Cara Paling Mudah Merekam Video di Laptop Windows 10

ADVERTISEMENT
Proses merekam video di laptop Windows 10 sangat mudah untuk dicoba. Ada dua cara merekam video saat menggunakan laptop Windows 10. Dua metode khusus termasuk membuat rekaman video dengan fitur bawaan Windows 10 atau menggunakan alat premium.

Karena pandemi Covid-19, acara ini harus dilakukan secara langsung melalui virtual. Terkadang, kelanjutan dari program-program tersebut dibatasi oleh berbagai faktor yang mengakibatkan pengiriman data menjadi kurang optimal. Hingga dibutuhkan sebuah rekaman video yang bisa diuji melalui langkah-langkah berikut ini:

Sistem Windows 10 mengembangkan fitur perekaman canggih yang disebut Xbox Game Bar. Namun, pengguna Windows 10 harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur tersebut secara default.

Caranya adalah dengan membuka menu “Settings” pada icon Windows. Kemudian pilih menu “Permainan”. Selanjutnya atur menu game bar ke posisi ON. Setelah fitur Xbox Game Bar diinstal, proses pendaftaran dapat dicoba.

Klik pada menu Windows dan tombol Gram secara bersamaan. Setelah itu, pilih menu “Capture” atau ikon webcam hingga muncul menu tab baru. Proses perekaman diuji dengan menekan tombol rekam atau ikon titik. Jika ingin berhenti merekam, tekan tombol yang berbentuk kotak hijau.

ADVERTISEMENT

Mengenakan OBS Studio

Metode merekam video di laptop Windows 10 pula bisa dicoba dengan mengenakan aplikasi OBS Studio. Aplikasi ini mempunyai keunggulan yang tidak terbatas. Hasil rekaman dalam wujud video juga leluasa dari watermark.

Aplikasi OBS Studio sanggup membuat rekaman sampai 60 FPS( Frame per Second). Pasti saja perihal ini sangat menunjang buat membuat video dengan durasi yang lumayan panjang. Sehabis berakhir, pengguna Windows 10 bisa memandang hasil rekamannya lewat file video.

Memakai Flashback Express

Flashback Express pula bisa digunakan buat merekam video pada laptop yang memakai sistem Windows 10. Aplikasi ini menyuguhkan tampilan interface yang gampang digunakan. Rekaman video bisa diambil dari segala layar, jendela, zona yang diseleksi, ataupun kala pemakaian webcam.

Menariknya, video rekaman dari Flashback Express tidak terdapat watermark. Apalagi, disediakan pula opsi menu buat mengedit hasil videonya, salah satunya bila mau membagi rekaman yang panjang jadi sebagian bagian. Hasil rekaman hendak ditaruh dalam wujud format WMF, AVI, serta MP4.

Melaksanakan VideoProc

Aplikasi VideoProc ini dapat digunakan untuk merekam webinar, live stream atau rapat online. Cocok untuk pekerja atau anak sekolah yang harus bekerja di rumah. VideoProc memiliki teknologi akselerasi GPU yang berperan dalam perekaman. Tidak hanya itu, saat merekam, Anda tidak ingin terlalu banyak memakan kinerja CPU. Aplikasi Perekam Layar HitPaw memiliki antarmuka sederhana yang membuatnya mudah digunakan. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur canggih yang mendukung perekaman video yang baik di laptop. Salah satunya, pengguna dapat mengubah layar keputusan sesuai kebutuhan.

Namun, untuk menikmati fitur terbaik dari aplikasi, pengguna harus mendaftar. Ada juga aplikasi gratis, tetapi kekurangannya adalah rekaman itu memiliki tanda air. Tanda air ini akan mengurangi kualitas rekaman video. Oleh karena itu, uraian tersebut menggantikan cara merekam video di laptop Windows 10. Secara umum, pengguna dapat menggunakan cara tersebut dengan fitur bawaan atau melalui aplikasi premium. Masing-masing metode ini mudah untuk dicoba. Silakan pilih saja cara yang dianggap mudah dan aman.

Leave a Comment