Cara Membuat Recovery Disk Di Windows 10



Cara membuat Recovery Disk di Windows 10 Anda tidak pernah tahu kapan bencana bisa menyerang, dan instalasi Windows Anda rusak atau terinfeksi virus.

Hal ini jarang terjadi, tetapi itu bisa terjadi. Recovery Disk atau Disk Pemulihan Windows adalah sumber daya yang Anda ingin miliki dalam skenario semacam ini – merupakan cara untuk kembali ke saat semuanya berfungsi.

Disk ini berisi sejumlah alat untuk membantu memecahkan masalah, dan dalam skenario terburuk untuk mengatur ulang Windows ke setelan default. Adalah keputusan bijak untuk memilikinya kalau-kalau Anda membutuhkannya nanti – lebih baik aman daripada menyesal.

Proses ini memerlukan drive penyimpanan eksternal, seperti stik USB, yang setidaknya memiliki kapasitas 16GB. Ini akan dihapus dalam proses, jadi pastikan semua data pada stik USB dicadangkan sebelum memulai.

Dengan kata lain – pastikan stik USB kosong dan siap digunakan.

Cara membuat Recovery Disk di Windows 10

Membuat Disk Pemulihan sebenarnya adalah proses yang cukup sederhana. Setelah stik USB 16GB dicolokkan, buka menu mulai dengan menekan tombol Windows. Ketik “Create a Recovery Disk” dan tekan enter.

Ketik Membuat Recovery Disk Windows 10
Ketik Membuat Recovery Disk Windows 10

Pada titik ini, Anda mungkin mendapati permintaan “User Account Conrol” yang meminta untuk memverifikasi bahwa Anda ingin program ini dapat membuat perubahan pada perangkat Anda.

Jangan khawatir, petunjuk ini adalah tindakan pencegahan keamanan umum untuk program yang memerlukan izin administratif. Ini cara komputer memeriksa Anda yakin ingin melakukan ini dan tahu itu terjadi. Klik “Yes” untuk melanjutkan.

Recovery Media Creator User Account Control Di Komputer Windows 10
Recovery Media Creator User Account Control Di Komputer Windows 10

Layar pertama dari proses pembuatan Drive Pemulihan memiliki kotak centang untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin “Back up system files to the recovery drive.”

Anda harus membiarkan kotak ini dicentang. Ini menyalin di seluruh file yang diperlukan untuk drive pemulihan untuk dapat menginstal ulang Windows, jika itu terjadi. Klik Next untuk melanjutkan.

Recovery Driver Backup Sysstem File Di Windows 10
Recovery Driver Backup Sysstem File Di Windows 10

Tip: Jika Anda membatalkan pilihan ini, Anda bisa menggunakan stik USB yang hanya 1GB, tetapi Anda hanya akan memiliki alat pemecahan masalah dan tidak akan dapat menggunakannya untuk menginstal ulang Windows jika Anda perlu melakukan reset penuh. Sangat disarankan agar Anda menggunakan opsi lengkap – Anda tidak pernah tahu kapan Anda membutuhkannya!

Program sekarang akan mencari drive yang tersedia. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit. Setelah proses ini selesai, daftar drive yang dapat dilepas atau USB akan ditampilkan.

Pilih drive yang ingin Anda gunakan dan klik Next. Ini sangat membantu jika Anda memberi nama yang berbeda pada drive Anda – sesuatu yang mudah dikenali, seperti ‘Windows10Recovery USB’ misalnya.

Anda dapat mengganti nama drive di file manager – cukup buka jendela file manager, klik kanan pada drive yang ingin Anda beri nama, pilih opsi rename, dan namai apa saja yang Anda mau!


Bagikan
Rekomendasi Untuk Anda

Nagib adalah penulis teknologi lepas di blog Dubidam.id yang aktif membagikan tutorial seputar perangkat pintar berbasis komputer, seperti PC, smartphone dan juga perangkat keras dan lunak untuk membantu pengguna produk teknologi itu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca halaman Tentang Blog. Silahkan juga bergabung di kanal Youtube dan halaman Facebook dari Dubidam.ID.

Tinggalkan komentar