Cara Membuat Recovery Disk Di Windows 10

Cara membuat Recovery Disk di Windows 10 — Anda tidak pernah tahu kapan bencana bisa menyerang, dan instalasi Windows Anda rusak atau terinfeksi virus. Ini jarang terjadi, tetapi itu bisa terjadi. Recovery Disk atau Disk Pemulihan Windows adalah sumber daya yang Anda ingin miliki dalam skenario semacam ini – merupakan cara untuk kembali ke saat semuanya berfungsi.

Disk ini berisi sejumlah alat untuk membantu memecahkan masalah, dan dalam skenario terburuk untuk mengatur ulang Windows ke setelan default. Adalah keputusan bijak untuk memilikinya kalau-kalau Anda membutuhkannya nanti – lebih baik aman daripada menyesal.

Proses ini memerlukan drive penyimpanan eksternal, seperti stik USB, yang setidaknya memiliki kapasitas 16GB. Ini akan dihapus dalam proses, jadi pastikan semua data pada stik USB dicadangkan sebelum memulai.

Dengan kata lain – pastikan stik USB kosong dan siap digunakan.

Cara membuat Recovery Disk di Windows 10

Membuat Disk Pemulihan sebenarnya adalah proses yang cukup sederhana. Setelah stik USB 16GB dicolokkan, buka menu mulai dengan menekan tombol Windows. Ketik “Create a Recovery Disk” dan tekan enter.

Ketik Membuat Recovery Disk Windows 10
Ketik Membuat Recovery Disk Windows 10

Pada titik ini, Anda mungkin mendapati permintaan “User Account Conrol” yang meminta untuk memverifikasi bahwa Anda ingin program ini dapat membuat perubahan pada perangkat Anda. Jangan khawatir, petunjuk ini adalah tindakan pencegahan keamanan umum untuk program yang memerlukan izin administratif. Ini cara komputer memeriksa Anda yakin ingin melakukan ini dan tahu itu terjadi. Klik “Yes” untuk melanjutkan.

Recovery Media Creator User Account Control Di Komputer Windows 10
Recovery Media Creator User Account Control Di Komputer Windows 10

Layar pertama dari proses pembuatan Drive Pemulihan memiliki kotak centang untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin “Back up system files to the recovery drive.” Anda harus membiarkan kotak ini dicentang. Ini menyalin di seluruh file yang diperlukan untuk drive pemulihan untuk dapat menginstal ulang Windows, jika itu terjadi. Klik Next untuk melanjutkan.

Recovery Driver Backup Sysstem File Di Windows 10
Recovery Driver Backup Sysstem File Di Windows 10

Tip: Jika Anda membatalkan pilihan ini, Anda bisa menggunakan stik USB yang hanya 1GB, tetapi Anda hanya akan memiliki alat pemecahan masalah dan tidak akan dapat menggunakannya untuk menginstal ulang Windows jika Anda perlu melakukan reset penuh. Sangat disarankan agar Anda menggunakan opsi lengkap – Anda tidak pernah tahu kapan Anda membutuhkannya!

Program sekarang akan mencari drive yang tersedia. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit. Setelah proses ini selesai, daftar drive yang dapat dilepas atau USB akan ditampilkan.

Pilih drive yang ingin Anda gunakan dan klik Next. Ini sangat membantu jika Anda memberi nama yang berbeda pada drive Anda – sesuatu yang mudah dikenali, seperti ‘USBPemulihanWindows10’ misalnya.

Anda dapat mengganti nama drive di file manager – cukup buka jendela file manager, klik kanan pada drive yang ingin Anda beri nama, pilih opsi rename, dan namai apa saja yang Anda mau!

Pilih Yang Ingin Digunakan
Pilih Yang Ingin Digunakan

Atau anda bisa memberi nama “recovery” saja sudah cukup.

Beri Nama Recovery Drive Windows 10
Beri Nama Recovery Drive Windows 10

Layar terakhir adalah konfirmasi akhir bahwa drive akan dihapus dalam proses. Setelah Anda membuat cadangan file yang ingin Anda simpan, tekan “Create”. Setelah langkah ini, semua yang ada di drive USB sebelumnya akan hilang. Maka pastikan anda telah backup seluruh isi dari USB anda.

Create The Recovery Driver
Create The Recovery Driver

Proses ini dapat memakan waktu untuk diselesaikan, jadi jangan ragu untuk melakukan hal lain selagi Anda menunggu. Setelah proses selesai, bilah progres akan diganti dengan teks “The Recovery Drive Is Ready”. Klik “Finish” untuk menyelesaikan proses.

Recovery Driver Berhasil Dibuat Di Komputer Windows 10
Recovery Driver Berhasil Dibuat Di Komputer Windows 10

Kiat: Ingatlah untuk menyimpan drive pemulihan Anda di tempat yang aman dan mudah diingat sehingga Anda dapat menemukannya lagi, jika Anda tidak membutuhkannya.

Apa yang harus dilakukan ketika masalah terjadi saat membuat drive pemulihan?

Kadang-kadang, pengguna mungkin menemukan bahwa mereka tidak diizinkan untuk membuat disk pemulihan di Windows 10 dan alat bawaan mengatakan, “We can’t create the recovery drive. A problem occurred while creating the recovery drive”. Jangan khawatir tentang hal itu, dan lihat di bawah untuk mendapatkan solusi yang sesuai.

Solusi 1. Periksa drive USB

Jika Windows gagal membuat drive pemulihan dengan kesalahan “We can’t create the recovery drive”, Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah drive USB Anda terhubung dengan baik dan dapat dikenali oleh Windows. Jika bukan itu masalahnya, Anda cukup mengunduh file ISO disk pemulihan Windows 10 dan melakukan burn ke USB flash drive atau CD / DVD.

Jika Anda tidak ingin mengunduh file tidak resmi, maka Anda dapat mencoba solusi berikut.

Solusi 2. Aktifkan Windows Recovery Environment

Kemungkinan penyebab lain dari masalah ini adalah bahwa Windows recovery environment dinonaktifkan. Anda dapat menjalankan perintah reagentc /info di Command Prompt menggunakan peran Admin untuk memeriksanya.

Jika Windows RE dinonaktifkan, Anda dapat mengetik reagentc /enable untuk mengaktifkannya kembali. Setelah itu, Anda dapat boot ke Environment Recovery.

Command Prompt Aktifkan Windows RE Environment Recovery
Command Prompt Aktifkan Windows RE Environment Recovery

Jika ini juga gagal, Anda dapat beralih ke Solusi 3.

Solusi 3. Buat Windows Environment Recovery dengan instalasi file ISO

1. Buat folder bernama WindowsRE di bawah folder Pemulihan drive C :. Folder Recovery disembunyikan secara default. Untuk menunjukkannya, Anda dapat:

  1. Cari “Show Hidden Files” dari kotak pencarian dan pilih hasil teratas.
  2. Di jendela sembulan, klik “Show Settings” di sebelah “Change Settings To Show Hidden And System Files” untuk membuka Opsi File Explorer.
  3. Dari sana, centang opsi Show hidden files, folders, and drives, dan hapus centang pada opsi Hide protected operating system files (Recommended).

Tips: Jika Anda masih tidak melihat folder Recovery, Anda dapat membuatnya di bawah direktori root drive C :.

2. Dari langkah ini ke Langkah 4, Anda akan membuat file Winre.wim. Jika Anda memiliki file yang dicadangkan atau Anda dapat menyalinnya dari komputer Windows 10 lain, Anda dapat langsung beralih ke Langkah 5. Jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengunduh file ISO instalasi dari Microsoft. Kemudian, klik dua kali untuk memasangnya sebagai drive virtual.

3. Di folder Source, cari file Install.wim. Salin jalur lokasi file Install.wim.

4. Dalam Command Prompt yang ditinggikan, gunakan sintaks berikut:

dism /mount-wim /wimfile:[the install.wim file path you just copied] /index:2 /mountdir:[a location path to save the mounted file]

Dalam kasus saya, itu adalah:

dism /mount-wim /wimfile:"F:\windows 10 ISO\sources\install.wim" /index:2 /mountdir:D:\mount_image_file\

5. Dari lokasi yang Anda masukkan pada akhir perintah di atas, cari file Winre.wim dan salin ke C:\Recovery\WindowsRE.

6. Kemudian ketik perintah Reagentc /setreimage /path C:\Recovery\WindowsRE dan tekan Enter. Setelah itu, Anda seharusnya berhasil membuat drive pemulihan di Windows 10.

Berhasil Membuat Recovery Drive
Berhasil Membuat Recovery Drive

Solusi 4. Perbaiki gagal memasukkan file sistem

Jika Anda dapat membuat drive USB perbaikan Windows 10 tanpa menyertakan file sistem, tetapi gagal membuatnya ketika Anda memeriksa opsi “Back up system files to the recovery drive”, maka Anda dapat mencoba yang berikut ini.

1. Salin file install.wim dari file instalasi Windows 10 ke folder di hard drive Anda. Seperti D:\Windows-OS-image.

2. Buka Command Prompt yang ditinggikan, ketik Reagentc /setosimage /path D:\Windows-OS-image /index 1 dan tekan Enter.

Setelah itu, Anda harus dapat memasukkan file sistem pada drive pemulihan, sehingga Anda dapat menggunakan drive pemulihan untuk mengambil kembali Windows 10 tanpa memerlukan apa pun pada hard drive Anda.

Baca juga cara membuat virtual memory di Windows 10.

Kesimpulan

Itu semua untuk cara membuat Recovery Disk di Windows 10. Jika Anda memiliki komputer yang menjalankan versi lain dari sistem Windows selain Windows 10, disarankan untuk menggunakan AOMEI Backupper untuk membuat satu media pemulihan, daripada membuat disk perbaikan Windows 10 untuk Windows 10, dan disk pemulihan Windows 8 lainnya untuk Windows 8.

Kapan pun sistem Anda tidak dapat bisa, AOMEI Backupper dapat membantu Anda memulihkan sistem dari disk tanpa repot.

Jika Anda ingin melindungi komputer tanpa batas di perusahaan Anda, Anda dapat memilih Teknisi Cadangan AOMEI.

Dengan alat AOMEI Image Deploy inbuilt, Anda juga diizinkan untuk menyebarkan / mengembalikan file gambar sistem pada komputer sisi-server ke beberapa komputer sisi-klien melalui jaringan.


Tinggalkan komentar