Cara Update Windows 10 Agar Tetap Aman Dan Stabil

Ini adalah cara update Windows 10 yang bisa anda terapkan, karena melakukan update pada sistem operasi seperti Windows 10 amat direkomendasikan hal ini disebabkan karena setiap update membuat perubahan dan tambahan yang memang diperlukan untuk membantu performa dari sistem operasi Windows 10 di komputer kita.

Seperti halnya yang sudah saya sebutkan bahwa melakukan update merupakan perkara penting, dan harus dijadikan kebiasaan bagi setiap pengguna Windows 10 apabila ingin menjaga agar komputernya tetap stabil, dilindungi keamanan terbaru, memiliki fitur/fungsi baru hingga membuatnya lebih responsif.

Dan pihak Microsoft telah menyelipkan Windows Update Utility yang berfungsi memberitahukan jika ada update baru atau memberikan pilihan untuk melakukan update Windows 10 secara otomatis.

Namun begitu, tidak jarang bahwa Windows Update Utility sering telat memberitahukan kita akan ketersediaan update, dan hal ini bisa menjadi kondisi menyebalkan apabila kita ingin cepat-cepat menjajal update dan segala fungsi berserta fitur yang ada.

Perlu diketahui bahwa Windows 10 adalah versi terakhir dari rangkaian sistem operasi Windows, itu artinya tidak akan ada versi setelah 10 seperti Windows 11, Windows 12, Windows 13 dan seterusnya. Itu artinya jikalau anda kini menggunakan Windows 10, maka update versi adalah hal yang harus anda lakukan agar Windows 10 anda terus solid terhadap kemajuan di masa sekarang dan masa depan.

Mungkin anda merasa ragu untuk mengupdate dikarenakan pernah alami pengalaman buruk dimana update yang anda lakukan bukannya memberikan kebaikan malah memberikan masalah. Untuk itu bisa ikuti nasihat saya agar terlebih dahulu membaca review dari rekan pengguna Windows 10 yang telah melakukan update untuk versi tertentu, apakah kesan mereka, jika positif maka lakukan update, jika banyak review negatif maka tunda dulu.

Karena tidak jarang bahwa update yang tersedia belum sepenuhnya bagus, masih mengandung bug dan belum memiliki solusi untuk masalah software tertentu. Karenanya, nasihat bijaksana dari saya adalah untuk menunda dulu keinginan update—meskipun sudah tersedia—tetapi baca-baca dulu review dari rekan sesama Windows 10.

Okelah selain itu saya akan jelaskan juga manfaat yang didapat dari melakukan update pada Windows 10 di

komputer anda, dibawah ini adalah ringkasan dari manfaatnya, silahkan dibaca deh.

Manfaat update Windows 10

Untuk meyakinkan anda bahwa update Windows 10 memang dibutuhkan karena direkomendasikan oleh Microsoft, karena Microsoft adalah pihak yang membuat dan mengembangkannya, oleh karena itulah rekoemndasi dari mereka pasti benar karena mereka tahu cara kerja sistem operasi buatan dari mereka.

Menghadirkan fitur dan fungsi baru

Kehadiran update tentu bukanlah hanya sekedar update, namun update juga membawa fungsi dan fitur baru yang pasti memang dibuat untuk kebutuhan dari pengguna Windows 10. Oleh karenanya alasan ini sebenarnya cukup bagi pengguna Windows 10 untuk mengupdate sistem operasinya.

Hadir dengan keamanan lebih solid

Sistem operasi Windows 10 sama seperti versi sebelumnya yakni dijadikan objek untuk diserang oleh software jahil (Malware) guna menyusup ke sistem agar dapat memanipulasi cara kerjanya, dan software jahil itu bisa menyusup karena celah keamanan yang terbuka di versi tertentu, dan pihak Microsoft selalu memantau hal ini, oleh karenanya mereka melakukan perbaikan keamanan atau tambalan keamanan (security patch) di versi update yang mereka rilis.

Perbaikan pada bug

Tidak ada sistem operasi yang sempurna, karenanya versi yang dirilis bisa saja mengandung bug atau masalah, dan itulah gunanya update untuk memperbaiki masalah-masalah ini. Karenanya jika anda merasa sistem operasi dihinggapi bug, maka jika ada update baru tidak ada salahnya baca changelog untuk mengetahui apa saja pembaharuan yang dibawa oleh versi update yang tersedia di fitur Windows Update. Dan jika memang mengandung perbaikan maka silahkan lakukan update.

Nah jikalau anda merasa bahwa update memang diperlukan untuk Windows 10, maka langsung baca tutorial untuk melakukan update pada sistem operasi Windows 10 yang terinstall pada komputer milik anda.

Cara update Windows 10 langsung dari komputer agar tetap aman dan stabil

Catatan: Untuk melakukan update pastikan Windows 10 sudah teraktivasi, jika belum, maka silahkan baca tutorial lengkapnya di 4 cara aktivasi Windows 10 lengkap tanpa product key Windows 10.
  1. Kini buka Settings pada Windows 10 milik anda.

Buka Settings Windows 10

  1. Kemudian pilih Update & Security yang muncul di jendela Windows Settings.

Windows Update And Security

  1. Kemudian pilih tombol Check For Updates untuk mengetahui apakah tersedia Update untuk Windows 10 milik anda.

Cek Update Windows 10

  1. Jika ada update maka akan muncul angka di tombol Check For Updates, jika tidak ada maka akan muncul tampilan seperti saya “Congratulations, You’ve Just Installed The Newest Feature Update” atau “You’re Up To Date”.

Baiklah kawan semua kini anda telah tahu manfaat dan cara update Windows 10 di komputer anda dengan mudah langsung menggunakan fitur Update & Security yang memang disediakan secara built-in oleh pihak Microsoft untuk kita semua pergunakan untuk menjaga agar komputer Windows 10 tetap menggunakan versi update terbaru sehingga mendapatkan fitur dan fungsi baru, tambalan keamanan teranyar, dan juga memperbaiki bug yang menjengkelkan.

Jika rekan memiliki pertanyaan apapun seputar cara update Windows 10 yang saya paparkan di artikel ini maka silahkan tulis di area komentar dan akan saya jawab semampu saya dan jangan lupa untuk bagikan posting ini kepada keluarga, saudara, teman dan kerabat siapa tahu mereka membutuhkannya dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel tentang teknologi dari Dubidam.ID berikutnya di masa depan ya.

Tinggalkan komentar