Apa Itu Factory Reset Android Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa itu Factory Reset dan cara melakukan Factory Reset di Android — Bisa jadi kini anda tengah menghadapi suatu masalah pada perangkat Android namun anda tidak dapat temukan dengan tepat penyebabnya.

Hal ini bisa membuat frustrasi ketika Anda mencari aplikasi dan program untuk mengatasinya namun tidak mendapatkan keberuntungan untuk mencari tahu mengapa perangkat Android anda freeze / membeku atau tidak merespons dengan benar.

Jika masalah seperti itu berlanjut, satu cara mudah adalah dengan mengaktifkan Factory Reset atau Atur Ulang Pabrikan, yang akan mengembalikan ponsel atau perangkat Anda ke keadaan semula /  setelan pabrikan.

Meskipun mengatur ulang tidak merusak ponsel Anda, ada baiknya mengetahui alasan mengapa Anda memutuskan untuk menggunakannya terlebih dahulu.

Apa itu Factory Reset?

Factory Reset menghapus semua data pengguna dari suatu perangkat dan mengembalikannya ke pengaturan default, atau lebih tepatnya, mengembalikannya ke keadaan semula saat Anda pertama kali membeli perangkat.

Data seperti kontak, foto, aplikasi, cache Anda dan apa pun yang Anda simpan di perangkat sejak Anda mulai menggunakannya akan dihapus oleh Factory Reset.

Namun Factory Reset tidak akan menghapus sistem operasi Android di HP atau tablet Anda, ia hanya akan mengembalikan setelan HP ke aplikasi pabrikan dan pengaturan aslinya. Seolah seperti HP baru — seperti saat pertama anda membelinya.

Selain itu, fungsi Factory Reset tidak akan merusak ponsel Anda, meskipun Anda melakukannya berkali-kali.

Factory Reset juga dikenal dengan nama Hard Reset atau Master Reset, jadi jika rekan menemukan nama-nama itu bukan fungsi berbeda namun hanya nama lain saja.

Mengapa Anda ingin melakukan Factory Reset atau mengatur ulang perangkat Anda?

Alasan yang jelas adalah jika Anda ingin memberikan atau menjual perangkat Anda kepada orang lain. Bagaimanapun juga, Anda tidak ingin informasi pribadi Anda tetap ada di perangkat, terutama jika itu adalah data pribadi.

Alasan lain melakukan Factory Reset adalah masalah teknis seperti jika ponsel Anda terus membeku, untuk mengembalikan pengaturan dan konfigurasi ke default dan menghapus file default yang Anda sulit singkirkan.

Fungsi Factory Reset juga amat berguna meski Anda mengalami masalah kecil dengan ponsel dan Anda merasa masalahnya terkait data.

Jika Anda tidak dapat menentukan dengan tepat masalah penyebab masalah, maka Factory Reset layak dilakukan, tetapi hanya jika itu tidak dapat diselesaikan dengan menghapus aplikasi atau layanan.

Jika perangkat Anda berjalan lambat, mungkin ada baiknya menghapus aplikasi dari perangkat Anda terlebih dahulu sebelum Anda melakukan Factory Reset, atau memulai ulang perangkat Anda untuk melihat apakah itu berfungsi

Seperti semua hal dalam dunia OS Android dan lainnya, jika Anda tidak yakin apakah itu layak dilakukan atau tidak, maka hindarilah.

Persiapan penting sebelum Anda melakukan Factory Reset

A — Cadangkan semua data Anda. Ini adalah keharusan karena setelah Anda melakukan Factory Reset, semua informasi Anda hilang dan tidak lagi dapat dipulihkan.

Selain itu, ada baiknya menyimpan data tersebut sehingga Anda tidak membuang waktu untuk mengisi ulang ponsel Anda dengan kontak dan semacamnya.

Semua data akan dihapus dari memori perangkat Android anda, termasuk akun Google Anda, data sistem dan aplikasi, pengaturan, musik yang diunduh, foto, dan data pengguna lainnya, oleh karena itu yang paling penting sebelum melakukan pengaturan Factory Reset adalah mencadangkan semua data Anda.

Anda pasti memerlukan cadangan data ponsel Android Anda agar dapat dipulihkan kelak, yakni data yang Anda butuhkan setelah Factory Reset.

Proses pencadangan bisa sangat sederhana dengan bantuan sebuah aplikasi bernama; Android Phone Data Transfer, di mana Anda dapat melakukan satu-klik saja untuk membuat cadangan semua yang ada di HP Android Anda, termasuk kontak, pesan, musik, video, catatan, log panggilan, foto, bookmark, dll ke komputer Windows atau Mac.

Dan anda dapat mengembalikan semuanya dengan hanya satu klik mouse saja kapan pun Anda mau.

Cara Backup Ponsel Android:

Cara Backup Data Android
Cara Backup Data Android

Backup data Android anda terlebih dahulu sebelum melakukan Factory Reset dengan sebuah software bernama Android Phone Data Transfer:

Untuk Windows dan Mac.

Caranya:

  1. Hubungkan Ponsel Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB dan jalankan program.
  2. Klik “Backup To PC” di beranda, lalu pilih data yang akan dicadangkan.
  3. Klik pada “Start Copy”. Semua data Anda akan ditransfer dan disimpan di pc.

B — Jika Anda memiliki perangkat Android, mungkin ada baiknya mengenkripsi data Android Anda terlebih dahulu sebelum Anda membersihkannya. Memang versi terbaru Android memiliki fitur keamanan yang akan membuat pemulihan informasi lebih sulit, enkripsi menambahkan lapisan keamanan tambahan yang akan selalu berguna jika perangkat jatuh ke tangan yang salah.

Mari kita langsung berlanjut ke cara Factory Reset di Android pada halaman selanjutnya.


Tinggalkan komentar