Cara Uninstall Cortana Di Windows 10

Keberadaan Windows 10 dibarengi dengan diselipkannya pula Cortana — sebagai asisten digital — yang memiliki kemampuan untuk mengenali suara dan pula kegunaan lain seperti menghadirkan informasi atau membantu pekerjaan.

Meski Cortana pintar, bermanfaat dan juga menyenangkan untuk digunakan, namun sejauh ini dirasa tidak begitu manfaat, tidak handal dan tidak sebanding kemampuan jika kita melakukan pencarian informasi di web secara manual.

Alhasil banyak pengguna Windows 10 mendapati Cortana tidak atau belum diperlukan. Hasilnya, banyak dari mereka mencari cara untuk menghapusnya. Tentu saja, Microsoft tidak memperkenankan hal itu. Microsoft berusaha menutup pintu rapat-rapat setiap usaha yang ingin meng-uninstall Cortana dari Windows 10.

Namun di artikel ini, anda akan dibimbing dengan cara lengkap untuk uninstall Cortana di Windows 10.

Perhatian! Uninstall Cortana berpotensi mempengaruhi performa start menu Windows 10 dan juga fitur Search, oleh karenanya jangan ikuti cara ini jikalau anda menggunakan search. Karena anda tidak akan dapat mempergunakannya kembali.

Anda juga tidak bisa menginstalnya kembali dengan cepat, kecuali dengan menggunakan file install.wim asli. Cara ini menghapus Cortana secara permanen. Oleh karenanya lakukan dan resiko tanggung sendiri.

Perlu diketahui mereka yang menghapus Cortana, memakai menu Start alternatif di Windows 10 mereka dengan tujuan menghilangkan proses searchui.exe yang memakan memori guna meningkatkan performa Windows 10 mereka secara signifikan agar lebih cepat.

Baiklah kawan, jika anda telah memutuskan untuk uninstall Cortana di Windows 10 dan ingin menghapus proses searchui.exe yang banyak konsumsi sumber-daya. Maka ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Silahkan download file zip uninstall Cortana dari sini.
  2. Kemudian ekstrak file zip-nya yang anda download ke folder dimanapun, saya rekomendasikan taruh di Desktop agar mudah ditemukan.
  3. Klik-kanan pada file Uninstall Cortana.cmd lalu pilih “Run As Administrator”.
Buka File Uninstall Cortana
Buka File Uninstall Cortana
  1. Tunggu prosesnya hingga selesai.
Cara Uninstall Cortana Windows 10
Cara Uninstall Cortana Windows 10
Uninstall Cortana Windows 10 Proses
Uninstall Cortana Windows 10 Proses
  1. Restart komputer anda.

Nah sekarang Windows 10 anda sudah terbebas dari Cortana, dan tentu saja sistem anda akan berjalan lebih ringan dan cepat tidak lagi ngos-ngosan harus load UI search yang boros somber-daya.


Tinggalkan komentar