putuskan untuk membagikannya kepada teman semua melalui blog ini.

Kedua aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Video to MP3 Converter,Video Compressor-VidCompact
  • Video converter Android

Cara 1—Kompres video Android dengan aplikasi Video to MP3 Converter,Video Compressor-VidCompact

Silahkan coba aplikasi kedua ini yang berhasil mendapat rate 4.6 dikembangkan oleh vidcompat.

Okelah adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Google Play Store kemudian instal Video to MP3 Converter,Video Compressor-VidCompact ke HP atau tablet Android anda dari tautan ini.
  2. Setelah terinstal maka buka aplikasinya dan pilih Trim & Compress.
Trim And Compress Video Android
Trim And Compress Video Android
  1. Pilih video yang ingin dikompres kemudian klik videonya dan anda bisa mengatur pikselnya sesuai kebutuhan baik itu 240p atau 320p. Kemudian pilih pada bagian tombol untuk menyimpan.
Pilih Video Android Ingin Di Kompress
Pilih Video Android Ingin Di Kompress
Pilih Format Video Android Untuk Di Kompress
Pilih Format Video Android Untuk Di Kompress
  1. Kini pilih lokasi untuk menyimpan video Android yang akan anda kompres. Bisa dimana saja. Tapi sebaiknya di galeri saja oleh karenanya pilih Save To Gallery saja berupa tombol dibagian atas.
  2. Selanjutnya proses kompres video Android berlangsung disertai indikator dalam presentasi misalkanya sudah berapa persen….20%…80%…95% dan seterusnya.
Proses Kompres Video Android
Proses Kompres Video Android
  1. Setelah proses kompres video Android selesai maka anda akan diberitahu mengenai berapa ukuran awal video dan ukuran video Android setelah dikompres.
Hasil Kompres Video Android Tanpa Mengurangi Kualitas Video
Hasil Kompres Video Android Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Cara 2— Kompres video Android dengan aplikasi Video Converter Android

Jika aplikasi pertama tidak memuaskan anda, maka silahkan coba aplikasi yang satu ini mendapat rate 3.6 dan banyak komentar positif termasuk dari saya dan di kembangkan oleh roman10.

Cara Kompres Video Android Tanpa Mengurangi Kualitas Video Converter
Cara Kompres Video Android Tanpa Mengurangi Kualitas Video Converter
  1. Buka Play Store lalu cari dan instal Video Converter Android ke smartphone dan tablet Android anda.
  2. Lalu pilih video yang ada di HP anda yang ingin anda kompres.
  3. Setelah ketemu maka cek pada kolom disebelah dilanjutkan dengan tap Convert.
  4. Kemudian lakukan pengaturan untuk kompres si file video.
  5. Dan pilih Reduce File (Mengurangi ukuran file). Dan masukan ukurannya, contoh 9 atau 10 atau 11 atau 12 MB terserah anda.
  6. Nah untuk format file anda boleh saja melakukan eksperimen akan tetapi di sarankan adalah 3GP sedangkan pada resolusi anda harus pilih Keep Original untuk mempertahankan keasliannya.
  7. Nah kini saatnya memulai kompresi dengan klik pada Start.
  8. Proses kompresi video Android anda dimulai. Dan hasilnya akan tersimpan di Internal Storage -> AMC.

Hasil akhir tidak selalu 100% sama dengan pengaturan anda telah lakukan. Namun yang pasti tetap memuaskan. Silahkan lakukan eksperimen.

Baiklah rekan semua itu keseluruhan cara untuk mengkompress atau memperkecil ukuran video Android yang amat bermanfaat jikalau anda ingin upload ke Youtube atau transfer ke perangkat lain guna menghemat waktu dan tidak boros storage. Semoga memberikan manfaat bagi anda semua.


Tinggalkan komentar