Cara Install PHP FPM Memcached Untuk Mempercepat Website

Yusuf  
Sep 23, 2019 · 3 minutes read

Pernahkah anda berpikir apa yang membuat server website anda lelet? Hal itu bisa jadi dikarenakan begitu banyak jumlah permintaan kepada database di waktu bersamaan.

Maka solusinya adalah PHP FPM Memcached yang adalah sistem caching memory. Ia dapat menurunkan load database anda mempercepat diunggahnya aplikasi web anda.

Sudah banyak website—khususnya yang sibuk dengan trafik dan request php—menggunakan PHP FPM Memcached sebagai bagian penanganan manajerial server mereka.

Disini kita akan belajar cara memasang PHP FPM dengan Memcached dan kemudian memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan request ke database.

Apa itu PHP FPM Memcached?

PHP FPM Memcached dapat mempercepat proses pengiriman data website dengan menyimpan sumberdaya paling sering digunakan ke dalam cache. Tentu saja kondisi ini akan meningkatkan kepuasaan klien / pelanggan dengan menghadirkan kecepatan proses kirim data dan responsivitas yang cepat untuk permintaan data dari browser ke server.

Sebagai tambahan, Memcached juga dapat meminimalisir jumlah permintaan unggah / load database dengan menyimpan objek data dalam memori dinamis, menghadirkan aplikasi web yang jauh lebih cepat. Selain itu, Memcached juga menyimpan data dalam pasangan nilai/kunci dalam bentuk serangkaian table hash yang besar.

Bagaimana menginstall modul PHP FPM Memcached​

Inilah langkah-langkah yang dapat kita ikuti untuk menginstall Memcached with PHP-FPM pada Nginx.

1. Pertama-tama, eksekusi perintah berikut untuk menginstall Memcached.

apt install memcached

2. Setelah Memcached terinstall, kini kita aktifkan dan jalankan layanan Memcached ini.

systemctl enable memcached.service

systemctl start memcached.service

3. Selanjutnya, eksekusi perintah berikut untuk install PHP dengan Nginx dan modul-modul Memcached.

apt-get install php-fpm php-memcached php-cli

4. Sekarang, aktifkan situs Nginx PHP kedalam file konfigurasi situs default dan mengaktifkan block PHP. Untuk mengaktifkan block PHP, kita gunakan perintah berikut ini.

nano /etc/nginx/sites-available/default

6. Nah kini tinggal restart Nginx Web server.

systemctl reload nginx.service

Lebih lanjut, untuk meninjau apakah Memcached sudah terinstall dengan benar atau tidak, maka kita dapat gunakan file info.php untuk mengujinya. Hasilnya akan seperti ini.

Memcached Aktif
Memcached Aktif

Masalah / problem dan bagaimana cara memperbaikinya

Berdasarkan pengalaman dalam mengurus server, saya pernah mengalami sejumlah masalah setelah menginstal Memcached. Inilah masalah yang ditemui dan cara memperbaikinya.

1. Setting IP address yang salah

Baru-baru ini, teman saya menjelaskan berkenaan PHP FPM Memcached pada Amazon EC2 instances pool miliknya. Dimana Memcache tidak terhubung pada salah satu servernya.

Saat melakukan pengecekan saya mendapati bahwa Memcached berjalan pada server. Ini hasilnya.

root@ip-172-xx-xx-125:~ # sockstat -4l | grep mem
nobody memcached 26445 17 tcp4 *:11211 *:*
nobody memcached 26445 22 udp4 *:11211 *:*
nobody memcached 26445 23 udp4 *:11211 *:*
nobody memcached 26445 24 udp4 *:11211 *:*
nobody memcached 26445 25 udp4 *:11211 *:*

Ternyata layanan Memcached dikonfigurasi menyambung kepada alamat server / server address, inilah yang menimbulkan permasalahan.

Sebaiknya untuk menggunakan koneksi IP privasi antara server di dalam data center yang sama. Hal ini guna memastikan kecepatan koneksi jaringan dan memaksimalkan keamanan layanan.

Maka yang saya lakukan adalah menyetel agar layanan Memcached menyambung ke alamat IP privasi pada EC2 instances bukan kepada alamat public IP, hasilnya masalah teratasi.

PHP FPM service down

Masalah lainnya adalah, problem setelah menginstall Memcached muncul pesan error “Fatal error: Class ‘Memcached’ not found” ketika mengaktifkan Memcached pada server.

Inilah langkah-langkah yang bisa anda ambil untuk memperbaikinya.

1. Pertama-tama, log-in ke server sebagai pengguna root / root user.

2. Selanjutnya lakukan pengecekan pada status layanan php5-fpm.

service php5-fpm status

3. Selanjutnya anda akan dapati bahwa layanan php5-fpm sedang down.

4. Solusinya adalah dengan merestart layanan php5-fpm.

service php5-fpm restart

Itulah cara memperbaiki Memcached not found.

Kesimpulan

Singkatnya, Memcached mampu meningkatkan kecepatan proses pengiriman data pada website dengan menyimpan sumberdaya yang paling banyak digunakan ke dalam cache. Jika anda masih mengalami masalah soal menginstall Memcached atau problem setelah menginstalnya maka silahkan tulis di area komentar posting ini, akan saya jawab sebisa saya mampu.

Tinggalkan komentar