Dual SIM: Keunggulan Dual SIM, Jenis Dan Bagaimana Cara Dual SIM?

ADVERTISEMENT

Apakah smartphone Dual SIM? Apakah Anda ingin tahu apa yang membuatnya berguna dan cara kerja teknologi Dual SIM?

Baca juga pengertian dan penjelasan tentang Kartu SIM (SIM Card).

Mungkin Anda sudah mengetahuinya, tetapi Anda masih memiliki pertanyaan seperti apa yang membedakan Dual SIM Dual Standby dengan Dual SIM Dual Active ?

Jika Anda ingin tahu apa itu teknologi Dual SIM, bagaimana penerapannya di smartphone modern, kelebihan dan kekurangannya, baca artikel ini:

Apa itu Dual SIM atau SIM Ganda?

Setiap ponsel atau smartphone memerlukan kartu SIM (Subscriber Identification Module) untuk terhubung ke jaringan seluler.

Ponsel cerdas atau ponsel yang dapat menampung dua kartu SIM yang berbeda pada saat yang sama disebut perangkat Dual SIM atau SIM Ganda.

ADVERTISEMENT

Memiliki dua kartu SIM berarti smartphone Dual SIM dapat menggunakan salah satu dari dua SIM tersebut untuk memulai atau menerima panggilan telepon.

Dengan kata lain, Dual SIM adalah fitur dari beberapa smartphone yang memungkinkan kita untuk memegang dan menggunakan dua kartu SIM yang berbeda secara bersamaan.

Mengapa smartphone Dual SIM berguna? Dan Apa Saja Keunggulan Dual SIM?

Bagi sebagian orang, memiliki smartphone Dual SIM sangat bermanfaat. Ambil contoh, jika seorang yang merupakan seorang pengusaha.

Dan sebagai manusia di kehidupan sosial yang cenderung memiliki satu nomor telepon untuk pekerjaan dan bisnis mereka dan nomor lain untuk keluarga dan teman mereka.

Seorang pebisnis dapat menggunakan dua smartphone yang berbeda, satu untuk bekerja dan satu untuk penggunaan pribadi, atau menggunakan smartphone Dual SIM, dengan kedua nomor telepon aktif di dalamnya.

Karena memiliki satu smartphone untuk dibawa kemana-mana lebih nyaman dibandingkan membawa dua smartphone.

Pengaturan Dual SIM SIM Ganda HP
Pengaturan Dual SIM SIM Ganda HP

Situasi lain di mana Anda mungkin tertarik dengan smartphone Dual SIM, terutama ketika Anda ingin menggunakan satu nomor telepon untuk panggilan telepon, dan yang lainnya untuk menghubungkan ke internet.

Beberapa operator seluler memiliki jaringan telepon yang bagus, tetapi paket data yang mahal, atau sebaliknya.

Di smartphone Dual SIM, Anda dapat menggabungkan dua paket berbeda dari dua operator berbeda dan mendapatkan tagihan yang lebih murah di akhir bulan.

Manfaat lainnya adalah Anda dapat menggunakan dua penyedia seluler secara bersamaan jika ponsel Anda tidak terkunci ke jaringan tertentu (Atau unlock), yang berarti Anda dapat memperoleh lebih banyak jangkauan seluler.

Jika Anda sering bepergian ke luar negeri, Anda dapat menggunakan satu kartu SIM di negara asal dan slot SIM lainnya untuk kartu yang Anda beli di negara tujuan, untuk jangkauan yang lebih baik atau lebih murah.

Bagaimana cara kerja Dual SIM? Jenis mode Dual SIM apa yang tersedia?

Jika Anda memutuskan untuk membeli smartphone Dual SIM, Anda harus tahu bahwa ada beberapa jenis implementasi Dual SIM yang bekerja secara berbeda, dan beberapa lebih baik dari yang lain. Berikut adalah jenis implementasi SIM Ganda yang tersedia:

  • Dual SIM Single Standby (Pasif) – ini adalah implementasi terburuk dari teknologi Dual SIM, dan ponsel harga terjangkau (ponsel model lama) biasanya menggunakannya. Sebuah Dual SIM Pasif, yakni si ponsel mampu menggunakan dua kartu SIM yang berbeda, tetapi hanya satu dari mereka dapat aktif setiap saat. Artinya, jika salah satu kartu SIM berfungsi, yang lain tidak dapat dijangkau. Untuk menggunakan kartu SIM kedua, Anda harus mengaktifkannya secara manual, dan SIM pertama akan dinonaktifkan saat Anda melakukannya. Anda tidak menemukan penerapan ini di ponsel cerdas, hanya ada di ponsel lama.
  • Dual SIM Dual Active – implementasi ini memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon dari kedua kartu SIM di dalam smartphone Anda. Dual SIM Active juga dapat menerima panggilan di salah satu dari dua kartu SIM, pada saat yang sama. Ponsel cerdas Dual SIM Dual Active memiliki kedua kartu SIM aktif secara permanen dan, saat Anda melakukan percakapan di salah satunya, kartu lainnya masih berfungsi dan menerima panggilan, pesan, atau data. Misalnya, jika Anda memiliki panggilan di SIM pertama dan mendapatkan panggilan lain di SIM kedua, Anda akan diberi tahu tentang hal itu. Kekurangan Dual SIM Dual ActivePonsel adalah perangkat ini memiliki dua pemancar gelombang radio, satu untuk setiap kartu SIM. Ini berarti mereka mengonsumsi lebih banyak baterai daripada smartphone Single SIM biasa dan lebih mahal untuk diproduksi, yang mengarah ke harga yang lebih tinggi. Itu juga alasan mengapa sulit untuk menemukan smartphone dengan implementasi ini.
  • Dual SIM Dual Standby – ini adalah perpaduan antara Dual SIM Standby dan Dual SIM Dual ActiveDual SIM Dual Standby memungkinkan ponsel cerdas Anda memiliki dua kartu SIM aktif, dan keduanya hanya menggunakan satu pemancar radio. Namun, keduanya aktif hanya selama Anda tidak menggunakannya, oleh karena itu dinamai Dual Standby. Selama kedua kartu SIM dalam keadaan Standby mode, Anda dapat membuat dan menerima panggilan pada salah satu dari mereka. Namun, begitu Anda menerima panggilan di salah satu kartu SIM, kartu lainnya menjadi tidak aktif hingga kartu pertama tidak lagi aktif digunakan. Hal ini terjadi jika salah satu atau kedua jaringan seluler yang Anda sambungkan, menggunakan 2G untuk panggilan telepon. Jika jaringan seluler Anda 3G atau 4G dan tidak menggunakan 2G untuk panggilan suara, maka batasan ini tidak ada. Ini tidak ideal, tetapi teknologinya lebih murah dan lebih tersebar luas di smartphone modern. Ponsel siaga ganda hanya membutuhkan ruang tambahan untuk satu kartu SIM lagi. Jadi, kenaikan biaya dibandingkan dengan versi Single SIM atau SIM tunggal adalah marjinal.

Untuk memudahkan Anda memahami perbedaan antara berbagai jenis implementasi Dual SIM SIM Ganda, kami membuat tabel perbandingan sederhana ini:

Perbedaan Dan Jenis Dual SIM HP
Perbedaan Dan Jenis Dual SIM HP

Bisakah Anda menggunakan paket data 3G / 4G di kedua kartu SIM, saat menggunakan smartphone Dual SIM?

Jawaban singkatnya adalah Ya, tetapi itu tergantung pada implementasi Dual SIM yang dipilih oleh pabrikan ponsel cerdas Anda. Produsen melihat berapa biaya pembuatan ponsel cerdas mereka dan margin keuntungan mereka.

Membuat smartphone Dual SIM dengan kartu SIM yang mendukung koneksi data 4G dan 2G lainnya, mudah dan terjangkau.

4G + 2G dapat digabungkan dalam Dual SIM Dual Standbymode dan menggunakan frekuensi radio yang sama.

Namun, jika Anda ingin membangun smartphone Dual SIM yang mendukung koneksi 4G di salah satu kartu SIM dan 3G atau bahkan 4G di sisi lain, itu berarti prosesor pada smartphone harus cukup kuat untuk mendukung dua data berkecepatan tinggi.

Koneksi secara bersamaan dan mungkin biayanya akan agak tinggi. Sebagian besar smartphone Dual SIM di pasaran menawarkan koneksi data 4G + 2G.

Kekurangan dari smartphone Dual SIM

Teknologi ini tidak sempurna, dan beberapa kekurangannya patut dipertimbangkan:

  • Ponsel cerdas Dual SIM Dual Active memiliki otonomi siaga yang lebih pendek karena memiliki dua pemancar gelombang radio, bukan satu.
  • Dual SIM Dual Standby biasanya menggunakan slot microSD untuk SIM kedua. Oleh karena itu, dalam banyak kasus, Anda tidak dapat menggunakan kartu microSD untuk menambah ruang penyimpanan, jika Anda menggunakan dua kartu SIM. Jika Anda membutuhkan smartphone Dual SIM, Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk versi yang memiliki lebih banyak ruang penyimpanan built-in, sehingga Anda tidak memerlukan kartu microSD.
  • Dalam kebanyakan kasus, pabrikan smartphone menggunakan implementasi 4G + 2G Dual SIM Dual Standby, artinya satu SIM hanya dapat digunakan untuk panggilan dan pesan teks, bukan untuk koneksi data. Ini membatasi kegunaan smartphone Dual SIM.

Contoh smartphone Dual SIM

Karena keseimbangan antara biaya dan fitur yang mereka tawarkan, sebagian besar smartphone Dual SIM yang tersedia di pasaran adalah smartphone Dual SIM Dual Standby.

Jika Anda ingin membeli perangkat semacam itu, berikut adalah daftar dengan beberapa opsi bagus:

  • Huawei P20 Pro.
  • Huawei Mate 20 Pro.
  • Samsung Galaxy Note 9.
  • Samsung Galaxy S8.
  • LG G6, OnePlus 6T.
  • Xiaomi Mi 8.
  • Asus Zenfone 5Z.
  • Nokia 6.1.
  • Motorola Moto G5.

Bagaimana dengan Dual SIM di iPhone?

Apple secara tradisional menolak gagasan Dual SIM di iPhone-nya. Namun, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR adalah smartphone Apple pertama yang menawarkan dukungan tersebut.

Ketiga model iPhone ini dapat menggunakan nano-SIM yang dapat dilepas dan eSIM yang tidak dapat dilepas. ESIM adalah kartu SIM digital yang memungkinkan Anda mengaktifkan paket seluler dari operator, tanpa harus menggunakan SIM fisik untuk itu.

Apple menggunakan teknologi Dual SIM Dual Standby (DSDS), sehingga nano-SIM dan eSIM dapat melakukan dan menerima panggilan.

Namun, meskipun penerapannya memungkinkan Anda menggunakan dua nomor telepon seluler yang berbeda secara bersamaan, ini hanya berfungsi di beberapa negara tempat operator menawarkan dukungan untuk eSIM. Sayangnya, daftarnya saat ini agak pendek – 24 negara, yang dapat Anda lihat di halaman web Apple ini: Temukan operator nirkabel yang menawarkan layanan eSIM.

Apakah Anda lebih suka smartphone Dual SIM?

Ponsel cerdas Dual SIM atau SIM ganda dapat berguna dalam beberapa kasus, dan produsen ponsel cerdas mulai memperhatikan bahwa orang menginginkan perangkat semacam itu. Dengan demikian, semakin banyak Dual SIM muncul setiap tahun.

Namun, seperti yang Anda lihat di artikel ini, tidak semua perangkat Dual SIM berfungsi sama, dan beberapa implementasi Dual SIM lebih baik daripada yang lain. Beri tahu kami tentang pengalaman Anda dengan teknologi ini dan apa pendapat Anda tentangnya, di komentar di bawah.

Leave a Comment