Memperbaiki Aplikasi Tidak Terbuka Di iPhone Atau iPad

Memperbaiki aplikasi iPhone dan iPad tidak terbuka. Seperti perangkat lain, iPhone juga dapat mengalami masalah dan mencegah Anda menggunakan Aplikasi. Anda akan menemukan solusi cara memperbaiki aplikasi iPhone dan iPad tidak terbuka, dan tentu saja solusi yang lengkap dengan gambar tutorial.

Tujuan saya bagikan solusi ini karena pastinya kondisi tidak bisa membuka aplikasi di iPhone dan iPad sangat menjengkelkan karenanya saya berinisiatif untuk membantu rekan semua.

 

Cara Memperbaiki Aplikasi Tidak Terbuka Di iPhone Dan iPad

Jika Anda mengalami masalah dengan Aplikasi di iPhone dan pula iPad, Anda mungkin mendapati ketika membuka aplikasi, si aplikasi terbuka namun hanya sebentar kemudian menutup kembali. atau hanya mendapati layar kosong (blank) atau juga sama sekali tidak membuka atau merespons.

Penyebab aplikasi iPhone dan iPad tidak terbuka mungkin karena sejumlah alasan. Mungkin aplikasi tidak berfungsi di iPhone, karena ada gangguan perangkat lunak kecil hingga kerusakan atau kerusakan pada file Aplikasi dan sistem Operasi di perangkat Anda.

Anda harus dapat memperbaiki masalah Aplikasi yang tidak berfungsi atau tidak terbuka di iPhone dan iPad menggunakan langkah pemecahan masalah berikut.

Mari ikuti langkah-langkah solusinya kawan.

1. Mulai ulang iPhone / restart iPhone

Buka Settings (Pengaturan) > General (Umum) > gulir ke bawah dan ketuk Shutdown (Matikan).

 

Shutdown iOS iPhone iPad

2. Tunggu selama 30 detik dan restart atau mulai ulang perangkat Anda dengan menekan tombol Power.

2. Aktifkan Data Seluler

Jika Anda mencoba menggunakan Aplikasi menggunakan paket data internet atau jaringan Seluler, pastikan Aplikasi yang ingin Anda buka memiliki izin untuk menggunakan data seluler di iPhone Anda.

Buka Settings (Pengaturan) > Cellular (Seluler) > pastikan sakelar di sebelah Aplikasi Bermasalah diatur ke posisi On atau AKTIF.

 

Cara Memperbaiki Aplikasi iPhone iPad Tidak Terbuka

Sekarang, Anda tentu dapat membuka dan menggunakan Aplikasi di Jaringan Seluler.

3. Perbarui Aplikasi / Update Aplikasi

Buka App Store di iPhone Anda dan ketuk Ikon Akun Anda .

 

Apps iOS iPhone iPad

Di layar berikutnya, ketuk tombol Update (Perbarui), yang terletak di sebelah Aplikasi.

Update Aplikasi iPhone iPad

Kini Anda hanya perlu menunggu dengan sabar proses Pembaruan untuk diinstal pada iPhone Anda.

4. Periksa Batasan Waktu Layar

Jika Anda menggunakan Durasi Layar atau Screen Time, mungkin Anda telah mengatur dan menetapkan batas waktu untuk Aplikasi yang tidak terbuka.

Buka Settings (Pengaturan) > Screen Time (Durasi Layar) > App Limits (Batas Aplikasi) > ketuk Aplikasi Bermasalah. Misalnya yang bermasalah WhatsApp, maka ketuk pada aplikasi chat itu.

WhatsApp iOS iPhone iPad

 

Di layar berikutnya, nonaktifkan App Limit (Batas Aplikasi) untuk Aplikasi dengan memindahkan sakelar ke posisi OFF  / non-aktif.

 

App Limit iPhone iPad

Catatan: Pada layar yang sama, Anda dapat menemukan opsi untuk mengubah atau menonaktifkan Batas Waktu untuk Aplikasi.

5. Hapus & Instal Ulang Aplikasi

Dari layar Beranda, ketuk dan tahan Aplikasi yang tidak berfungsi dan pilih opsi Delete App (Hapus Aplikasi). Misalkan yang bermasalah WhatsApp, maka ketuk dan tahan lalu pilih Delete App pada aplikasi itu.

Delete App iPhone iPad

 

Setelah Aplikasi dihapus, buka App store dan Instal ulang aplikasi di perangkat Anda.

6. Atur Ulang Semua Pengaturan / Reset All Settings

Catat Kata Sandi untuk Jaringan WiFi Anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk Reset All Settings (Setel Ulang Semua Pengaturan) di iPhone Anda.

Buka Settings (Pengaturan) > General (Umum) > Reset (Atur Ulang) > gulir ke bawah dan ketuk  opsi Reset All Settings (Atur Ulang Semua Pengaturan).

Reset All Settings iPhone
Reset All Settings iPhone

 

Pada pop-up Konfirmasi, ketuk Reset (Atur Ulang) ke Konfirmasi.

Setelah proses Reset selesai, bergabung kembali dengan Jaringan WiFi dengan memasukkan Kata Sandi untuk Jaringan WiFi Anda.

7. Mulai Ulang iPhone secara paksa

Proses iPhone memulai ulang secara paksa ditentukan oleh Apple dan bervariasi, tergantung pada model perangkat Anda.

iPhone 8 dan di atasnya: Tekan dan lepaskan Volume Up > Volume Down > lalu tekan dan tahan tombol Samping (ON/OFF), hingga logo Apple muncul.

iPhone 7/7 Plus: Tekan dan tahan tombol Volume Down + Power (ON/OFF), hingga Anda melihat logo Apple .

iPhone 6 dan di bawahnya: Tekan dan tahan tombol Home + Power (ON/OFF), hingga Anda melihat iPhone dimulai dengan logo Apple .

8. Atur Ulang & Pulihkan iPhone

Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, masalahnya mungkin karena File Sistem Operasi yang rusak atau rusak di iPhone Anda.

Untuk memperbaikinya, unduh cadangan iPhone ke komputer dan Pulihkan iPhone menggunakan Cadangan yang Anda unduh ke komputer Anda.

Gagasan di balik metode ini adalah untuk menghapus file yang rusak atau rusak dari iPhone Anda, instal ulang versi terbaru iOS dan Pulihkan data kembali di perangkat Anda menggunakan Cadangan iPhone Anda.

Dan langkah ke 8 ini tergolong ekstrem namun tingkat keberhasilannya juga tinggi, namun yang pasti sebelum menerapkan langkah ke-8 Anda sudah melakukan backup file iPhone, iPad dan iPod Touch Anda terlebih dulu.

Itulah kawan semua seluruh 8 solusi untuk memperbaiki jikalau aplikasi di iPhone dan iPad Anda tidak terbuka. Semoga cara dan langkah di atas berhasil mengatasi masalah aplikasi tidak terbuka di iOS iPhone dan iPad Anda.

Terkait

Tinggalkan komentar