Download Internet Explorer 11 Gratis Dari Microsoft

Internet Explorer—dulunya dikenal dengan nama Microsoft Internet Explorer dan Windows Internet Explorer, atau biasa disingkat IE atau MSIE—merupakan serial browser web grafis yang dikembangkan oleh Microsoft.

Browser ini dimasukan ke dalam sistem operasi Windows dan tersedia gratis dalam setiap edisi sistem operasi besutan Microsoft itu, dimulai dari Windows 1995 yang merupakan bagian pertama seri dengan pake add-on plus!

Selanjutnya semua versi IE disediakan gratis untuk didownload atau terkandung dalam paket service, dan bahkan dimasukan pula dalam rilis layanan OEM dari Windows 95 dan kemudian di semua versi Windows.

Kini browser IE sudah dihentikan kelanjutannya, namun tetap diurus oleh Microsoft.

Dulunya Internet Explorer (IE) merupakan web browser paling banyak digunakan dan mendunia, bahkan mampu meraup porsi penggunaan hingga 95% di pasar persaingan browser pada tahun 2003.

Hal ini terjadi dikarenakan Microsoft mencantumkannya pada versi-versi Windows semata-mata guna mempecundangi Netscape yang mendominasi pasar browser di tahun 1990.

Namun popularitas IE mulai redup ketika Firefox (2002) berhasil meraih kepercayaan pengguna internet dan semakin banyak yang migrasi ke peramban rubah ini.

Hantaman makin keras diterima IE, ketika Google memutuskan untuk turun gunung bertempur di medan laga.

Pada tahun 2008 Google merilis Chrome, yang dengan super cepat berhasil menarik simpati juga hati pengguna internet.

Di masa sekarang, IE benar-benar menjadi browser yang dicuekin, karena sistem operasi mobile seperti Android dan iOS tidak mendukung IE untuk berfungsi.

Diperkirakan market share Internet Explorer sekitar 1.7% di semua platform dan berada di posisi ke-8 menurut StatCounter.

Menurut laporan, Microsoft telah menghabis lebih dari $100 juta setiap tahun untuk Internet Explorer pada akhir tahun 1990 lalu, dan melibatkan lebih dari 1.000 orang pada proyek IE di tahun 1999.

Edisi OS Windows Versi terbaru Internet Explorer Waktu rilis
Windows 10* Internet Explorer 11.0 10-12-2019
Windows 8.1, Windows RT 8.1 Internet Explorer 11.0 10-12-2019
Windows 8, Windows RT Internet Explorer 10.0 – Tidak Support 13-12-2016
Windows 7 Internet Explorer 11.0 10-12-2019
Windows Vista Internet Explorer 9.0 – Tidak Support 14-13-2011
Windows XP Internet Explorer 8.0 – Tidak Suppport 19-13-2009

Download link Internet Explorer 11

Persyaratan sistem untuk menggunakan IE 11

Jikalau anda ingin menginstall dan menggunakan Internet Explorer 11 pada komputer anda, maka anda harus memiliki spesifikasi seperti ini di komputer:

  • Processor. 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan dukungan PAE, NX, dan SSE2.
  • RAM. 1 gigabyte (GB) (32-bit) atau 2 GB (64-bit).
  • Hard disk space. 16 GB (32-bit) atau 20 GB (64-bit).
  • Graphics card. Microsoft DirectX 9 graphics device dengan WDDM driver.
  • Akses internet (Mungkin dikenakan biaya ISP).

Apakah Microsoft masih mendukung Internet Explorer?

Sejak 12 Januari, 2016, pihak Microsoft telah berhenti mendukung semua versi dari Internet Explorer terkecuali versi 11.

Seperti yang anda lihat dari tabel diatas, versi lama dari Windows tidak lagi dapat menggunakan versi terbaru dari Internet Explorer.

Maka jikalau kini anda menggunakan sebuah versi Windows yang tidak mendukung Internet Explorer 11, maka sebaiknya berhenti menggunakan IE dan sebaiknya beralih ke Google Chrome atau juga Firefox, atau anda bisa pula upgrade versi Windows anda.

Versi-versi lama dari Internet Explorer penuh dengan masalah keamanan yang tidak akan diperbaiki dan menggunakannya akan membuat anda sering dijangkiti virus dan malware berbahaya ketika berselancar di internet.

Banyak website seperti Facebook, Youtube, Gmail, Twitter dan lainnya tidak lagi mendukung pengguna yang menggunakan versi lama dari Internet Explorer.

Beralih saja ke Edge

Mungkin anda belum tahu bahwa Microsoft memiliki web browser sebagai pengganti IE, yakni Edge. Browser ini bersih dari masalah dan kekurangan dari Internet Explorer dan merupakan browser terbaru Microsoft yang digadang sebagai browser era baru. Anda bisa gunakan Edge yang sejauh ini terbukti handal dan memuaskan penggunanya juga amat aman dari malware.

Selamat bagi Microsoft karena telah menarik garis tegas sebagai penutup masa silam guna membuka bab baru pada dunia browser.

Silahkan bagikan kesan anda setelah menggunakan Internet Explorer versi 11 ini di area kolom komentar untuk memperkaya bahasan tentang download Internet Explorer 11 gratis ini.

Tinggalkan komentar