Apa Itu Cloud Computing? Jenis Dan Manfaatnya

Yusuf  
Sep 20, 2019 · 3 minutes read

Apa itu cloud computing?

Penjelasan mudahnya adalah, cloud computing merupakan sistem pengiriman layanan komputer (computer service) ke internet yang menawarkan kecepatan, inovasi yang lebih solid, sumber-daya fleksibel, dan berskala ekonomis. Dan layanan komputer yang dikirimkan oleh cloud computing adalah server, storage, networking, software, dan juga database.

Keuntungan / manfaat menggunakan Cloud Computing

Cloud computing merupakan peralihan besar dari cara tradisional dengan mengoptimalkan sumber-daya teknologi informatika (IT). Dan berikut ini adalah alasan umum yang dijadikan alasan untuk beralih kelayanan cloud computing.







Biaya

Cloud computing mampu menghapuskan biaya untuk membeli hardware dan software, dan juga persiapan dan pengoperasian sebuah situs dengan datacenter, dan laci-laci server, kebutuhan listrik untuk jalannya server dan pendingin, dan ahli IT untuk mengelola infrastruktur.















































Kecepatan

Cloud computing menghadirkan lebih banyak sumber daya yang berimbas kepada kecepatan akses data dibandingkan dengan server fisik (Physical server) meski dengan harga yang sama. Website yang gunakan cloud computing akan lebih cepat diakses.

Berskala Global

Keuntungan diberikan layanan cloud computing termasuk kemampuan untuk menjangkau secara elastis. Dalam bahasa cloud, itu artinya kemampuan mengirimkan jumlah sumber-daya IT yang tepat, mengukur jumlah tenaga komputer, penyimpanan, bandwidth, jumlah terukur pas sesuai yang dibutuhkan dan mengikuti kapasitas dibutuhkan sesuai lokasi geografis.

































Performa

Layanan-layanan cloud computing terbesar beroperasi pada jaringan dunia pada datacenter yang aman, yang secara berkesinambungan di upgrade ke generasi terbaru dari hardware komputer yang cepat dan efisien. Hal ini menawarkan sejumlah keuntungan bagi datacenter usaha kecil, termasuk mengurangi latency jaringan untuk aplikasi dan memberikan layanan berskala ekonomis besar.

Keamanan

Umumnya penyedia cloud menawarkan setumpuk teknologi dan kendali guna memperkuat keamanan server secara menyeluruh, dan membantu melindungi data anda, aplikasi dan infrastruktur dari ancaman luar.

Produktivitas

Umumnya datacenter membutuhkan begitu banyak “rak dan tumpukan” hardware setup, patching software, dan manajemen IT yang banyak menyita waktu. Cloud computing meniadakan banyak dari kebutuhan itu, maka tim IT dapat mencurahkan perhatian dan tenaganya target bisnis yang lebih penting.

Reliabilitas

Cloud computing membuat aktivitas backup, pemulihan data hancur, dan bisnis sangat mudah dan tidak mahal dikarenakan data anda dapat di mirror menjadi multipel yang disimpan di dalam jaringan penyedia cloud.

3 jenis Cloud Computing

Tidak semua cloud computing adalah sama, dan tidak semua jenis cloud computing cocok untuk semua orang. Terdapat beberapa model, tipe, dan layanan berbeda yang berkembang untuk menawarkan solusi terbaik untuk kebutuhan klien.

Pertama-tama, anda harus menentukan tipe cloud yang cocok, atau arsitektur cloud computing, dimana layanan cloud anda akan diterapkan. Terdapat tiga cara berbeda untuk menyalurkan layanan cloud, yakni: public cloud, private cloud dan hybrid cloud.

Public cLOUD

Public clouds dimiliki dan dioperasikan oleh penyedia layanan cloud pihak-ketiga, yang mengirimkan sumber-daya mereka seperti server dan storage ke internet. Anda bisa mengakses layanan-layanan ini dan mengelola akun anda menggunakan sebuah laman web / web browser.

Read More


Private Cloud

Sebuah private cloud adalah sumber daya cloud computing digunakan khusus oleh sebuah perusahaan atau organisasi. Sebuah private cloud bertempat di sebuah data center perusahaan. Namun ada pula sejumlah perusahaan yang membayar penyedia cloud pihak-ketiga untuk host private cloud mereka. Sebuah private cloud adalah layanan dan infrastruktur yang dikelola dan diurus dalam sebuah jaringan pribadi.

Read More

Hybrid Cloud

Hybrid cloud mengkombinasikan cloud public dan private, mengikatnya keduanya dengan teknologi yang memungkinkan pembagian (sharing) data dan aplikasi di antara keduanya. Dengan kemampuannya untuk memindahkan / mengirim data dan aplikasi di antara private dan public cloud, maka sebuah Hybrid cloud memberikan fleksibilitas lebih besar kepada bisnis anda, opsi deploy lebih banyak, dan membantu mengoptimalkan infrastruktur, kemananan, kecepatan dan stabilitas.

Read More

Layanan cloud hosting Indonesia

Silahkan dibaca . Cloud server Indonesia terbaik dan termurah.


Cloud Server Indonesia

NiagaHoster
DewaWeb
JogjaHost
IDCloudHost
NiagaHoster

Tinggalkan komentar