Cara Menemukan Driver Rusak Di Windows 10 Dan Memperbaikinya

Cara menemukan dan memperbaiki driver rusak Windows 10. Sistem operasi Microsoft dan Apple sangat berbeda satu sama lain. Mayoritas pengguna menggunakan Laptop dan PC berbasis Windows karena harga yang terjangkau dan OS Windows dapat berjalan hanya dengan persyaratan perangkat keras minimum.

Sedangkan laptop Apple memiliki lebih sedikit kesalahan jika Anda membandingkannya dengan versi Windows. Alasan utama mengapa Windows memiliki banyak error dan gangguan karena berjalan di jutaan perangkat yang memiliki perangkat keras berbeda.

Apple hanya memiliki dua atau tiga model yang dipilih sendiri oleh para insinyur Apple, itulah sebabnya hanya sedikit kesalahan ditemukan di komputer Mac OS.

Salah satu masalah terbesar dari OS Windows adalah ia berjalan pada berbagai driver seperti Sound, Video, Graphics, Sound card, Network, dan banyak lagi. Setiap perangkat lunak hingga perangkat keras memiliki driver yang membantu perangkat keras melakukan sinkronisasi dengan papan utama atau motherboard.

Cara Cepat Menemukan Driver Rusak di Windows 10

Salah satu penyebab paling umum dari masalah driver rusak di Windows adalah driver yang sudah ketinggalan zaman.

Baik Anda memilih untuk memperbarui driver perangkat secara manual, menggunakan Windows Update, atau Anda menggunakan produk pihak ketiga yang tepercaya, Anda harus selalu memiliki driver perangkat terbaru yang benar untuk sistem operasi Anda.

Jika Anda tidak nyaman bermain dengan driver perangkat, kami sarankan menggunakan Driver Easy dan atau DriverAgent.

Kedua software ini akan secara otomatis mengenali sistem Anda dan mencari driver yang tepat untuk itu. Anda tidak perlu tahu persis sistem apa yang dijalankan komputer Anda, Anda tidak perlu diganggu oleh driver yang salah yang akan Anda unduh, dan Anda tidak perlu khawatir membuat kesalahan saat menginstal.

Anda dapat memperbarui driver Anda secara otomatis dengan Driver Easy dan DriverAgent versi GRATIS atau Pro.

Jangan lupa untuk download Windows 10 ISO (32 dan 64 bit).

1. Menemukan driver rusak dengan DriverEasy

Langkah 1. Lakukan boot via Safe Mode.

Langkah 2. Download dan instal Driver Easy.

Langkah 3. Jalankan Driver Easy dan klik Scan Now. Driver Easy kemudian akan memindai komputer Anda dan mendeteksi driver yang bermasalah.

Driver Easy Scan Now

Langkah 4. Klik  tombol Update di sebelah driver yang Anda perlukan untuk mengunduh versi driver yang benar secara otomatis, dan menginstalnya secara manual satu per satu (Anda dapat melakukannya dengan versi GRATIS).

Update Driver Dengen DriverEasy

Atau klik Update All untuk secara otomatis mengunduh dan menginstal versi yang benar dari semua driver yang hilang atau kedaluwarsa di sistem Anda (ini memerlukan versi Pro – Anda akan diminta untuk memutakhirkan saat Anda mengeklik Perbarui Semua).

Langkah 5. Reboot PC Anda dan periksa untuk melihat apakah kesalahan Kegagalan Status Daya Driver telah diselesaikan.

Jangan lupa untuk juga mengikuti tutorial mengenai cara aktivasi Windows 10.

2. Menemukan driver rusak dengan DriverAgent

Langkah 1. Anda perlu mengunduh aplikasi bernama DriverAgent.

Langkah 2.  Setelah Anda mengunduh aplikasi, instal di PC Anda. Sekarang jalankan aplikasi itu untuk memindai driver yang sudah ketinggalan zaman. Pemindaiannya cukup cepat dan selesai dalam beberapa detik.

Langkah 3. Setelah pemindaian selesai, software ini akan memberikan laporan di mana Anda dapat melihat semua driver yang terinstal pada Windows Anda dan juga mencantumkan driver yang rusak atau buruk yang perlu Anda diperbarui.

Langkah 4. Dan bagi driver yang sudah ketinggalan zaman, Anda dapat melihat opsi untuk memperbarui atau update dan mendapatkan versi baru. Aplikasi ini dapat mengetahui semua driver yang sudah ketinggalan zaman di PC Anda.

DriverAgent adalah alat yang cukup bagus untuk memeriksa driver yang buruk.

Cara Melihat Dan Memperbaiki Driver Rusak Di Windows Dengan DriverAgent
DriverAgent

Kesimpulan

Jika PC Anda masih tidak berfungsi; maka Anda dapat menggunakan titik pemulihan atau restore point Windows untuk kembali ke tempat Anda memulai. Beri tahu kami pendapat Anda dan ajukan pertanyaan di bagian komentar di bawah.

Tinggalkan komentar