Cara Mempercepat Koneksi Internet Yang Lelet Di Windows

Cara mempercepat internet lelelt di Windows 10 paling jitu dijamin akan mempercepat koneksi internet WiFi di Windows 10 milik anda.

Koneksi internet bisa cepat dan bisa pula lelet atau lemot. Kondisi kedua paling tidak enak. Kita berharap hal itu tidak pernah terjadi. Namun sayangnya, tidak jarang malah, terjadi.

Kondisi internet lelet atau lambat bisa disebabkan oleh beberapa hal, semuanya karena urusan teknis. Yang paling mudah mengidentifikasinya ialah jika internet di rumah anda dijadikan WiFi dan banyak anggota keluarga menggunakan internet di WiFi yang sama.

Maka hal ini akan mempengaruhi kecepatan internet. Apalagi jika ada yang download file gede dengan IDM dan atau streaming video. Pastinya memperlambat laju internet.

Jika kondisi seperti ini yang membuat internet anda lelet, maka tunda dulu aktivitas berinternet anda, atau kasih tahu anggota keluarga yang download agar ditunda nanti, jika dia tetap ngeyel, gunakan cara jahil ganti aja password WiFinya, dijamin koneksinya terputus, tapi ini jahil loh hehe.

Akan tetapi jika internet anda lelet bukan karena masalah itu, maka coba pakai solusi dari kumpulan solusi yang saya rekomendasikan untuk anda gunakan.

Oh iya saya gunakan Windows 10 di artikel ini, namun jangan khawatir karena bisa pula dipraktekan pada semua versi Windows seperti 7 dan 8. Silahkan ikuti cara mempercepat internet lambat di Windows 10.

Cara mempercepat koneksi internet yang lelet di Windows 10

  • Non-aktifkan / disable update Peer to Peer.
  • Ukur Internet Bandwidth Settings.
  • Update driver WiFi/network.
  • Non-aktifkan / disable Windows Auto-Tuning.
  • Restart modem.

Penting: Ada baiknya untuk terlebih dahulu cek koneksi internet dengan ping ke Google.com untuk mengetahui masalahnya di browser atau di koneksi broadband anda.

Solusi #1: Non-aktifkan Update Peer to Peer

Peer to Peer Update  adalah sebuah fitur yang terdapat dalam sistem operasi Windows dengannya anda bisa membuat komputer anda berbagi update Windows secara pasangan dengan komputer lainnya asalkan terhubung internet, namun hal ini dapat mempengaruhi koneksi internet anda, karena salah satunya internet koneksi yang tidak stabil.

Karenanya untuk non-aktifkan  Peer to Peer Update  adalah sebagai berikut:

  1. Pada keyboard, tekan  logo Windows   dan  R  disaat bersamaan, kemudian ketik   control update  yang ada di box selanjutnya tekan  Enter.

    Control Update
    Control Update
  2. Kini klik  Advanced options.

    Update Windows Advanced Options
    Update Windows Advanced Options
  3. Klik lagi pada  Delivery Optimization  (Atau  Choose how updates are delivered  tentu tergantung pada versi build Windows 10 anda).

    Delivery Optimization
    Delivery Optimization
  4. Matikan atau  Off  pada  Allow downloads from other PCs  (Atau  Update from more than one place).

    Delivery Optimization Download Off
    Delivery Optimization Download Off
  5. Periksa jikalau keleletan internet pada  Windows 10  telah diperbaiki. Jika sudah, maka bagus. Jika masalahnya tetap ada, maka lanjut ke Solusi 2 berikut.

Solusi #2: Atur Internet Bandwidth Settings

Ini bisa juga dijadikan cara mempercepat internet lambat di Windows 10 untuk anda coba untuk mempercepat internet yakni dengan menurunkan Bandwidth yang digunakan pada Windows 10 dan aplikasi sistem. Caranya adalah:

  1. Pada keyboard, tekan  Ctrl, Shift dan Esc  secara berbarengan untuk buka  Task Manager.
  2. Klik pada  File  >  Run new task.

    Task Manager Run New Task Windows
    Task Manager Run New Task Windows
  3. Selanjutnya ketik atau copy paste  gpedit.msc  kedalam box, jangan lupa tik pada box di sebelah  Create this task with administrative privileges  lalu klik  OK.

    GPedit MSC
    GPedit MSC
  4. Di bagian bawa  Computer Configuration,  klik dua kali pada  Administrative Templates > Network > QoS Packet Scheduler. Selanjutnya klik pada  Limit reservable bandwidth.

    Limit Reservable Bandwidth Windows
    Limit Reservable Bandwidth Windows
  5. Klik pada opsi  Enabled dan atur  Bandwidth limit (%)  value ke 0. Selanjutnya klik Apply > OK.

    Limit Bandwidth
    Limit Bandwidth
  6. Nah hasilnya, apakah internet anda lebih cepat sekarang? Jika masih merangkak, maka lanjut dah ke Solusi 3, berikut ini.

Tinggalkan komentar