Doa Taubat Dan Doa Mohon Ampun Para Nabi


Tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan yang membawanya pada dosa. Setiap manusia selama hidup didunia tidak jarang khilaf sehingga melanggar larangan agama.

Namun yang terbaik dari kita adalah yang bertaubat atas kesalahan dan dosa yang telah kita perbuat. Bukan malah sebaliknya merasa putus asa karena berprasangka buruk bahwa Allah sudah terlalu marah padanya sehingga yakin taubatnya tidak akan diterima.

Padahal Rahmat dan Ampunan Allah amatlah luas dan besar begitupun Allah tidak menyukai orang-orang yang berputus asa terhadap Rahmat dan Ampunan-Nya.

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [Surat Az-Zumar Ayat 53].

Kini tidak ada lagi alasan bagi kita untuk berputus asa akan Rahmat-Nya, meskipun kita tergolong orang yang sudah melampaui batas, artinya sudah terlalu banyak dan besar dosa yang kita lakukan kita masih bisa bertaubat dan memohon ampunan.

Dan di artikel ini kami hadirkan doa-doa taubat dan doa untuk memohon ampun atas salah dosa yang telah dilakukan.

Allah Maha Pengampun dan Penyayang terhadap manusia terutama umatnya Nabi. Allah telah membuka pintu taubat dan tidak ditutup, hingga nyawa mencapai tenggorokan atau saat matahari terbit di barat, dimana saat itulah pintu taubat telah ditutup.

Karena besar ampunan-Nya, Allah telah menetapkan untuk kita shalat Taubat dan doa memohon ampun sebagai salah satu ibadah terbaik, dimana hamba-Nya dapat mendekatkan diri padaNya dengan harapan taubatnya akan diterima.

Sangat di anjurkan untuk juga melakukan Shalat Taubat bagi mereka yang melakukan dosa besar seperti Zinah, minum khamar, murtad, dan dosa seputar aqidah lainnya.

Doa taubat dan doa mohon ampun

Adapun untuk doa Taubat dan doa memohon ampunan maka kita bisa membuka Al Qur’an dan Hadits untuk mendapat ‘bocoran” bagaimana doa para Nabi, dimana susunan doa mereka adalah yang terbaik.

Doa Taubat dan mohon ampun Nabi Adam Alaihi Salam

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Keduanya berkata, “Ya Rabb kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi. [Al-A’râf/7:23]

Doa Taubat dan mohon ampun Nabi Nuh

قَالَ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُن مِّنَ الْخَاسِرِينَ

Dia (Nuh) berkata, “Ya Rabbku, sungguh aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak tahu akan hakikatnya. Jikalau Engkau tidak mengampuniku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang yang rugi.’” – Q.S. Hud (Nabi Hud) [11]: 47.

Doa Taubat dan mohon ampun Nabi Ibrahim Alaihi Salam

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Ya Rabb kami! Berilah ampunan kepadaku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang Mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” [Ibrâhîm/14:41]

Dan juga:

وَالَّذِي أَطْمَعُ أَنْ يَغْفِرَ لِي خَطِيئَتِي يَوْمَ الدِّينِ

dan Yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat.” [Asy-Syu’ara’ / 26: 82].

Doa Taubat dan mohon ampun Nabi Musa Alaihi Sallam

أَنْتَ وَلِيُّنَا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۖ وَأَنْتَ خَيْرُ الْغَافِرِينَ﴿١٥٥﴾وَاكْتُبْ لَنَا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ إِنَّا هُدْنَا إِلَيْكَ

Engkaulah Yang memimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya. Dan tetapkanlah untuk kami kebajikan di dunia ini dan di akhirat; sesungguhnya kami kembali (bertaubat) kepada Engkau… [Al-A’raf / 7: 155-156].

قَالَ رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي

Musa mendoa, “Ya Rabbku! Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku.” [Al-Qashash/28:16].

Doa Taubat dan mohon ampun nabi Sulaiman Alaihi Sallam

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Ia berkata: “Wahai Rabbku! Ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” [Shad/38:35].

Doa Taubat dan mohon ampun Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wa Shahbihi Wa Sallam

رَبِّ اغْفِرْلِيْ، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُوْرُ

Ya Rabbku, ampunilah aku dan terimalah taubatku. Sungguh, Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Pengampun.

Kapan waktu terbaik untuk berdoa memohon ampunan?

Waktu terbaik adalah secepatnya saat anda Insaf dan ingin bertaubat atas dosa kecil maupun besar yang telah anda lakukan. Tidak perlu menunggu waktu-waktu terbaik untuk berdoa, secepatnya disaat anda memutuskan untuk bertaubat maka saat itu pula berdoa memohon ampunan Allah Sang Maha Pengampun.


Tinggalkan komentar