Cara Screenshot Di Hp Samsung Galaxy A14 5G Dengan Mudah

Cara Screenshot Di Hp Samsung Galaxy A14 5G Dengan Mudah

dubidam.id Cara Screenshot Di Hp Samsung Galaxy A14 5G Dengan Mudah. Samsung Galaxy A14 5G adalah smartphone 5G termurah Samsung. Samsung Galaxy A14 5G disebut paling murah karena memiliki harga retail Rp2.999.000. Ponsel 5G termurah dari Samsung adalah Samsung Galaxy A22 5G.

Saat pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2021, ponsel ini dijual seharga Rp3.299.000. Kehadiran Samsung Galaxy A14 5G tentu akan menarik minat banyak orang untuk menawarkan ponsel ini.

Selain itu, Samsung Galaxy A14 5G memiliki sejumlah keunggulan. Contohnya termasuk layar Full HD+ 90Hz 6,6 inci yang luas, kamera utama 50MP, chip Dimensity 700 yang cukup baik, dan dukungan RAM 6GB.

Bisa dibilang ponsel ini laris manis di pasaran mengingat spesifikasinya. Selain itu, nama besar Samsung jelas membuat tampilan ponsel ini sangat menarik.

Namun harus diakui jika ada permintaan Samsung Galaxy A14 5G, sebagian orang akan kebingungan untuk menggunakan ponsel ini. Contohnya adalah cara screenshot atau mengambil screenshot di Samsung Galaxy A14 5G.

Berdasarkan hal tersebut, admin akan menjelaskan berbagai cara mengambil screenshot di ponsel dengan baterai 5000mAh. Berikut cara mengambil screenshot dengan Samsung Galaxy A14 5G.

Cara Umum Screenshot di Samsung Galaxy A14 5G

Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy A14 5G. Metode umum yang digunakan di hampir semua ponsel Android adalah dengan menekan beberapa tombol di ponsel secara bersamaan. Ini juga berlaku untuk Samsung Galaxy A14 5G.

Nah, untuk menghindari kesalahan, berikut langkah cepat dan mudah mengambil screenshot di Samsung Galaxy A14 5G Anda.

1. Siapkan Tampilan Layar yang Diinginkan

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah memutuskan layar mana yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.

Sebagai referensi, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan peta navigasi, artikel web, transkrip obrolan, video, dan lainnya. Setelah Anda menemukan pemandangan yang ingin Anda tangkap, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Menekan Tombol Power dan Volume Bawah Bersamaan

Setelah Anda menemukan bagian yang ingin Anda screenshot, langkah selanjutnya adalah cukup menekan tombol Power dan Volume Down di sisi kanan perangkat secara bersamaan.

Terus tahan kedua tombol hingga muncul sesuatu di layar yang menunjukkan bahwa tangkapan layar telah diambil. Beberapa ponsel biasanya menampilkan layar yang sekilas berubah menjadi putih.

3. Cek Hasil Screenshot

Setelah Anda mencoba langkah-langkah ini, Anda dapat memeriksa hasil screenshot dengan masuk ke galeri ponsel Anda dan mencari album Screenshot. Semua tangkapan layar biasanya disimpan di album ini.

Cara Khusus Screenshot di Samsung Galaxy A14 5G

Selain cara umum di atas untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy A14 5G, Anda bisa menggunakan cara khusus yang lebih praktis dan mudah. Simak ulasan kami di bawah ini.

1. Cara Screenshot Panjang di Samsung Galaxy A14 5G

Dalam beberapa kasus, tampilan di layar HP mungkin meminta informasi lebih lanjut. Untungnya, Samsung Galaxy A14 5G memiliki fitur screenshot yang lebih panjang.

Untuk mengambil tangkapan layar yang panjang, cukup aktifkan bilah alat tangkapan layar. Anda dapat membuka Pengaturan > Tampilan > Tangkapan Layar dan Perekam Layar.

Saat bilah alat tangkapan layar aktif, Anda dapat mengambil tangkapan layar panjang dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Anda bisa mengambil screenshot seperti biasa dengan menekan tombol power dan volume up secara bersamaan.

Jika tangkapan layar berhasil, bilah alat tangkapan layar akan muncul di bawah tangkapan layar. Anda dapat memilih bagian tangkapan layar yang panjang, biasanya dilambangkan dengan kotak berisi panah ke bawah.

Klik kotak screenshot yang panjang, lalu kamu tinggal scroll ke halaman yang ingin kamu screenshot. Pastikan tampilan layar Anda benar-benar besar. Jika screenshot tidak panjang, toolbar Screenshot tidak akan muncul. Layaknya screenshot biasa, hasil screenshot panjang disimpan ke galeri ponsel Anda.

2. Cara Screenshot dengan Gesture

Anda juga dapat mengambil tangkapan layar tanpa menekan tombol apa pun. Namun untuk menggunakan cara ini, Anda perlu mengaktifkan fitur Gestures di menu Setting terlebih dahulu. Prosedurnya adalah sebagai berikut.

  • Aktifkan Fitur Gesture

Buka Pengaturan > Lanjutan > Gerakan & gerakan untuk mengaktifkan fitur ini. Pada tampilan ini, Anda cukup mengaktifkan opsi palm capture.

  • Fitur Usapkan Telapak Tangan untuk Mengambil

Untuk memastikan fitur ini diaktifkan, pastikan sakelar ada di sisi kanan dengan latar belakang biru.

  • Cara Screenshot

Jika semua langkah di atas sudah benar, tinggal telusuri apa yang ingin Anda rekam. Yang harus Anda lakukan adalah melambaikan tangan ke layar. Pastikan tangan kanan Anda dalam posisi terbuka, seperti sedang meremas atau bertepuk tangan.

Letakkan tangan Anda di sisi kanan ponsel lalu lambaikan tangan ke kiri. Tentu saja, Anda juga bisa melakukan cara ini secara terbalik dengan tangan kiri. Jika cara ini berhasil, layar akan berubah menjadi putih dan tangkapan layar langsung disimpan ke galeri.

Ini adalah metode umum dan metode khusus yang dapat Anda coba untuk pengguna Samsung Galaxy A14 5G. Semoga Anda mendapat manfaat dari mengadopsi metode tangkapan layar ini di Samsung Galaxy A14 5G.