Cara Melihat Password Wifi Tersimpan Di Android

Cara melihat password Wifi Android. Memang benar Android menawarkan lebih banyak fitur kepada pengguna dibandingkan sistem operasi seluler lainnya.

Namun, pada saat yang sama, Android melewatkan beberapa fitur dasar penting. Misalnya, Android tidak mengizinkan Anda untuk melihat password jaringan WiFi yang tersimpan di perangkat Anda.

Meskipun Google memperkenalkan opsi menampilkan password WiFi di Android 10, akan tetapi versi Android yang lebih lama masih belum memiliki fitur yang berguna ini.

Jadi, untuk melihat kata sandi WiFi yang disimpan pada versi Android yang lebih lama, Anda perlu menggunakan aplikasi penjelajah file atau file explorer pihak ketiga atau bisa juga dengan Android Debug Bridge di PC.

Cara Melihat Password Wifi Tersimpan Di Android

Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa metode terbaik untuk melihat password WiFi tersimpan di Android. Dengan metode ini, Anda dapat dengan mudah memulihkan password WiFi yang hilang. Jadi, mari kita simak.

Cara ini hanya bisa diterapkan pada sistem operasi Android lama, versi Android Marshmallow kebawah.

1. Menggunakan Manajer File atau File Manager

Pertama-tama, Anda perlu menggunakan file explorer yang dapat mengakses folder root. Untuk itu, Anda mungkin perlu melakukan root terlebih dahulu pada perangkat Android Anda.

Namun, jika Anda tidak ingin melakukan root pada perangkat Anda, maka Anda hanya perlu menginstal Manajer File seperti Root Explorer, atau Super Manager untuk melihat password yang disimpan. Inilah yang perlu Anda lakukan.

Langkah 1. Pertama-tama, buka File Explorer yang dapat mengakses folder root. Selanjutnya, buka folder data / misc / wifi.

Langkah 2. Di bawah jalur yang diberikan, Anda akan menemukan file bernama wpa_supplicant.conf.

Mengggunakan File Manager Untuk Melihat Password Wifi Tersimpan Di Android

Langkah 3. Buka file dan pastikan untuk membuka file dalam penampil teks / HTML bawaan untuk tugas tersebut. Pada file tersebut, Anda perlu melihat SSID dan PSK. Ket: SSID adalah nama WiFi dan PSK adalah password.

Melihat Password Wifi Android

Sekarang catat nama jaringan dan password atau kata sandinya. Dengan cara ini, Anda akan dapat melihat semua password atau kata sandi WiFi yang disimpan di perangkat Android.

Catatan: Harap jangan mengedit apa pun di wpa_supplicant.conf, atau Anda akan mengalami masalah konektivitas.

2. Menggunakan ES File Explorer

Nah, ES File Explorer tidak lagi tersedia di Google Play Store karena alasan keamanan. Jadi, Anda perlu melakukan sideload aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga. Hal baiknya adalah ES File Explorer memungkinkan Anda mengakses folder root tanpa memiliki akses root.

Langkah 1. Download dan Instal Aplikasi ES File Explorer di perangkat Android Anda dan buka aplikasinya.

Langkah 2. Sekarang Anda perlu mengaktifkan opsi “Root Explorer” di ES File Explorer.

Es Explorer Root Explorer

Langkah 3. Sekarang Anda perlu pindah ke folder Root di ES File Explorer, dan Anda perlu mencari folder ‘Data’.

Folder Data OS Android

Langkah 4. Sekarang di dalam folder “Data”, Anda perlu mencari folder “Misc”.

Folder Misc Android OS

Langkah 5. Sekarang di bawah folder WiFi, Anda perlu mencari file dengan nama wpa_supplicant.conf. Cukup buka file dengan penampil teks / HTML bawaan ES File Explorer.

wpa_supplicant.conf

Langkah 6. Sekarang Anda dapat melihat semua SSID (nama jaringan) bersama dengan PSK (Kata Sandi) di sebelahnya dan tutup file.

SSID PSK Password Wifi

Itu dia! Anda selesai, ini adalah bagaimana Anda dapat menemukan kata sandi WiFi yang disimpan menggunakan ES file explorer.

Silahkan untuk membaca juga tentang aplikasi Android penguat sinyal Wifi.

3. Menggunakan Wifi Password Recovery (Root)

Wifi Password Recovery adalah alat gratis yang membutuhkan akses root untuk memulihkan kata sandi yang disimpan di ponsel pintar Android Anda. Anda dapat menggunakan alat ini untuk mencadangkan semua kata sandi wifi Anda di perangkat Anda.

Langkah 1. Anda perlu mendownload & menginstal aplikasi Wifi Password Recovery  di smartphone Android Anda yang telah di-root.

Wifi Password Recovery Android

Langkah 2. Setelah Anda menginstalnya, Anda harus memberikan Izin Root dengan klik tombol Grant.

SuperUser Request

Langkah 3. Sekarang Anda dapat melihat semua kata sandi wifi Anda yang tersimpan terdaftar dengan SSI Name and Pass. Jika Anda ingin menyalin kata sandi cukup ketuk pada jaringan dan kemudian pilih “Copy password to clipboard.”

Wifi Password Recovery Backup

Selesai! Ini adalah cara termudah untuk mengetahui kata sandi WiFi yang  tersimpan  di ponsel pintar Android Anda.

4. Menggunakan ADB

Android Debug Bridge (ADB) sama seperti CMD untuk Windows. ADB adalah alat serbaguna yang memungkinkan pengguna mengelola status instance emulator atau perangkat yang diberdayakan Android. Melalui ADB, Anda dapat menjalankan perintah melalui komputer ke perangkat Android Anda untuk melakukan serangkaian tugas. Inilah cara Anda dapat menggunakan perintah ADB untuk melihat Kata Sandi WiFi yang tersimpan di Android.

Step 1. Pertama-tama, download Android SDK Package ke komputer Windows dan kemudian Anda install software itu.

Step 2. Selanjutnya, aktifkan USB Debugging pada perangkat Android Anda dan hubungkan dengan komputer melalui Kabel USB.

Enable USB Debugging Android

Langkah 3. Selanjutnya, buka folder tempat Anda menginstal Alat Platform Android SDK. Sekarang di komputer Anda download & instal driver ADB dari adbdriver.com

Langkah 4. Sekarang dari folder yang sama tahan tombol Shift dan klik kanan di dalam folder. Klik pada ‘Open Command Window Here’.

Open Command Window Here

Langkah 5. Untuk memeriksa apakah ADB berfungsi atau tidak, masukkan perintah ‘adb devices’ (tanpa tanda kutip). Ini akan mencantumkan perangkat yang terhubung.

Langkah 6. Selanjutnya masuk 'adb pull /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf c:/wpa_supplicant.conf'dan tekan Enter.

Perintah ADB Android Windows

Beres sudah, Anda sudah selesai! Sekarang Anda akan menemukan file wpa_supplicant.conf di folder Platform-tools. Anda dapat membuka file di Notepad untuk melihat semua SSID dan password atau kata sandi yang disimpan.

Jangan lupa untuk juga membaca cara mengetahui password Wifi amat mudah bisa diterapkan untuk semua perangkat.

Sekian dari kami untuk hari ini! Dengan empat metode ini, anda dapat dengan mudah melihat semua password WiFi yang disimpan di Android. Saya harap artikel ini membantu Anda! Tolong bagikan juga dengan teman-teman Anda. Jika Anda memiliki keraguan terkait hal ini, beri tahu kami di kotak komentar di bawah.

Tinggalkan komentar