iPhone Di Bulan Depan Tidak Bisa Menggunakan WhatsApp Berikut Informasi Nya

ADVERTISEMENT

WhatsApp tidak akan lagi tersedia di iPhone bulan depan. Aplikasi WhatsApp mencoba memperbarui spesifikasi minimum perangkat yang menggunakan aplikasi tersebut.

Akibatnya, banyak perangkat dengan spesifikasi dan sistem operasi lama tidak lagi tersedia untuk WhatsApp.
WhatsApp telah mengumumkan di situs resminya bahwa aplikasi WhatsApp hanya akan tersedia untuk iPhone berbasis iOS 12 atau lebih baru mulai 24 Oktober.

Mulai bulan depan, pengguna yang tetap menggunakan iPhone dengan sistem operasi iOS 10 dan iOS 11 tidak bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp.

iPhone Yang Tidak Bisa mengunakan Aplikasi WhatsApp

Sekarang ada beberapa iPhone yang masih berbasis iOS lama: iPhone 5 (2012) dan iPhone 5S (2013). iPhone 5C (2013), iPhone 6 (2014), dan iPhone 6S (2015). Untuk menggunakan aplikasi WhatsApp di iPhone, pengguna lama dari 2012 hingga 2015 perlu memperbarui perangkat lunak ke iOS 12.
Masalahnya tidak semua model iPhone dapat diperbarui karena perangkat tidak lagi mendukungnya.

Dari lima iPhone lawas, hanya iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S yang dapat diperbarui ke iOS 12 atau lebih baru.
Di sisi lain, iPhone 5 dan iPhone 5C tidak lagi dapat diperbarui ke versi perangkat lunak yang lebih baru.

Pasalnya, dukungan perangkat lunak untuk kedua model iPhone tersebut hanya diblokir di iOS 10. Artinya iPhone 5 dan iPhone 5C tidak akan bisa menjalankan WhatsApp setelah 24 Oktober 2022.
Biasanya, jika perangkat Anda tidak mendukung persyaratan minimum, WhatsApp akan meminta Anda untuk menggantinya dengan perangkat baru.

ADVERTISEMENT

Karena WhatsApp berisiko kembali menaikkan spesifikasi minimum untuk mengoperasikan platformnya.
Ini sangat sederhana karena WhatsApp secara teratur merilis fitur baru yang kompatibel dengan versi baru dari sistem operasi.

Cara Cek iOS Dan Upgrade iOS Di iPhone

Sebelum melakukan upgrade iOS, para pengguna iPhone dapat terlebih dahulu mengecek versi iOS yang di gunakan.

Cara mengeceknya versi iOS di iPhone yaitu melalui menu “setting/pengaturan” > “General/umum”. Informasi versi sistem oprasi biasanya da di bagian bawah.

Apabila ponsel masih menjalakan sistem oprasi lama, tidak ada salahnya segera memperbaharui ke versi terbaru, jika ponselnya masih mendukung.

Dalam kasus ini, pengguna iPhone 5S dan iPhone 6 masih bisa meng upgrade iOS hingga iOS 12. sedangkan iPhone 6S bisa di upgrade hingga iOS 15.

Pengguna hanya perlu menekan opsi “Pembaharuan perangkat Lunak/Upgarade sofware” untuk mulai mengunduh file yang di perlukan untuk upgarde OS.

WhatsApp Di Ponsel Android

Selain iPhone, WhatsApp juga memperbarui spesifikasi sistem operasi minimum untuk perangkat Android. Mulai 24 Oktober, WhatsApp hanya dapat digunakan di perangkat Android yang menjalankan Android 4.1 (Jelly Bean).

Pengguna perlu meningkatkan ke Android 4.1 atau yang lebih baru untuk terus menggunakan WhatsApp seperti biasa.
Sementara itu, smartphone Android yang menjalankan Android 4.0.4 (Android Ice Cream Sandwich) atau yang lebih lama tidak lagi dapat menggunakan WhatsApp mulai bulan depan.

Untuk pilihan ponsel Android lama, tidak ada salahnya untuk memeriksa versi OS perangkat di ponsel Anda. Jika pembaruan perangkat lunak baru masih tersedia, segera perbarui.

Di bagian ini, Anda dapat melihat cara memperbarui Android terbaru.
Untuk ponsel Android, prosedurnya mungkin sedikit berbeda karena setiap merek ponsel memiliki antarmuka pengguna (UI) yang berbeda. Namun secara umum, langkah-langkahnya hampir sama.
Bagi Anda yang menggunakan Samsung Galaxy A73 5G dengan Android 12 dan One UI 4.1, berikut cara menggunakannya.

Buka menu pengaturan. Gulir ke bawah halaman dan klik menu Tentang Telepon/Tentang Telepon. Klik “Tentang Perangkat Lunak”. Nanti Anda akan melihat informasi tentang versi Android dan antarmuka pengguna yang digunakan. Untuk memperbarui versi Android Anda, buka menu “Perangkat/Pengaturan> “Pembaruan Perangkat Lunak/Pembaruan Perangkat Lunak”> “Unduh dan Instal”.

Leave a Comment