Inilah Cara Mudah Perbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca di Android dan Laptop

Inilah Cara Mudah Perbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca di Android dan Laptop

dubidam.id– Cara Mudah Perbaiki MicroSD Yang Tidak Terbaca di Android dan Laptop. Jika Anda menghadapi masalah MicroSD yang tidak dapat dibaca di ponsel cerdas dan laptop Anda, temukan solusi berikut hanya di situs web admin.

MicroSD adalah perangkat penyimpanan eksternal yang dapat menyimpan berbagai data, termasuk file pengguna, dalam perangkat faktor bentuk yang relatif kecil.

Semua perangkat smartphone, termasuk laptop, sudah memiliki memori bawaan. Namun, sebagian orang merasa memori internalnya tidak cukup untuk menyimpan data yang dimilikinya.

Jadi jelas bahwa pengguna akan membutuhkan perangkat penyimpanan tambahan seperti MicroSD. Ada banyak perubahan pada kapasitas penyimpanan microSD ini, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan.

Pengguna harus memasukkan microSD sementara ke slot yang ditentukan di ponsel. Tidak ada notifikasi yang tersedia dan pengguna dapat menyimpan file mereka di sana. Bagaimana jika MicroSD tidak terbaca?

Apakah file milik pengguna juga akan ikut dimusnahkan? Untuk mengetahui jawabannya dan menghitung penyebab MicroSD tidak terbaca.

Ketahuilah Penyebab MicroSD Tidak Terbaca di Smartphone

Salah satu cara untuk menambah kapasitas penyimpanan smartphone Anda adalah dengan menggunakan kartu memori atau microsd. Kartu memori memberi pengguna lebih banyak fleksibilitas untuk menyimpan file atau data di ponsel mereka tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Jika Anda senang membuat konten atau aktif menyimpan foto dan video, kartu memori sangat berharga. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat menyimpan data atau file ke kartu memori.

Terkadang muncul halangan pada kartu memori sehingga tidak memungkinkan untuk mengakses semua file. Masalah yang sering terjadi adalah microSD tidak terbaca.

Jika kartu memori yang Anda gunakan di ponsel Anda tidak dapat dibaca, semua file di dalamnya tidak dapat dilihat. Tandanya adalah ketika Anda membuka foto atau video yang disimpan secara eksternal di kartu memori.

Kemudian dikatakan bahwa membaca format file tidak didukung atau microsd tidak terbaca. Jelas, ini dapat menakuti pengguna bahkan jika semua file yang diperlukan tersedia.

Alasan untuk masalah ini mungkin sebagian dan seringkali karena kartu SD yang kotor. Saat menggunakan kartu memori yang belum pernah digunakan.

Atau menempatkannya di tempat berdebu dapat menyebabkan masalah seperti itu. Dan alasan terburuk adalah kartu SD yang rusak. Dalam hal ini, kartu microSD tidak dapat digunakan lagi.

Cara Mengatasi Kartu MicroSD Tidak Terbaca di Ponsel Di sini Anda dapat menambahkan beberapa langkah-langkah untuk mengatasi kartu microSD yang tidak terbaca di ponsel Android.

Langkah-langkah Mengatasi Masalah MicroSD Tidak Terbaca di Android

Jika Anda menghadapi masalah kartu memori seperti kartu memori tidak terbaca di ponsel Anda. Jangan langsung panik, karena ada beberapa cara. Ini adalah masalah umum di antara pengguna kartu memori.

Bentuk dari SD card sendiri tidak terlalu besar sehingga kapasitas penyimpanannya besar. Pengguna harus berhati-hati karena area sensitif microSD seringkali menjadi penyebab masalah.

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan kartu SD Anda tidak dapat dibaca di ponsel Anda. Jika Anda mentransfer data ke kartu memori, dalam kasus seperti itu tidak dapat dibuka.

Ketika saya membuka menu pengaturan, saya tidak dapat melihat info kartu SD yang saya gunakan. Jika Anda juga menghadapi masalah serupa, beberapa cara di bawah ini bisa menjadi solusi untuk Anda.

Jangan terburu-buru untuk segera menggantinya dengan yang lain, karena masalah ini bisa saja disebabkan oleh kesalahan dan selalu bisa diselesaikan.

Restart Ulang Perangkat Anda

Jika Anda tiba-tiba mengalami masalah microsd di ponsel Anda tiba-tiba menjadi tidak terbaca. Meskipun sebelumnya baik-baik saja, jangan panik karena mungkin ada ponsel yang error.

Anda dapat me-restart perangkat Anda dengan me-restart perangkat yang Anda gunakan. Dan ketika hp hidup kembali jangan langsung di mainkan tunggu beberapa saat. Tunggu satu atau dua menit sebelum Anda dapat membuka kunci ponsel lagi.

Langsung periksa file yang tersimpan di kartu memori Anda dan lihat apakah Anda dapat membukanya atau tidak. Jika Anda dapat membukanya, kartu microSD Anda masih aman dan dapat dikenali oleh ponsel Anda.

Jika masih belum terdeteksi, coba lepas kartu memori dan masukkan kembali ke slot yang tersedia. Kesalahan deteksi kartu SD sebenarnya umum terjadi dan alasannya adalah posisi microSD yang salah.

Anda dapat mencoba cara ini untuk mengetahui apakah ponsel Anda dapat mengenali kartu memori yang terpasang.

Bersihkan MicroSD

Jika Anda telah mencoba metode di atas dan perangkat tidak dapat mendeteksi kartu microSD mana yang Anda gunakan. Jadi mungkin ada yang salah dengan kartu memori. Ini sering kali disebabkan oleh kotornya tembaga pada kartu SD yang Anda gunakan.

Saat Anda mencoba mengeluarkan kartu memori dari ponsel, Anda dapat melihat bagian kuningan dari microSD di sisi kanan. Nah, gunakan bahan yang lembut untuk membersihkan kuningan baja dan berhati-hatilah. Alat tindik telinga dapat digunakan dalam hal ini.

Bersihkan bagian kuningan secara perlahan dengan kapas, bergerak hanya dalam satu arah. Perhatikan baik-baik dudukan kuningan di bawah karena debu dapat menempel sehingga microsd tidak dapat dibaca di ponsel Anda.

Jika Anda tidak menambahkan metode ini maka Anda harus melakukannya dengan hati-hati karena dapat menyebabkan masalah lain.

Setelah membersihkan microSD, masukkan kembali kartu memori berikutnya ke smartphone. Segera buka pengelola file dan lihat penyimpanan eksternal, lalu periksa apakah Anda dapat melihat file di sana.

Cek di Perangkat Yang Lain

Untuk memeriksa apakah microsd tidak dapat dibaca karena rusak atau kesalahan lainnya. Anda bisa melihatnya dengan mengeceknya dengan memasukkan kartu memori lalu ke smartphone lain.

Jika kartu memori Anda rusak, kartu tidak dapat dibaca atau digunakan di perangkat apa pun. Ini adalah cara termudah untuk mengetahui mengapa microsd tidak terbaca di ponsel kita.

Pastikan smartphone yang digunakan untuk pengujian kompatibel dengan perangkat Anda. Jika di ponsel lain kartu SD dapat dilihat dan dibaca dan file yang tersedia dapat dibuka dengan mudah.

Maka perangkat atau smartphone yang Anda gunakan mungkin saja mengalami kerusakan. Coba metode yang kami sebutkan sebelumnya untuk menyelesaikan masalah.

Tidak semua masalah microSD yang tidak terbaca di Android secara langsung disebabkan oleh kartu memori. Perangkat Anda mungkin mengalami masalah dan Anda harus memeriksanya dengan perangkat lain.

Cara Memperbaiki MicroSD Tidak Terbaca di Laptop Dengan Mudah

Di atas adalah beberapa cara yang telah admin kami berikan untuk memperbaiki microSD hanya melalui ponsel Anda. Jika cara berikut tidak berhasil, jangan pernah menyerah karena ada solusi lain yang tersedia.

Untuk mengatasi masalah di sini, Anda memerlukan perangkat tambahan – laptop. Di sini kami dapat menjelaskan dua cara untuk memperbaiki masalah microsd yang tidak terbaca menggunakan PC atau laptop.

Pastikan laptop yang Anda gunakan memiliki slot untuk kartu microSD yang Anda gunakan. Setiap laptop memiliki bentuk slot kartu memori yang berbeda.

Bagaimana cara memperbaiki kartu microSD yang tidak dapat dibaca pada laptop yang ringan dan cepat? Tonton dua cara kami dapat membagikan dengan tutorial di bawah ini.

Cek Error MicroSD Tidak Terbaca di Laptop

Jika Anda memiliki masalah dengan kartu memori Anda, hal pertama yang perlu dikhawatirkan adalah file di dalamnya. Anda tidak ingin kehilangan semua data pada kartu memori Anda seperti itu, bukan?

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk perangkat tambahan seperti laptop untuk memperbaiki microSD yang tidak terbaca di Android. Perangkat ini memiliki beberapa fitur yang dapat memeriksa kesalahan kartu memori.

Bagaimana Anda menggunakan fitur ini? Lihat tutorial lengkapnya di bawah ini. Pertama, masukkan kartu microSD yang Anda miliki ke laptop Anda, oke?

  • Pertama, membuka fitur File yang tersedia di di dalam laptop kalian.
  • Lalu arahkan kursor ke file memory card yang telah Anda pasang. Kemudian klik kanan dan memilih fitur Properties di bagian paling bawah.
  • Selanjunya memilih menu “Tools”.
  • Lanjutkan bersama klik bacaan “Checking”. Dan tekan kembali Scan plus repair.
  • Tunggu sampai sistem scanning selesai dilaksanakan sampai terlihat notifiikasi semacam ini. Jika tersedia kesalahan pada memori kalian, maka dapat terlihat errornya disana.

Cara Memperbaiki MicroSD Dengan CMD

Cara lain yang bisa Anda coba untuk memperbaiki kartu microSD yang tidak terbaca dengan laptop adalah dengan menggunakan fungsi CMD.

CMD ini juga dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah pada microSD Anda. Jika Anda belum pernah menggunakan fungsionalitas CMD di laptop Anda dan tidak tahu cara meluncurkannya. Kemudian lihat tutorial lengkap di bawah ini.

  • Pertama, Anda sanggup pakai tombol shortcut untuk menghidupkan perintah cmd bersama tekan tombol Win + R di keyboard secara bersamaan.
  • Lalu ketik cmd di di dalam tempat yang telah di sediakan dan klik enter.
  • Setelah itu masukkan command selanjutnya ini chkdsk e: /f selanjutnya tekan tombol enter.
  • Tunggu sampai sistem scanning selesai. Lama atau tidaknya terkait bersama besarnya file yang tersedia di di dalam kartu memori.

Demikian itulah penyebab microsd tidak terbaca dan disertakan cara memperbaikinya di perangkat android dan juga laptop. Jaga kebersihan kartu SD agar kartu microSD Anda tidak rusak dan file Anda selalu terlindungi.