Install .NET Framework 3.5 Di Windows 10 Secara Offline

Pihak Microsoft mempersenjatai Windows 10 dengan .NET framework 4.5 secara preinstalled. Dan .NET v4.5 ini merupakan hadiah besar untuk para pengguna seri terakhir OS Windows itu.

Akan tetapi jikalau kita ingin menggunakan game atau aplikasi lama yang dirilis untuk versi Windows 7 dan Vista misalkan, maka yang dibutuhkan adalah .NET framework 3.5 terinstall bergandengan dengan 4.5.

Tanpa Net framework 3.5 maka aplikasi tersebut tidak akan berjalan, sebaliknya anda akan diminta untuk menginstall si .NET framework 3.5 dari internet jikalau ingin menjalankan aplikasi atau game lawas di Windows 10 anda itu.

Jikalau anda menghadapi masalah ini, maka beruntunglah anda karena telah mendarat di halaman ini. Anda tidak perlu buang waktu mencari si .NET framework 3.5 di internet. Anda bisa mengikuti salah satu dari dua cara di posting ini yakni anda bisa menginstallnya dari mode instalasi Windows 10 yang memakan waktu.

Atau dengan cara kedua yang lebih singkat karena anda bisa menginstallnya langsung dari file batchnya.

Kedua tutorial untuk install .NET framework 3.5 di Windows 10 akan saya hadirkan disini, bahkan koneksi internet tidak diperlukan untuk proses instalasi dengan kata lain instalasi bisa dilakukan secara offline.

2 Cara install .NET Framework 3.5 di Windows 10 adalah sebagai berikut:

Cara pertama:

Install .NET Framework 3.5 di Windows 10 via Windows 10 installation mode

  1. Masukan DVD Windows 10, atau klik dua kali deh pada image ISO, atau bisa pula masukan flash drive bootable dengan Windows 10, apapun yang anda sukai.
  2. Selanjutnya buka “This PC” via File Explorer kemudian catat karakter drive dari instalasi media yang telah anda masukan. Kalau di saya adalah di Disk G:
ISO IMG Drive G
ISO IMG Drive G

Penjelasan: Jikalau anda menyimpan Windows 10 Installation Mode di drive C atau manapun maka ganti drive G dengan drive anda.

  1. Kini buka Command Prompt menggunakan Run As Administrator. Kemudian ketik perintah berikut lalu Enter.
Dism /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:G:\sources\sxs /LimitAccess
Install Net Framework 3.5 Windows 10 CMD DISM
Install Net Framework 3.5 Windows 10 CMD DISM
  1. Proses ini akan menginstall .NET framework 3.5 di Windows 10 milik anda.
Berhasil Install NET Framework 3.5
Berhasil Install NET Framework 3.5

Video tutorial install .NET Framework 3.5 di Windows 10

Cara kedua:

Install .NET Framework 3.5 di Windows 10 dengan file batch

Nah yang diatas itu cara yang panjang dan heboh, jika anda ingin cara yang lebih singkat, sederhana, seenaknya dan singkat maka gunakan cara kedua ini menggunakan file batch yang bisa langsung dieksekusi dengan menjalankan filenya menggunakan Run As Administrator saja.

  1. Silahkan download filenya: INETFramework35viaDUBIDAM.zip.
  2. Selanjutnya anda ekstrak file zipnya, maka akan menemukan tampilan seperti file bernama: Install Install .NET Framework 3.5 via DUBIDAM.cmd.
  3. Kini klik kanan pada filenya lalu pilih Run As Administrator. Maka file batch akan diinstall untuk menginstall .NET Framework 3.5 di komputer Windows 10 milik anda.
Run File Batch Net Framework
Run File Batch Net Framework

Beres sudah begitulah cara install .NET Framework 3.5 di Windows 10 dan semoga bermanfaat. Dan kini anda bisa menginstall dan menjalankan game atau software dari versi Windows 7 dan Windows Vista di Windows 10 anda dengan bantuan .NET Framework 3.5 ini kawan.


Tinggalkan komentar