Pengertian Dan Penjelasan Tentang Kartu SIM (SIM Card) Beserta Jenisnya

Kecil sekali kemungkinan Anda belum pernah mendengar tentang kartu SIM atau SIM Card. Tanpa kartu SIM, Anda tidak dapat menggunakan ponsel Anda untuk menelepon atau mengirim pesan teks ke orang lain.

Anda mungkin sudah tahu soal manfaat dan kegunaan yang ditawarkan kartu SIM untuk urusan ini.

Tetapi tahukah Anda apa itu kartu SIM dan mengapa Anda membutuhkannya? Apakah Anda belum sepenuhnya faham mengenai kegunaan kartu SIM, atau informasi apa yang disimpan di kartu SIM?

Jika Anda ingin mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan lebih banyak lagi, baca artikel ini dan temukan:

Apa itu kartu SIM atau SIM Card?

SIM adalah singkatan dari Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module dan bahas Indonesianya adalah Modul Pengenal Pelanggan.

Kartu SIM adalah kartu datar ukuran kecil yang berisi sirkuit terintegrasi yang digunakan oleh perusahaan telepon untuk mengidentifikasi dan mengotentikasi langganan Anda di jaringan mereka.

Dengan kata lain, kartu SIM adalah hal-hal kecil yang memungkinkan operator seluler mengetahui nomor telepon Anda dan Anda berlangganan di paket suara dan data apa dan bayar berapa.

Ada dua jenis utama jaringan seluler yang tersedia sekarang ini: GSM dan CDMA. GSM merupakan singkatan dari Global System for Mobile, dan telepon yang menggunakannya selalu membutuhkan penggunaan kartu SIM.

Sedangkan ponsel berbasis CDMA, di sisi lain, tidak memerlukan kartu SIM untuk berfungsi di masa lalu, tetapi ponsel CDMA yang lebih baru juga membutuhkannya.

Untuk apa kartu SIM digunakan? Apa fungsi kartu SIM?

Kartu SIM menyimpan informasi penting di dalamnya, digunakan oleh operator seluler untuk mengetahui identitas Anda dan dapat mengotentikasi ponsel Anda di jaringan mereka. Mungkin data terpenting yang disimpan di kartu SIM adalah:

  • Mobile Country Code (MCC) atau Kode Negara Seluler dan Mobile Network Code (MNC) atau Kode Jaringan Seluler adalah kode unik yang memberi tahu jaringan seluler tempat telepon Anda terhubung ke negara mana dan kartu SIM Anda (dan langganan telepon) berada.
  • Mobile Subscriber Identification Number (MSIN) atau Nomor Identifikasi Pelanggan Seluler adalah kode yang digunakan oleh operator nirkabel untuk mengidentifikasi telepon Anda sehingga dapat menautkannya ke nomor telepon dan langganan telepon Anda.
  • Authentication Key atau Kunci Otentikasi adalah nilai 128-bit unik yang ditetapkan ke kartu SIM Anda oleh operator seluler Anda, digunakan untuk memberi Anda akses ke jaringan operator. Kunci ini disimpan di kartu SIM dan di database operator jaringan.

Selain itu, sebagian besar kartu SIM juga dapat digunakan untuk menyimpan beberapa data pribadi Anda, karena kartu tersebut juga dapat menyimpan:

  • Kontak (Buku telepon): Sebagian besar kartu SIM dapat menyimpan sejumlah kontak. Pada kartu SIM modern, batasnya biasanya 250 kontak.
  • Pesan SMS (Pesan teks): Kartu SIM juga dapat menampung pesan SMS yang Anda terima. Namun, jumlah pesan yang dapat mereka simpan jauh lebih sedikit daripada jumlah kontak. Biasanya, kartu SIM dapat menyimpan sekitar 32 pesan SMS.

Pada catatan yang sama, jumlah entri buku telepon dan pesan SMS yang dapat disimpan oleh kartu SIM berbeda-beda, bergantung pada seberapa besar ruang penyimpanan (memori) yang dimilikinya.

Jumlah kapasitas penyimpanan yang tersedia pada kartu SIM bervariasi sesuai dengan keputusan penyedia operator seluler yang mengeluarkan SIM tersebut. Dalam kebanyakan kasus, kartu SIM memiliki memori hingga 128 kilobyte. Yang membawa kita ke pertanyaan berikutnya:

Apakah kartu SIM adalah kartu memori?

Tidak, dan Ya. Kartu SIM adalah kartu memori semu, karena memang memiliki beberapa memori di dalamnya.

Namun, seperti yang Anda ketahui sekarang, memori tersebut digunakan untuk menyimpan sejumlah kontak buku telepon dan pesan SMS. Memori pada kartu SIM tidak dapat digunakan untuk menyimpan foto, video, musik, dokumen, atau jenis file lainnya.

Jadi, meskipun Anda dapat menganggap bahwa kartu SIM secara teknis adalah kartu memori, dalam kehidupan nyata, Anda tidak dapat menggunakannya sebagai kartu memori biasa seperti kartu SD.

Apa sajakah jenis kartu SIM?

Semua kartu SIM melakukan hal yang sama dan memiliki jenis chip yang sama (sirkuit terintegrasi). Namun, kartu SIM dapat memiliki format dan dimensi yang berbeda, sesuai dengan berbagai jenis slot SIM yang terdapat pada ponsel. Ini adalah format kartu SIM yang digunakan saat ini:

Jenis Kartu SIM HP
Jenis Kartu SIM (Sumber: Wikipedia.org)
  • SIM ukuran penuh diperkenalkan pada tahun 1991 dan memiliki panjang 85,6 mm (3,37 inci), lebar 53,98 mm (2,125 inci), dan ketebalan 0,76 mm (0,030 inci).
  • Mini-SIM pertama kali muncul pada tahun 1996 – dimensinya adalah 25 mm (0,98 in) × 15 mm (0,59 in) × 0,76 mm (0,030 in).
  • Micro-SIM diluncurkan pada tahun 2003 dan memiliki panjang 15 mm (0,59 inci), lebar 12 mm (0,47 inci), dan ketebalan 0,76 mm (0,030 inci).
  • Nano-SIM muncul pada tahun 2012 dan sekarang menjadi jenis kartu SIM yang paling umum digunakan. Hal ini karena produsen smartphone lebih memilih dimensinya yang lebih kecil, yang tidak memakan banyak ruang di smartphone yang sudah dijejali sirkuit terintegrasi, kamera, dan lainnya. Nano-SIM memiliki panjang 12,3 mm (0,48 inci), lebar 8,8 mm (0,35 inci), dan ketebalan 0,67 mm (0,026 inci).
  • eSIM adalah jenis kartu SIM khusus yang disebut Embedded-SIM yang diluncurkan pada tahun 2010. eSIM disolder langsung di dalam ponsel, sehingga Anda tidak dapat mengeluarkannya dan memindahkannya ke ponsel lain. Hanya ada beberapa smartphone di luar sana yang mendukung kartu eSIM , biasanya perangkat kelas atas dari Google (Pixel 4 dan 4XL), Apple (iPhone 11, iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max, iPhone XS, XS Max, iPhone XR ), Samsung (Galaxy Fold, S20, S20 +, S20 Ultra, Z Flip).
Ukuran SIM Card
Jenis kartu SIM: ukuran penuh, mini-SIM, micro-SIM, nano-SIM

Bisakah telepon berfungsi tanpa kartu SIM?

Pertanyaan yang sah: Dapatkah Anda menggunakan telepon jika tidak memiliki kartu SIM? Jawabannya adalah ya dan tidak. Jika ponsel Anda bekerja pada jaringan CDMA, ya, Anda dapat menggunakan ponsel Anda tanpa kartu SIM.

Namun begitu, meski anda pada jaringan seperti itu, Anda tetap memerlukan kartu SIM jika ingin terhubung ke 4G LTE karena standar ini memerlukan kartu SIM.

Jika operator seluler Anda menggunakan jaringan GSM, maka harus menggunakan kartu SIM, karena GSM memerlukan kartu SIM apa pun yang terjadi.

Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda dapat menggunakan ponsel atau smartphone untuk hal lain selain melakukan atau menerima panggilan telepon atau pesan teks, jawabannya adalah ya. Anda dapat menggunakan ponsel atau smartphone apa pun untuk bermain, bermain game, atau menjalankan aplikasi di dalamnya, tanpa memiliki kartu SIM.

Apa yang terjadi jika Anda mengeluarkan kartu SIM dan memasukkannya ke telepon lain?

Saat Anda mengeluarkan kartu SIM dari ponsel, kartu tersebut tidak dapat lagi terhubung ke operator seluler Anda. Dengan kata lain, Anda tidak dapat menerima atau melakukan panggilan telepon dengannya, atau mengirim atau menerima pesan SMS. Saat Anda memasukkan kartu SIM ke telepon lain, telepon itu menggunakan SIM untuk mendaftar ke operator seluler Anda.

Kemudian, Anda dapat menggunakan ponsel baru untuk panggilan dan pesan. Selain itu, jika Anda memiliki kontak atau pesan SMS yang disimpan di kartu SIM, pesan tersebut akan tersedia di ponsel baru. Pada saat yang sama, mereka tidak lagi dapat diakses dari yang lama.

Yang penting untuk diingat tentang memindahkan kartu SIM antar telepon adalah bahwa telepon baru tempat Anda memasukkan SIM tidak boleh diblokir untuk menggunakannya.

Beberapa operator seluler menjual ponsel dan ponsel cerdas yang terkunci ke dalam jaringan mereka. Dalam kasus seperti itu, kartu SIM Anda mungkin tidak berfungsi pada ponsel baru sampai Anda membukanya atau istilahnya di unlock.

Untuk membuka kunci ponsel / smartphone, Anda mungkin harus menghubungi perusahaan seluler yang menjualnya kepada Anda, dan prosedur buka kunci mungkin memerlukan sejumlah uang.

Bisakah Anda menggunakan dua kartu SIM di telepon yang sama?

Ya, banyak ponsel cerdas dan bahkan ponsel “bodoh” yang dijual belakangan ini dapat menggunakan dua kartu SIM berbeda secara bersamaan. Perangkat ini disebut telepon Dual SIM, dan mereka dapat menggunakan satu atau kedua kartu SIM yang Anda masukkan di dalamnya untuk memulai atau menerima panggilan telepon.

Jika Anda menginginkan penjelasan mendetail tentang apa itu Dual SIM dan cara kerjanya, baca Dual SIM – Apa itu? Apa arti Dual SIM? Bagaimana cara kerja Dual SIM?

Apakah Anda memiliki pertanyaan lain tentang kartu SIM dan apa fungsinya?

Kami amat berharap dapat memberikan jawaban yang jelas atas pertanyaan Anda tentang kartu SIM. Apakah ada hal lain yang mungkin ingin Anda ketahui tentang kartu SIM atau kegunaannya? Jika ya, atau jika Anda memiliki sesuatu untuk ditambahkan ke artikel kami, silakan tulis komentar di bagian bawah.

Tinggalkan komentar