Doa Setelah Adzan Berdasarkan Hadis Shahih

Doa ini dianjurkan untuk dibaca setelah berakhirnya kumandang Adzan. Dan doa setelah Adzan ini berdasarkan hadits Shahih sesuai dengan yang diamalkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Sahbihi Wa Sallam.

Adzan adalah panggilan untuk Shalat Fardhu yang rutin kita dengarkan setiap harinya sebanyak lima kali, dimana saat waktu inilah sebagai salah satu waktu dimana doa amat diijabah oleh Allah Ta’ala. Karenanya sudah seharusnya kita memanjatkan doa setelah Adzan berkumandang. Jikalau saudara dan saudari seiman Islam bertandang ke halaman ini guna mencari doa setelah Adzan maka berada di halaman yang tepat.

Doa setelah Adzan

Doa Setelah Adzan Shahih
Doa Setelah Adzan Shahih

Doa Setelah Adzan Shahih

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِى وَعَدْتَهُ

Doa setelah Adzan latin

‘Allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah’.

Arti doa setelah Adzan

Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia.

Adapun referensi dalil Hadits dari doa setelah Adzan ini bisa dilihat di Hadits Riwayat Bukhari 614.

Baca Syahadat setelah Adzan

Amat dianjurkan pula untuk membaca dua kalimat Syahadat guna mendapatkan ampunan akan dosa-dosa kita.

Bacaan Syahadat setelah Adzan latin

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa.

Arti bacaan Syahadat setelah Adzan

Artinya: Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku ridha sebagai Rabbku, Muhammad sebagai Rasul dan Islam sebagai agamaku.

Dalil hadits yang menopang amalan baca Syahadat setelah Adzan adalah sebagai berikut.

مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ الْمُؤَذِّنَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولاً وَبِالإِسْلاَمِ دِينًا. غُفِرَ لَهُ ذَنْبُهُ

Dalilnya

Siapa yang mengucapkan setelah mendengar azan: Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa (artinya: aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku ridha sebagai Rabbku, Muhammad sebagai Rasul dan Islam sebagai agamaku), maka dosanya akan diampuni.” (HR. Muslim no. 386).

Sesungguhnya amat banyak amalan yang diwariskan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shahbihi Wa Sallam kepada kita untuk mendapatkan ampunan dan ridho Allah Azza Wa Jalla, yakni berupa doa-doa yang amat banyak jumlahnya yang diamalkan pada waktu dan kondisi tertentu.

Semoga uraian mengenai doa setelah Adzan ini bermanfaat bagi rekan semua yang ingin menambah pengetahuan untuk mengikuti Sunnah Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel doa Islami di masa depan.

Tinggalkan komentar