Cara Mentransfer WhatsApp dari iPhone ke Android

Saat Anda beralih dari iOS ke Android atau sebaliknya, hal paling menyebalkan yang mungkin Anda hadapi adalah transfer WhatsApp Anda. Anda tidak diizinkan melakukan migrasi WhatsApp saat berpindah dari satu OS ke OS lainnya. Satu-satunya hal yang mungkin adalah Anda harus menghentikan obrolan lama Anda termasuk media dan memulai dari awal lagi atau bergantung pada aplikasi pihak ketiga lain yang tidak diautentikasi yang tidak disertifikasi oleh WhatsApp.

Apakah Anda lelah kehilangan seluruh riwayat obrolan WhatsApp Anda selama mengubah sistem operasi? Ini tidak lagi! Saatnya telah tiba di tempat kejadian akhirnya untuk semua pengguna iPhone. Pengguna iOS sekarang dapat mentransfer data WhatsApp mereka ke perangkat Android yang mencakup obrolan dan media. Di sini kami akan memandu Anda untuk mentransfer WhatsApp dari iPhone ke Android.

Memindahkan WhatsApp Dari iPhone Ke Android

Awalnya, migrasi fitur baru data WhatsApp diterapkan untuk iOS ke perangkat baru Samsung seperti Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 saja, tetapi sekarang dimungkinkan untuk mentransfer dari iOS ke perangkat Samsung yang menjalankan Android 10 atau versi yang lebih tinggi.

Namun, tidak ada tanggal pasti yang diumumkan tentang pengenalan fitur ini ke ponsel Android selain Samsung.

WhatsApp umumnya mencadangkan pada dua penyedia cloud yang berbeda di kedua OS. Yaitu iCloud di iOS dan Google Drive di Android yang menyulitkan penggabungan selama transfer.

Jadi sekarang jika Anda mentransfer data Anda dari iOS ke Android, itu akan  di overwritten (ditiban) pada cadangan Android lama Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah kabel Lightning ke USB-C untuk transfer data dari iOS ke Android, Smart Switch yang terpasang di perangkat Samsung Anda dan WhatsApp versi terbaru yang diperbarui di iPhone Anda. Anda harus ingat bahwa fitur ini memungkinkan Anda untuk bekerja hanya dalam satu arah yaitu dari iPhone ke Android, bukan sebaliknya.

Baca juga:

Apa Persyaratan untuk Migrasi WhatsApp dari iPhone ke Android?

  • Instal aplikasi Smart Switch versi 3.7.22.1 atau lebih tinggi di perangkat Android Anda.
  • Perbarui WhatsApp iOS versi 2.21.160.17 atau lebih tinggi di iPhone Anda.
  • Perbarui WhatsApp Android versi 2.21.16.20 atau lebih tinggi di perangkat Android Anda.
  • Kabel Lightning ke USB-C.
  • Nomor telepon yang digunakan pada iPhone dan Android harus sama.
  • Perangkat Android Anda harus diatur ulang ke pengaturan pabrik.

Mentransfer WhatsApp dari iPhone ke Android: Langkah

Ikuti langkah-langkah sederhana untuk memigrasikan obrolan WhatsApp dari iPhone ke perangkat Samsung Anda yang kompatibel.

  1. Langkah awal adalah menyalakan perangkat Samsung Anda dan menghubungkannya dengan iPhone menggunakan kabel Lightning ke USB-C.
  2. Sekarang buka aplikasi Samsung Smart Switch dan ketuk “Recieve” lalu pilih opsi “iPhone” untuk transfer data.
  3. Anda dapat memberikan izin ke iPhone dan Anda mungkin diminta untuk memasukkan password cadangan terenkripsi dari iTunes.
  4. Pilih komponen yang ingin Anda migrasikan. Jangan lupa untuk memilih apps and apps data.
  5. Anda perlu memindai kode QR menggunakan kamera iPhone yang ditunjukkan oleh Samsung Smart Switch perangkat Android Anda. Ini akan membawa Anda ke pengaturan obrolan WhatsApp. Di sini Anda dapat memulai transfer.
  6. Ketuk “Start” di iPhone. Anda hanya perlu menunggu sampai transfer selesai. Lamanya proses transfer tergantung pada jumlah pesan dan media yang Anda simpan yang tidak lain adalah jumlah data yang Anda transfer.
  7. Ketika transfer WhatsApp selesai akan diinformasikan oleh Smart Switch. Sekarang buka WhatsApp dari perangkat Android Anda dan mulai pengaturan. Login menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan di iPhone Anda.
  8. Ketuk “Import” saat diminta. Ini akan memulai pengimporan riwayat obrolan dan dengan sabar menunggu hingga proses selesai.
  9. Sekarang Anda dapat mencabut kabel Lightning ke USB-C.
  10. Aktifkan perangkat Anda untuk melihat obrolan dan grup Anda. Selamat, Anda berhasil!

Proses Transfer WhatsApp iPhone Ke Android

Catatan: Bahkan setelah transfer, iPhone Anda masih berisi data Anda selama Anda menghapusnya atau mencopot pemasangan aplikasi. Karena data dienkripsi, WhatsApp tidak dapat mengaksesnya di salah satu perangkat.

Baca juga:

Pengguna Sekarang Dapat Mentransfer WhatsApp dari iPhone ke Android

Akhirnya penantian berakhir! Anda dapat dengan mudah mentransfer obrolan WhatsApp dari iPhone ke Android sekarang menggunakan langkah-langkah yang disebutkan di atas.

Pada contoh pertama, fitur ini berlaku untuk transfer dari iOS ke smartphone Samsung tertentu saja tetapi segera akan digabungkan dengan perangkat Android lainnya juga.

Jadi jika Anda menggunakan smartphone selain Samsung tidak perlu khawatir. Itu hanya masalah waktu!

Berikan komentar pendapat Anda tentang fitur terbaru Transfer WhatsApp dari iPhone ke Android.

Terkait

Trending di Android

Tinggalkan komentar