Beranda Telegram Cara Menyembunyikan Nomor Telepon Di Telegram: Pilih Siapa Yang Dapat Melihatnya

Cara Menyembunyikan Nomor Telepon Di Telegram: Pilih Siapa Yang Dapat Melihatnya

16
0
Cara Menyembunyikan Nomor Telepon Di Telegram: Pilih Siapa yang Dapat Melihatnya
Cara Menyembunyikan Nomor Telepon Di Telegram: Pilih Siapa yang Dapat Melihatnya

Jutaan orang di Indonesia kini menggunakan Telegram setiap hari dan sebagian besar orang menggunakannya secara terbuka tanpa menyembunyikan nomor telepon mereka.

Sementara beberapa orang ingin menggunakannya secara anonim tanpa memberi tahu siapa pun tentang nomor mereka. Alasannya adalah setiap orang tidak nyaman ketika nomor telepon mereka muncul setiap kali seseorang membuka profil mereka.

Terima kasih kepada Telegram untuk menambahkan fitur yang menyembunyikan nomor telepon menjadi jauh lebih mudah.

Selain itu, Telegram juga memungkinkan untuk menambahkan pengecualian siapa saja yang boleh melihat nomor kita, sehingga menjadikan fitur ini lebih berguna. Jadi mari kita mulai tanpa membuang waktu lagi.

Catatan: Mungkin ada perubahan kecil pada antarmuka Telegram, namun secara umum langkah-langkahnya sama untuk aplikasi seluler Telegram (Android dan iOS) dan aplikasi desktop Telegram. Pada artikel ini, kami menggunakan perangkat Android.

Menyembunyikan Nomor Telepon Di Telegram

Memilih Tidak Ada

Secara default, pengaturan Telegram diatur sehingga hanya Kontak Anda yang dapat melihat nomor telepon Anda dan tidak ada orang lain. Tetapi ada banyak alasan pribadi untuk menyembunyikan nomor telepon dari orang-orang di daftar kontak juga. Dengan mengingat hal ini, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

1. Luncurkan aplikasi Telegram pada perangkat Anda dan ketuk ikon baris tiga bersusun / hamburger di kiri atas layar.

Settings Pengaturan Telegram App

2. Sekarang ketuk opsi Pengaturan /  Settings yang diberikan tepat di bawah opsi Undang Teman. (Dalam kasus iPhone, opsi Pengaturan tersedia di sudut kanan bawah.)

Settings Telegram

3. Di bawah tajuk Pengaturan, pilih opsi Privasi dan Keamanan / Privacy And Security.

Privacy And Security Telegram

4. Setelah itu, ketuk opsi Nomor Telepon / Phone Number yang tersedia di bawah Privasi.

Menyembunyikan Nomor Telepon Di Aplikasi Telegram

5. Sekarang, di bawah Who Can See My Phone Number? Pilih Nobody dan ketuk ikon centang.

Nobody Nomor Telepon Telegram

Bacaan Bagus: Cara Menggunakan Telegram Tanpa Nomor Telepon Dan Kartu SIM.

Menambahkan Pengecualian

Apabila Anda merasa bahwa sejumlah orang di kontak perlu tahu nomor telepon Anda. Misalnya keluarga, teman dekat, boss atau bahkan pacar, sehingga Anda merasa mereka perlu tahu nomor Anda. Maka Anda bisa gunakan fitur pengecual Always Allow. Caranya sebagai berikut:

1. Ketuk pada opsi Selalu Izinkan / Always Allow di bawah judul Tambah pengecualian.

Izinkan Kontak Melihat Nomor Telepon Di Telegram

Always Allow Di Telegram

2. Pilih sebanyak mungkin pengguna dari daftar kontak yang Anda inginkan dan ketuk ikon centang.

Menambahkan lebih banyak orang ke pengecualian atau menghapus beberapa orang yang sudah ada juga dimungkinkan dengan langkah-langkah ini.

1. Sekali lagi ketuk pada Selalu Izinkan / Always Allow, Ketuk pada tiga titik yang berdekatan dengan kontak yang ditambahkan dan pilih Hapus untuk menghapus kontak.

Hapus Telegram

2. Untuk menambahkan lebih banyak orang ke pengecualian, cukup ketuk pada Add Users or Groups dan ulangi langkah ke-2 di atas.

Memilih Semua Orang

Opsi ini untuk orang yang tidak memiliki masalah dalam membagikan nomor telepon mereka dengan siapa pun. Tidak hanya orang yang disimpan dalam daftar kontak Anda tetapi setiap orang secara acak yang mencapai profil Telegram Anda dapat melihat nomor telepon Anda.

Cukup pilih opsi Everybody dan ketuk ikon centang untuk membuatnya berfungsi.

Memilih Opsi Everybody Telegram Untuk Melihat Nomor Telepon

Menambahkan Pengecualian

Pengecualian yang kami tambahkan di bawah Semua orang sedikit berbeda dari yang kami tambahkan di bagian Tidak Ada. Di sini pengecualian yang ditambahkan adalah orang-orang yang tidak dapat melihat nomor telepon Anda.

1. Ketuk pada opsi Never Allow.

Opsi Never Allow Telegram

2. Pilih pengguna yang akan ditambahkan ke dalam daftar dan ketuk ikon centang.

Untuk menambahkan atau menghapus lebih banyak orang ke daftar, ketuk lagi pada Never Allow. Selanjutnya, ketuk tiga titik di depan nama pengguna dan pilih Delete. Untuk menambahkan lebih banyak orang ke daftar, ketuk Add Users Or Group.

Never Allow Delete Telegram

Memilih Kontak Saya

Saat menggunakan Telegram, opsi ini dipilih secara default dan nomor Anda hanya akan terlihat oleh orang-orang yang nomor kontaknya telah Anda simpan dalam daftar kontak Anda.

Sehingga Anda dapat membagikan nomor Anda kepada mereka sebagai balasannya.

Menambahkan Pengecualian

Saat kami memilih opsi Kontak Saya / My Contact, dua pengecualian berbeda tersedia, Always Allow dan Never Allow. Pengguna yang ditambahkan ke Selalu izinkan akan dapat melihat nomor Telepon Anda.

Saat memilih Jangan Izinkan, pengguna yang ditambahkan ke dalamnya tidak akan dapat melihat nomor tersebut. Langkah-langkah untuk menambah atau menghapus pengguna sama seperti sebelumnya.

Always Allow Never Allow Aplikasi Telegram

Menghapus Kontak yang Disinkronkan

Ketika nomor Anda dipilih untuk ditampilkan hanya kepada kontak Anda maka jelas orang-orang dalam daftar kontak Anda akan menjadi satu-satunya yang melihatnya.

Tetapi setelah pengujian, terlihat bahwa meskipun Anda menghapus kontak tertentu dari buku telepon Anda, orang tersebut masih dapat melihat nomor telepon Anda di Telegram ketika mereka membuka profil Anda.

Hal itu terjadi mungkin karena kontak itu masih disimpan di server Telegram. Kami tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan Telegram untuk menghapusnya atau mungkin tidak pernah terhapus.

Jadi lebih baik melakukan pekerjaan ini secara manual, daripada menunggu Telegram melakukannya untuk kita.

1. Ketuk ikon hamburger garis tiga bersusun di kiri atas.

Settings Pengaturan Telegram App

2. Sekarang pilih opsi Pengaturan / Settings.Settings Telegram

3. Di bawah Pengaturan / Settings, pilih Privasi Dan Keamanan / Privacy And Security.

Privacy And Security Telegram

4. Setelah itu, gulir ke bawah sedikit dan ketuk pada Hapus Kontak Tersinkron / Delete Synced Contacts di bawah Kontak / Contacts.

Delete Synced Contacts Telegram

5. Terakhir, ketuk OK.Contacts Synced Delete Telegram
Sekarang setiap kontak yang Anda hapus hanya akan dapat melihat nama Telegram Anda, bukan nomor Anda.

Bacaan yang Disarankan: Cara Mengganti Nomor Telepon Telegram.

Kesimpulan

Menyembunyikan nomor telepon di akun Telegram Anda membuatnya lebih aman. Atau, Anda dapat menggunakan aplikasi tanpa nomor telepon.

Tanpa nomor mungkin opsi yang terbaik untuk orang yang suka menggunakan platform media sosial secara anonim, tanpa banyak pemberitahuan.

Mungkin ada sejumlah alasan lain juga untuk menyembunyikan nomor di Telegram, tetapi apa pun masalahnya, langkah-langkah ini pasti akan berhasil untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here