Cara Menonaktifkan Office Click to Run Service Berjalan Di Background

ADVERTISEMENT

Jika Click to Run Service Office menggunakan terlalu banyak CPU atau Memori, ikuti langkah-langkah ini untuk sepenuhnya menonaktifkan layanan Office Click to Run di Windows 10.

Setelah Anda menginstal suite Microsoft Office, secara otomatis service baru akan terbuat di Windows 10 dan mengonfigurasinya untuk berjalan di latar belakang. Layanan ini disebut sebagai layanan Office Click-to-Run dan terus berjalan di latar belakang. Terlepas apakah Anda aktif menggunakan Microsoft Office atau tidak, layanan Office Click to Run akan tetap berjalan di latar belakang.

Untuk sebagian besar pengguna, layanan Office CTR memang tidak terlalu mengganggu dan hanya duduk di latar belakang sampai dibutuhkan. Selain itu, tergantung pada versi Office Anda, ia tidak menggunakan sumber daya CPU apa pun saat idle dan hanya menggunakan memori kurang dari 50 MB.

Karena itu, jika layanan Office Click to Run berperilaku tidak semestinya atau jika mengganggu Anda karena proses idle hanya duduk di latar belakang, Anda dapat menonaktifkannya sepenuhnya.

Dalam panduan singkat ini, izinkan saya menunjukkan langkah-langkah untuk menonaktifkan layanan Office Click to Run dengan cepat di Microsoft Windows 10.

Langkah-langkah untuk Menonaktifkan Office Click to Run Service

Anda dapat menghentikan dan menonaktifkan Click To Run Microsoft Office langsung dari aplikasi services.msc. Cukup temukan layanan ini di services.msc, buka propertinya, dan atur ke Manual atau Dinonaktifkan. Berikut adalah langkah-langkah tentang bagaimana Anda dapat melakukannya.

ADVERTISEMENT
  1. Buka jendela Run dengan pintasan tombol “Win + R“.
  2. Ketik services.msc di bidang kosong.

Windows R services msc untuk perbaiki tombol Start Windows 10

  1. Klik tombol “OK” untuk membuka jendela Layanan.
  2. Setelah membuka layanan Windows, cari “Microsoft Office Click-To-Run Service“.
  3. Klik kanan padanya dan pilih opsi “Properties“.

Microsoft Office Click To Run Service

  1. Klik tombol “Stop” di jendela Properties.
  2. Selanjutnya, pilih “Manual” dari menu tarik-turun jenis Startup.

Stop Manual Microsoft Click To Run Service

  1. Klik tombol “Apply”.
  2. Klik “Ok“.
  3. Tutup jendela Services.
  4. Restart Windows 10.

Itu semuanya. Mulai sekarang, layanan Office Click to Run tidak akan dimulai secara otomatis.

Bagaimana menjalankan kembali service click to run Microsoft Office?

Anda dapat memulai service click to run secara manual atau memulai sendiri saat Anda membuka aplikasi Microsoft Office. Misalnya, jika Anda membuka dokumen Word atau lembar Excel, layanan click to run Office akan dimulai secara otomatis.

Catatan: Jika layanan click to run Office berjalan tanpa Anda memulai atau meluncurkan aplikasi Microsoft Office, maka  pilih opsi “Disabled” di Langkah 7. Opsi ini akan menonaktifkan layanan Office Click to Run sepenuhnya. Namun, saya tidak menyarankan Anda menonaktifkan layanan sepenuhnya karena diperlukan oleh suite Office untuk menjalankan aplikasinya dan menginstal pembaruan khusus Office.

Mengapa Click To Run (CTR) Office Berjalan di Latar Belakang?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, layanan Office CTR secara otomatis meluncurkan dirinya sendiri dan berjalan di latar belakang segera setelah Anda membuka aplikasi Microsoft Office. Ini karena layanan CTR Office diperlukan untuk menjalankan aplikasi Office.

Service Office CTR menyediakan teknologi streaming dan virtualisasi yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Office. Selain itu, service Office CTR juga bertanggung jawab untuk menginstal dan memperbarui suite Office.

Jadi, jika Anda menonaktifkan layanan CTR Microsoft Office sepenuhnya, Anda mungkin tidak dapat menginstal pembaruan Microsoft Office.

Itu semuanya. Saya harap artikel ini membantu. Jika Anda terjebak atau butuh bantuan, maka silahkan tulis komentar di bawah dan saya akan mencoba membantu sebanyak mungkin. Jika Anda menyukai artikel ini, maka baca juga download Microsoft Office 2019 di Windows

.

Leave a Comment