Cara Ping Google Untuk Cek Konektivitas Internet

Cara Ping Google untuk cek koneksi internet — Cara sederhana untuk menguji koneksi internet Anda adalah dengan melakukan ping ke Google.com – perintah jaringan Ping ada di semua versi sistem operasi Windows.

Perintah ini menguji apakah Anda dapat mencapai sebuah website tertentu – Ping juga mengukur waktu interaksi atau waktu pulang-pergi untuk menerima balasan dari website itu.

Ping adalah cara yang ideal untuk memeriksa apakah ada kesalahan terhadap koneksi internet Anda – akan tetapi perlu diingat bahwa masalah pada koneksi internet tidak selalu karena koneksi broadband anda, bisa jadi karena masalah pada web browser Anda.

Saat melaporkan kesalahan ke penyedia broadband atau penyedia layanan internet (ISP) Anda, Anda mungkin diminta untuk melakukan ping ke Google untuk menguji apakah Anda memiliki akses internet atau tidak – jadi ada baiknya Anda tahu cara ping ke Google.

Cara Ping Google untuk cek internet

Perintah Ping dijalankan dari jendela Command Prompt – untuk membukanya:

  • XP – Klik ‘Start’ lalu ‘Run’ dan ketik CMD ke dalam kotak teks ‘Open:’ lalu tekan ‘OK’ untuk membuka jendela Command Prompt.
  • Windows 10, 8, 7 dan Vista – Klik tombol Start (tidak diperlukan di W10) dan ketik CMD ke dalam kotak teks ‘Search’ kemudian klik pada program program / desktop ‘cmd.exe’ atau ‘Command Prompt’‘di bagian atas hasil pencarian untuk membuka jendela Command Prompt.

Ketik ping www.google.com lalu tekan Enter untuk ping Google (Anda dapat melakukan ping ke situs web lain dengan cara yang sama).

Perhatikan bahwa Anda bisa menggunakan ping www.google.com atau ping google.com.

Cara Ping Google Windows 10
Cara Ping Google Windows 10

Setelah beberapa saat, Anda akan melihat beberapa respon, mirip dengan ini:

Hasil Ping Google Windows
Hasil Ping Google Windows

Apa Arti Hasil Tes Ping?

Perintah ping mengirimkan 4 ‘paket’ data kecil ke Google – setiap paket meminta Google untuk mengirimnya kembali jika Google menerimanya.

Kita dapat melihat dalam contoh dari gambar diatas bahwa semua dari 4 permintaan berhasil mencapai Google karena kami mendapat 4 Replies (Balasan) dari Google – jadi kami tahu koneksi internet kami berfungsi.

Ini dirangkum di bagian bawah hasil: Sent = 4 (paket terkirim oleh kita), Received = 4 (diterima oleh Google), Lost= 0 hilang (0% hilang) yaitu tidak ada paket hilang dalam perjalanan.

Tes ini juga menunjukkan berapa lama untuk setiap paket mencapai Google dan mendapatkan balasan kembali. ‘time =’ value di sebelah setiap balasan diukur dalam ms (milidetik) dan angka yang lebih rendah artinya lebih baik  (lebih cepat).

Ini dirangkum di bagian bawah hasil: Minimum = 22 ms, Maksimum = 25 ms, Average = 23 ms.

Waktu balasan ’round trip time’ atau ‘waktu pulang pergi’ sering disebut ‘lag’ dan sangat penting bagi gamer (ketika respons super cepat dapat bermanfaat).

Waktu 20 ms hingga 60ms sangat cepat (broadband baik), lebih dari 250ms lambat (khas internet satelit) dan lebih dari 1000ms sangat lambat – tidak cocok untuk bermain game tetapi umum dengan broadband seluler lambat.

Ping Google.com terus-menerus

Alih-alih melakukan ping sekali saja (yang mengirim 4 permintaan ke situs web), Anda dapat menjalankan ping berkelanjutan dengan hanya menambahkan spasi diikuti oleh -t ke akhir perintah asli:

Ketik:

ping www.google.com -t

Lalu tekan Enter.

Perintah ini akan mengirimkan permintaan ping terus menerus (bukan hanya 4 permintaan) kepada Google sehingga Anda akan menerima aliran konstan Replies yang menggulir ke bawah jendela.

Ini sangat berguna untuk pengujian ketat jika koneksi internet Anda suka terputus – putus:

Ping Google Secara Terus Menerus
Ping Google Secara Terus Menerus

Mengawasi pesan kesalahan dan juga memeriksa bahwa ‘time’ dalam ms tetap cukup konsisten (itu harus dilakukan jika koneksi internet Anda baik).

Tekan CTRL dan C ketika Anda ingin menghentikan ping Google.com yang terus menerus.

Kiat: Tidak baik untuk terus-menerus melakukan ping ke sebuah situs web selama berjam-jam karena akan menggunakan sumber daya dari situs web tersebut. Kami menggunakan Google dalam contoh ini, karena Google memiliki sumber daya amat besar sehingga ping Anda tidak masalah bagi mereka, tetapi jikalau anda menerapkan kepada situs kecil, akan mempengaruhi performa dari situs mereka.

>> Terkait: Baca juga memperbaiki terhubung Wifi tapi no internet.

Pesan Kesalahan Tes Ping Biasa

Karena 4 permintaan dikirim ke situs web, Anda mungkin melihat pesan kesalahan ini diulang hingga 4 kali – satu kali untuk setiap permintaan.

  • “Request timed out” – koneksi jaringan / internet Anda salah atau situs web yang Anda ping sendiri mengalami masalah.

Coba ping beberapa situs lain untuk menguji apakah masalahnya ada pada situs web tertentu atau dengan koneksi jaringan / internet Anda.

  • “Ping request could not find host www.google.com … etc” – baik jaringan / koneksi internet Anda salah atau Anda melakukan ping pada nama situs web yang salah atau ada kesalahan DNS (lihat bagian selanjutnya di bawah).

Periksa ejaan atau coba situs web lain misalnya ping www.yahoo.com.

Ping Alamat IP

Dimungkinkan juga untuk melakukan ping alamat IP, bukan nama situs web – ini adalah cara yang baik untuk menyingkirkan kesalahan DNS (Domain Name System).

Pilih salah satu dari server DNS Publik Google – 8.8.8.8 atau 8.8.4.4 karena server tersebut kemungkinan besar akan selalu tersedia. Di jendela Command Prompt:

Ketik ping 8.8.8.8 lalu tekan Enter untuk melakukan ping ke server DNS Publik.

Ping Publik DNS
Ping Publik DNS

Jika Anda masih mendapatkan kesalahan maka itu bukan kesalahan DNS dan Anda dalam situasi tidak memiliki akses internet – kemungkinan besar koneksi jaringan / internet Anda salah.

Cobalah untuk mengatur ulang pengaturan internet Windows untuk memperbaiki kesalahan konfigurasi jaringan.

Jadi, Apa yang Dapat Anda Lakukan dengan Ping?

Sekarang setelah Anda tahu cara menggunakan perintah ping, berikut adalah beberapa hal menarik yang dapat Anda lakukan dengannya:

  • Ping URL (seperti www.google.com) atau alamat IP untuk melihat apakah Anda dapat mencapai tujuan internet. Jika Anda mendapatkan respons yang berhasil, Anda tahu bahwa semua perangkat jaringan antara Anda dan tujuan itu berfungsi baik, termasuk network adapter di komputer Anda, router Anda, dan perangkat apa pun yang ada di internet antara router Anda dan tujuan. Dan jika Anda tertarik untuk menjelajahi rute-rute lebih jauh.
  • Ping sebuah URL untuk menyelesaikan alamat IP-nya. Jika Anda ingin mengetahui alamat IP untuk URL tertentu, Anda dapat melakukan ping URL. Fungsi ping menunjukkan Anda tepat di atas dimana alamat IP berjalan.
  • Ping router Anda untuk melihat apakah Anda dapat mencapainya. Jika Anda tidak berhasil melakukan ping ke lokasi internet, Anda dapat mencoba melakukan ping ke router Anda. Respons berhasil memberi tahu Anda bahwa jaringan lokal Anda berfungsi dengan baik, dan bahwa masalah mencapai lokasi internet berada di luar kendali Anda.
  • Ping alamat loopback Anda (127.0.0.1). Jika Anda tidak berhasil ping router Anda, tetapi router Anda tampaknya hidup dan berfungsi, Anda dapat mencoba melakukan ping apa yang dikenal sebagai alamat loopback. Alamat itu selalu 127.0.0.1, dan melakukan ping dengan sukses membuat Anda tahu bahwa adaptor jaringan di komputer Anda (dan perangkat lunak jaringan di OS Anda) berfungsi dengan baik.

>>> Terkait: baca juga cara memperbaiki No WiFi networks not found.

Kesimpulan

Ping adalah langkah pertama yang berguna untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada masalah ‘internet’ – jika Anda menerima balasan tanpa kesalahan dari berbagai situs web, maka Anda tahu bahwa koneksi internet Anda sedang berfungsi dengan baik.

Jika koneksi internet baik, namun tidak bisa ngenet, maka masalah dengan penjelajahan web lebih mungkin disebabkan oleh browser web yang anda gunakan (coba ganti browser) atau mungkin masalah firewall (nonaktifkan sementara).


Tinggalkan komentar