Cara Mount File ISO & IMG Di Windows 10, 8, 7, Vista

Saya terbilang cukup sering gonta-ganti versi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8 hingga Windows 10 ISO di komputer saya dan tidak hanya itu karena saya juga membagikan info tentang aktivasi Office, maka saya juga suka instal dan uninstal versi Office.

Karenanya saya cukup akrab dengan istilah Mount, karena sebelum masuk ke proses instalasi Windows atau Office maka saya harus terlebih dahulu melakukan Mount.

Mount itu adalah mengekstrak seperti pada .rar atau unzip pada .zip, namun bedanya iso dan img ukurannya jauh lebih besar.

ISO dan IMG sebagai pengganti disk fisik dalam dunia digital, artinya anda tidak perlu membeli atau memperoleh disk Windows untuk menginstal Windows. Cukup dengan ISO saja.

Dan salah satu dari sederet kedahsyatan yang dimiliki oleh Windows 10 adalah kemampuan secara default untuk mount file-file berbasis ISO dan juga IMG langsung dari File Explorer hanya cukup klik-dua kali saja.

Kemudian Windows 10 akan menciptakan untuk kita sebuah drive virtual yang dapat mount isi dari file-file disc image dan ISO kemudian membuatnya tersedia, serupa seperti memasukan sebuah disket fisik ke dalam drive optikal.

Dan kemampuan untuk mount ini telah ada sejak Windows 8, dan akhirnya pihak Microsoft menyediakannya secara built-in kemampuan untuk mount file-file image.

Namun sayang sekali bagi pengguna sistem operasi Windows 7 dan Windows Vista, belum ada fitur built-in untuk mount file ISO dan jikalau anda ingin melakukan mount pada file ISO dan IMG anda harus menggunakan tool / software pihak ketiga.

Manfaat mount file ISO & IMG

Seperti kita ketahui bahwa file-file ukuran berat seperti sistem operasi, contohnya Windows dan juga software Office umumnya di format dengan ISO dan IMG untuk kemudian di download.

Setelah file-file itu di download seperti Windows 10 atau Office 2016, agar dapat di install maka anda harus terlebih dahulu melakukan mount pada file tersebut. Jika tidak maka file itu tidak bisa dibongkar dan efeknya isi dari si file tidak bisa di install ke komputer kita. Jadi melakukan mount adalah keharusan.

Mount sebuah file ISO pada Windows 10 dan Windows 8/8.1

Pada komputer Windows 10 dan Windows 8 telah disediakan fitur built-in untuk mount file ISO dan juga VHD virtual hard drive image.

Untuk hal melakukan mount file ISO maka anda bisa memilih salah satu dari ketiga cara berikut ini.

  • Klik-dua-kali pada sebuah file ISO untuk mount. Namun cara ini tidak berguna apabila anda memiliki file-file ISO yang terhubung dengan program lain di komputer anda.
  • Klik-kanan pada file ISO kemudian pilih opsi “Mount“.
  • Pilih file pada File Explorer kemudian anda pilih tombol “Mount” dibagian bawah tab “Disk Image Tools” pada ribbon.

    Cara Mount File ISO Dan IMG Di Windows
    Cara Mount File ISO Dan IMG Di Windows

Jikalau anda sudah selesai mount disk image, maka anda akan dapati sebuah drive baru di File Explorer komputer anda. Dan apabila anda ingin berhenti menggunakannya maka anda bisa langsung pilih opsi “Eject” untuk menutup atau unmount file ISO-nya.

Eject Mount
Eject Mount

Mounting file ISO image untuk Windows 7 dan Windows Vista

Tenang saja rekan semua seluruh pengguna Windows 7 dan pula Windows Vista karena anda masih bisa mount iso file. Namun untuk versi sistem operasi anda dibutuhkan tool pihak ketiga bernama WinCDEmu, yang bisa anda download dan install gratis di komputer OS Windows anda.

WinCDEmu adalah tool program mounting disket berbasis open source, dna mendukung semua file ISO dan juga format image disket yang lainnya.

Tinggalkan komentar