Download Windows 11 Dan Pelajari Fitur Baru Windows 11

Windows 11 adalah iterasi terbaru dari sistem operasi PC paling populer di dunia. Microsoft mengumumkan Windows 11 beberapa bulan yang lalu, dan setelah berminggu-minggu dalam versi beta melalui Program Windows Insider, OS Windows 11 akhirnya diluncurkan, mulai 5 Oktober.

Menjadi rilis utama, Windows 11 dihujani banyak pertanyaan oleh pengguna. Mulai dari apakah Windows 11 akan membebani mereka hingga apakah ia memiliki fitur yang akan membuat hidup mereka lebih mudah, kami memiliki semua jawaban untuk Anda di sini. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang Windows 11!

Apa itu Windows 11?

Download Windows 11 Dan Pelajari Fiturnya
Windows 11

Windows 11 adalah peningkatan signifikan terbaru ke Microsoft Windows. Windows 11 mengikuti Windows 10, yang salah diasumsikan sebagai versi rilis Windows utama terakhir, padahal Windows 10 bukan versi akhir. Microsoft telah mengerjakan yang merupakan sekuel dari Windows 10, yang disebut Windows 10x.

Windows 10X seharusnya menjadi perombakan dibandingkan dengan Windows 10. Fitur lama seharusnya hilang atau diintegrasikan ke dalam sistem baru, yang memiliki tampilan dan nuansa baru.

Namun, Microsoft membatalkan Windows 10X beberapa waktu yang lalu, dan segera mengumumkan Windows 11. Ini membawa banyak bit bagus dari Windows 10X, paling tidak untuk saat ini, Windows 11 masih tetap menjaga elemen warisan Windows 10x.

Apa saja fitur baru di Windows 11?

Apa saja fitur baru di Windows 11
Apa saja fitur baru di Windows 11

Windows 11 adalah pembaruan versi utama, yang biasanya dibundel oleh Microsoft dengan perubahan drastis. Windows 11 memiliki beberapa fitur yang membuatnya berbeda dari rilis sebelumnya.

Pada acara pengumuman, Microsoft memamerkan peningkatan fitur utama yang akan kami dapatkan. Meskipun belum semua fitur ini tersedia, berikut adalah beberapa fitur baru utama yang dapat Anda harapkan di Windows 11.

Desain baru

Apa saja fitur baru di Windows 11
Apa saja fitur baru di Windows 11

Windows 11 tidak mendapatkan perombakan desain yang signifikan, tetapi mendapatkan banyak peningkatan desain kecil yang membuat tampilan lebih segar.

Kami diberi logo Windows baru, serta set ikon baru. File Explorer memiliki tampilan baru, dengan ikon folder baru untuk library / perpustakaan, peningkatan jarak antar item menu, dan sudut membulat. Yang terakhir ini konsisten di seluruh versi baru. Perubahan estetika lainnya termasuk suara baru dan Action Center yang lebih bersih.

Taskbar (Bilah Tugas) Berubah

Windows 11 Windows Explorer Merubah Posisi Taskbar Fitur
Windows 11 Windows Explorer

Taskbar sekarang dipusatkan secara default, berubah dari perataan kiri default yang biasa kita lihat di Windows. Perubahan ini cukup jelas terinspirasi oleh dock terpusat di Mac OS X.

Taskbar juga sedikit lebih tinggi sekarang, tetapi beberapa hal memperburuk pengalaman Taskbar secara umum.

Taskbar sekarang terkunci, dan tidak ada opsi untuk menyesuaikan ketinggian. Jadi Anda tidak bisa melakukan drag dan drop taskbar di Windows 11. Ini merupakan tidak disenangi oleh pengguna. Entah kenapa pihak Microsoft melakukan ini.

Anda juga tidak bisa lagi memindahkan taskbar ke kiri, kanan, atau atas. Mengklik kiri pada Taskbar juga tidak memberi Anda menu klasik lagi, melainkan hanya opsi untuk masuk ke pengaturan Taskbar.

Maka baca cara merubah posisi taskbar Windows 11

Start Menu (Menu Mulai) yang Dirombak

Perubahan Start Di Menu Windows 11
Perubahan Start Di Menu Windows 11

Start Menu adalah salah satu perubahan yang paling menonjol. Anda sekarang mendapatkan aplikasi yang disematkan di bagian paling atas, dengan opsi untuk memiliki beberapa halaman yang sama.

Anda juga mendapatkan tab yang direkomendasikan, yang merupakan campuran dari aplikasi dan file yang direkomendasikan dan terbaru.

Menu akun dan menu daya berada di bagian bawah. Menu Mulai baru mengatur ulang elemen lama, dengan hanya satu elemen kunci yang hilang — ubin langsung.

Ada beberapa cara untuk kembali ke menu Start lama jika Anda mau, tetapi yang baru sepertinya merupakan implementasi yang lebih baik.

Dukungan aplikasi Android asli

Windows 11 Kini Mendukung Aplikasi Android
Windows 11 Kini Mendukung Aplikasi Android

Mungkin penambahan fitur paling signifikan untuk Windows. Microsoft bekerja sama dengan Intel dan Amazon untuk mewujudkannya.

Windows 11 akan menggunakan teknologi Intel Bridge untuk menjalankan aplikasi Android secara native. Microsoft menambahkan Amazon Appstore ke Microsoft Store untuk membantu menghadirkan aplikasi Android ini.

Anda tidak perlu lagi menjalankan emulator seperti BlueStacks. Namun, fitur ini tidak tersedia di Windows 11 saat peluncuran tetapi akan tiba nanti.

Jadi tunggu saja kehadirannya.

Tata letak snap jendela baru

Tatak Letak Snap Windows 11 OS
Tatak Letak Snap Windows 11 OS

Kami juga mendapatkan sistem snap jendela baru. Kita telah mengalami gebrakan jendela di Windows sejak Windows 7, yang disebut Aero Snap.

Dan Windows 11 menghadirkan preset tata letak ke Aero Snap. Tata letak snap ini muncul saat Anda mengarahkan kursor ke tombol Maximize/Restore dan memberikan opsi antara empat tata letak hingga empat jendela.

Widget

Tampilan Widget Windows 11
Tampilan Widget Windows 11

Windows 11 sekarang memiliki tombol widget khusus, yang merupakan tombol taskbar “News and Interests” dari pembaruan Windows 10 terbaru.

Untuk saat ini, itu hanya konten yang dipersonalisasi dari layanan Microsoft seperti MSN, ditumpuk dalam ubin kecil. Dan ini salah satu fitur baru yang paling tidak menarik, terlebih lagi tampaknya belum ada konten pihak ketiga di dalamnya.

Aplikasi asli yang ditingkatkan

Perubahan Aplikasi Paint Di Windows 11
Perubahan Aplikasi Paint Di Windows 11

Windows juga mendapatkan beberapa aplikasi asli yang ditingkatkan dengan pembaruan ini. Aplikasi Paint tercinta mendapatkan desain ulang.

Kami mendapat aplikasi Paint 3D dengan Windows 10, tetapi ini tidak akan menjadi perubahan drastis seperti itu.

Kami akan mendapatkan toolbar (bilah alat) yang tampak lebih bersih dan dark mode (mode gelap). Windows 11 juga mendapatkan Snipping Tool baru dengan kontrol lebih dan editor yang ditingkatkan.

Microsoft Store baru, aplikasi Xbox, dan perubahan visual pada File Explorer adalah perubahan aplikasi asli yang penting lainnya.

Integrasi layanan Microsoft yang lebih dalam

Integrasi Layanan Microsoft Lebih Dalam Windows 11 PC
Integrasi Layanan Microsoft Lebih Dalam Windows 11

Windows 11 juga memiliki integrasi yang lebih dalam dari layanan Microsoft secara menyeluruh.

OneDrive tampaknya menjadi kehadiran yang dominan di File Explorer. Lalu ada integrasi Microsoft Teams.

Aplikasi Xbox juga terintegrasi lebih baik ke Windows sekarang.

Ini adalah tambahan yang bagus dari sudut pandang kenyamanan, tetapi jika Anda tidak menggunakan layanan ini, integrasi tampaknya hanya mengganggu.

Apakah Windows 11 upgrade gratis?

Apakah Update Versi Windows 11 Gratis
Apakah Update Versi Windows 11 Gratis

Windows 11 mengikuti jejak Windows 10 dan hadir sebagai upgrade gratis. Sementara Windows 10 agak mudah untuk diupgrade, Windows 11 tidak akan semudah upgrade gratis. Microsoft telah mempersempit jalur peningkatan atas nama keamanan.

Untuk memulainya, versi baru tidak mendukung CPU 32-bit, yang berarti bahwa Windows 10 akan menjadi pembaruan terakhir untuk PC yang memiliki salah satunya. Selain itu, Windows 11 memiliki persyaratan sistem minimum lain yang harus sesuai dengan sistem Anda untuk mendapatkan peningkatan gratis.

Apakah PC saya dapat menjalankan Windows 11? Persyaratan sistem Windows 11

Windows 11 memiliki serangkaian persyaratan minimum yang lebih ketat untuk kelayakan daripada Windows 10. Persyaratan sistem telah diubah beberapa kali, dan Microsoft kemungkinan akan memberikan beberapa fleksibilitas kepada mereka. Microsoft tidak akan menghentikan Anda dari menginstal Windows 11 secara manual pada sistem yang lebih lama selama mereka memenuhi persyaratan sistem ini, tetapi bilah diatur lebih tinggi untuk pembaruan melalui Pembaruan Windows. Beberapa persyaratan sistem, seperti kehadiran CPU 64-bit, tetap ada.

Untuk saat ini, berikut adalah persyaratan sistem minimum mutlak yang diperlukan untuk menginstal Windows 11.

Persyaratan sistem Windows 11
Prosesor 1GHz atau lebih cepat dengan 2 atau lebih core pada prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC)
RAM 4GB
Penyimpanan 64GB atau perangkat penyimpanan yang lebih besar
Firmware sistem UEFI, Boot Aman mampu
TPM Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
Kartu grafik Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0
Menampilkan Tampilan definisi tinggi (720p) yang lebih besar dari 9” secara diagonal, 8 bit per saluran warna
Koneksi internet dan akun Microsoft Edisi Windows 11 Home memerlukan konektivitas internet dan akun Microsoft
Versi Windows saat ini Windows 10, versi 2004 atau lebih baru

Jika Anda ingin memutakhirkan secara resmi melalui Pembaruan Windows, Anda masih harus memiliki CPU Intel generasi ke-8 atau yang lebih baru, atau CPU AMD Zen 2 atau yang lebih baru, boot aman UEFI, dan TPM 2.0. Anda juga membutuhkan setidaknya 4GB RAM dan 64GB penyimpanan.

Atau Anda bisa gunakan cara manual dengan download file ISO berikut.

Download ISO Windows 11

Download Windows 11 ISO
Versi: Windows 11
Pengembang: Microsoft.corp
Ekstensi: .ISO
Ukuran: 3.2GB+

Baiklah setelah kawan semua sudah sepenuhnya faham kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh si Windows 11 ini. Maka sekarang giliran download.

Nah kawan semua apabila Anda ingin mencoba Windows 11, dan tidak bisa update otomatis, maka bisa download file iso dari Windows 11 ini.

Link Utama :

Link Cadangan :

Nah jika sudah berhail download Windows 11, maka selanjutnya Anda bisa melakukan aktivasi.

Jangan khawatir karena saya sudah menyediakan tutorial lengkapnya. Inilah langkah-langkahnya kawan.

Cara aktivasi Windows 11 paling gampang.

Semoga bermanfaat dan jika Ada pertanyaan apapun silahkan utarakan di area komentar posting ini. Akan saya jawab semampuanya kawan.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk memberitahukan kepada keluarga, saudara, teman dan kerabat mengenai posting ini. Dan sampai jumpa lagi di posting-posting seputar teknologi dari Dubidam.ID berikutnya di masa datang.

Terkait

Trending di Windows

Tinggalkan komentar