Cara Paste Teks Tanpa Format Dan Style Asli Di PowerPoint

ADVERTISEMENT

Tentu Anda sudah tidak asing dengan Microsoft Powerpoint, bisa jadi merupakan aplikasi penampil presentasi yang paling Anda andalkan.

Namun sudah tahukah Anda mengenai fitur Keep Text Only di PowerPoint? Jika belum maka artikel ini akan menjelaskan kepada Anda manfaatnya untuk apa agar dapat membantu produktivitas Anda.

Apa Sih Manfaat Keep Text Only Di PowerPoint?

Tentu merupakan hal lumrah jikalau kita mengambil kutipan dari sumber lain untuk melengkapi dokumen presentasi yang tengah kita buat.

Nah di saat kita copy sederet kalimat atau bahkan satu paragraf artikel dari internet, lalu kita paste ke lembar PowerPoint kita maka PowerPoint akan menampilkan teks sesuai dengan tampilan sumber / asalnya.

Misalkan kutipan yang kita copy berisi kode-kode besar huruf, jenis font, tautan, dan warna maka semuanya akan ditampilkan oleh PowerPoint begitu adanya.

Tentu hal ini akan membuat kita kecewa apabila kita tidak ingin tampilan seperti itu, alhasil terpaksa harus mengedit kutipan itu agar sesuai dengan yang kita inginkan, dengan begini maka menjadi kerja dua kali.

ADVERTISEMENT

Contoh Agar Lebih Jelas

Misalkan saya ingin mengambil kutipan dari WikiPedia tentang Indonesia Raya

Indonesia Raya Tercinta WikiPedia

Lalu saya copy bagian yang ingin saya ambil.

Copy Indonesia Raya WikiPedia

Dan ketika saya paste ke lembar PowerPoint maka begini hasilnya.

Paste Indonesia Wikipedia PowerPoint

Jika kita paste maka hasilnya seperti di atas, semua format dari tulisan Wikipedia muncul di PowerPoint, dimana ada teks bold, jenis font, tautan dan lain sebagainya.

Tentu saya harus mengedit semua format tersebut, dan jika jumlahnya banyak akan memakan waktu, dan menjadi perkerjaan ganda buat saya.

Baca juga cara aktivasi Microsoft Office 2019.

Untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan ikuti langkahnya berikut ini.

Cara Menggunakan Keep Text Only Di Microsoft PowerPoint Untuk Paste Teks Tanpa Format Dan Style Asli

Setelah rekan menyalin atau copy teks atau kalimat, atau bahkan satu paragraf dari sumber website di internet, maka ketika rekan ingin paste ke lembar point maka klik kanan maka pilih Keep Text Only.

Pilih Keep Text Only Microsoft PowerPoint

Cara ini bisa diaplikasikan di semua jenis Microsoft PowerPoint.

Seperti rekan semua lihat dengan menggunakan fitur Keep Text Only di Microsoft PowerPoint maka teks akan ter-paste dan hasilnya hanya teks saja tanpa style, jenis font, tautan dan format dari sumber asal, berbeda dengan hasil di gambar sebelumnya.

Dengan begini rekan tidak perlu repot mengedit satu demi satu teks dari sumber awal yang rekan paste ke file atau dokumen dari Microsoft PowerPoint.

Itulah cara menggunakan Keep Text Only untuk paste teks dan paragraf di PowerPoint tanpa menampilkan style, warna, jenis font dari tautan dari teks sumber.

Silahkan baca cara aktivasi Microsoft Office 2016.

Semoga bermanfaat dan itulah keseluruhan cara paste teks di PowerPoint tanpa menyertakan format dan style awal dari teks, silahkan beritahukan kepada keluarga, saudara, teman dan kerabat mengenai artikel ini, siapa tahu mereka membutuhkannya, dan sampai jumpa lagi di posting-posting seputar teknologi dan tutorial dari Dubidam.ID di masa datang.

Leave a Comment