Cara Menggunakan Disk Cleanup Untuk Menghapus File Sampah di Windows 10

ADVERTISEMENT

Hari ini, dalam artikel ini, kita membahas salah satu program utilitas terbaik dari Microsoft – Alat Disk Cleanup. Kekurangan ruang pada hard disk sering mengakibatkan masalah terkait update Windows atau software yang berbeda.

Selain itu, ada saatnya kita ingin menghapus beberapa folder seperti – windows.oldtetapi tidak bisa,  karena sistem Anda menampilkan pesan kesalahan yang berbunyi – “You don’t have admin rights”. Namun, pada kenyataannya, masalahnya jauh lebih kompleks.

Dalam semua skenario seperti itu, alat Disk Cleanup bekerja sangat berguna dan membantu kita untuk menyingkirkan folder tersebut dalam hitungan beberapa detik.

Selain itu, Disk Cleanup juga dapat membebaskan ruang besar pada HDD yang dipenuhi dengan cache yang tidak perlu, pembaruan file, laporan kesalahan, thumbnail, dan yang lainnya. Mari kita jelajahi cara menggunakan program utilitas ini di perangkat Windows 10.

Tool Disk Cleanup – Hapus Windows.old, Pembaruan Windows, File Sampah yang Tidak Diperlukan

Berikut cara menggunakan Disk Cleanup Tool untuk menghapus folder Windows.old, laporan kesalahan, file optimasi, dan lain-lain.

  1. Tekan tombol Win dan S bersamaan untuk meluncurkan bilah pencarian. Di area teks, ketik cleanmgr  dan klik hasil teratas.

Disk Cleanup

ADVERTISEMENT
  1. Pilih drive root (C:) pada menu pop-up dan ketuk  OK . Sistem kemudian akan mulai menghitung ruang yang dapat dikosongkan.
  2. Tandai semua kotak centang di bawah “Files to delete:” untuk Downloaded Program FIles Anda uncek atau jangan dihapus.
  3. Selanjutnya, klik “Cleanup system files“, pilih drive utama (C:) lagi, dan ketuk OK.

Disk Cleanup Drive C

  1. Ini akan mulai mencari file-file sementara, folder windows.old, Windows Update Cleanup. Tunggu beberapa saat karena ini membutuhkan waktu beberapa detik untuk menyelesaikannya.

Membersihkan File Disk Cleanup

  1. Sekarang, tandai drive baru yang muncul dalam pemindaian lanjutan ini. Sekali lagi, pastikan untuk tidak mencentang folder Downloaded Progam Files.

Menghapus File Drive C

  1. Terakhir, klik OK untuk menghapus semua file dan folder yang ditandai. Ini membutuhkan waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya.
  2. Setelah selesai, restart komputer untuk menghapus file yang tersisa selama PC reboot.

Cara menghapus restore point terbaru menggunakan Disk Cleanup

Anda dapat menggunakan alat ini untuk mengosongkan ruang ekstra di komputer dengan menghapus restore point yang baru dibuat. Silakan gunakan opsi ini hanya jika Anda yakin bahwa cadangan sistem terbaru berisi malware atau virus lain.

Catatan: Alat ini tidak membantu menghilangkan titik pemulihan lama di komputer. Berikut cara menghapus System Restore Points lama di Windows 10.

  1. Luncurkan kembali jendela Disk Cleanup dan buka tab “More options”.
  2. Di bawah bagian “System Restore and Shadow Copies”, klik tombol “Clean up“.

Membersihkan System Restore Dan Shadow Copy

  1. Jendela pop-up muncul segera setelah itu menanyakan apakah Anda ingin menghapus titik pemulihan terbaru atau tidak. Tekan tombol Delete untuk melanjutkan lebih jauh.

Membersihkan File Di Windows

Saya harap artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Leave a Comment