Cara Transfer Lisensi Windows 10 Ke Komputer Lain

Jika anda memiliki license key Windows 10 terinstal di komputer dan kini anda ingin menggunakannya di komputer yang lain, maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah uninstall license key terlebih dahulu baru kemudian bisa di install di komputer yang satunya.

Jadi intinya anda tidak perlu membeli lisensi Windows 10 baru untuk komputer yang satunya, ini cara yang bagus bagi yang merasa tidak perlu membeli license key tambahan. Namun ingin mentransfer license key dari satu komputer ke komputer lainnya.

Dan apapun tipe license Windows 10 yang terinstal di komputer anda, maka anda bisa mentransfernya ke komputer lainnya jika dibutuhkan. Kecuali lisensi dari OEM, maka tidak bisa transfer.

Dan jika kini anda memiliki sebuah lisensi / license key Windows 10 dan ingin mentransfernya ke komputer lainnya, maka anda harus terlebih dahulu melakukan uninstall license agar nantinya bisa diinstal di komputer lainnya.

Cari tahu apakah lisensi Windows 10 anda bisa ditransfer ke komputer lain

Fahami tipe lisensi yang ada di komputer anda.

  • Microsoft telah menjabarkan bahwa Windows 10 free upgrade sebagai sebuah versi full / full version, bukan trial. Namun begitu, Windows 10 free upgrade memiliki sejumlah batasan.
  • Jikalau anda upgrade dari sebuah retail copy Windows¬† 7, Windows 8 atau 8.1,¬† maka lisensi Windows 10 memiliki hak retail dimana ia berasal, oleh karenanya lisensi ini bisa ditransfer ke komputer lain. Namun hanya bisa di transfer sebanyak satu kali.
  • Dan jika anda telah upgrade dari sebuah lisensi OEM Windows 7, Windows 8 atau 8.1, ada beberapa lisensi yang memang presintall pada sebuah komputer baru yang diproduksi pabrik, oleh karenanya lisensi anda dibawah naungan hak OEM–karenanya tidak bisa ditransfer. Contohnya, misalkan laptop Lenovo dengan Windows 10 original, maka anda tidak bisa transfer karena itu adalah lisensi milik Lenovo.
  • Jikalau anda memiliki sebuah salinan retail / retail copy dari Windows 10, maka anda bisa mentransfernya sebanyak yang anda inginkan.
  • Jikalau anda menggunakan Easy Upgrade ke Windows 10 Pro Pack dari Windows 10 Home, maka anda hanya bisa transfer menggunakan Digital Licensing.

Cara transfer license key Windows 10

Pertama yang anda harus lakukan adalah uninstall license Key Windows 10 di komputer anda.

Cara uninstall Windows license key

Hapus license key Windows 10, bagi yang ingin transfer maka license key harus terlebih dulu tidak aktif di komputer. Kita harus melakukannya secara manual karena Windows tidak memiliki opsi untuk deaktivasi.

Uninstall product key—-ini bisa dibilang cara non-aktifkan lisensi Windows. Cara ini bukan memberitahukan Microsoft Activation Server bahwa lisensi anda tidak lagi digunakan oleh komputer, namun mencegah konflik jikalau Microsoft Activation Server mendeteksi lisensi digunakan oleh lebih dari satu komputer.

Instruksi uninstall license key

Buka Command Prompt / CMD menggunakan Run As Administrator kemudian masukan perintah berikut.

slmgr.vbs /upk
Perintah CMD Untuk Uninstall License Key Windows 10
Perintah CMD Untuk Uninstall License Key Windows 10
Penjelasan. Perintah di atas akan uninstall product key, artinya membebaskan lisensi untuk digunakan siapapun dan dimanapun.

Video uninstall product key Windows 10

Jika anda lebih suka melihat video tutorial maka saksikan video berikut ini.


Tinggalkan komentar