Tersambung WiFi Tapi No Internet? Ini 8 Solusi Untuk Memperbaikinya

8 solusi memperbaiki tersambung Wifi tapi No Internet — Pernahkah Anda mengalami situasi di mana Anda berhasil terhubung ke jaringan WiFi tetapi tidak memiliki akses ke internet atau no internet di browser anda?

Ini adalah masalah umum di web yang terjadi pada pengguna komputer Windows di seluruh dunia. Dan untuk sementara ini belum ada solusi tunggal untuk mengatasi masalah Wifi ini.

Ada beberapa perbaikan yang terbukti telah mampu dalam menyelesaikan masalah WiFi yang terhubung internet tetapi no internet atau tidak ada koneksi internet.

Perlu dicatat bahwa masalah ini dapat disebabkan oleh hardware / router dan software / perangkat Anda, jadi yang terbaik adalah menerapkan solusi untuk keduanya.

Panduan langkah demi langkah ini terdiri dari 8 solusi populer untuk membantu Anda memperbaiki masalah tersambung Wifi tapi no internet.

>>> Terkait: Baca juga solusi mengatasi No Wifi Networks found di Windows 10.

Bagaimana cara memperbaiki masalah tersambung WiFi tetapi no Internet

Sebelum Anda mulai mencoba perbaikan berikut, periksa apakah perangkat lain yang tersambung ke jaringan yang sama memiliki akses ke Internet .

  • Jika IYA, artinya perangkat lain dapat mengakses Internet, maka silakan mulai dengan Solusi #2 dan terus telusuri menurun daftar hingga Anda menemukan solusi berhasil untuk Anda.
  • Jika TIDAK, perangkat lain juga tidak dapat mengakses Internet, maka kemungkinan kesalahan terletak pada router Anda. Anda dapat restart router Anda untuk pemecahan masalah dasar atau berkonsultasi dengan penyedia layanan Internet Anda untuk bantuan tambahan. Tetapi tetap saja saya rekomendasikan untuk mencoba satu-persatu dari 8 solusi yang saya rekomendasikan di halaman ini.

Tidak ada salahnya anda melakukan ping terlebih dahulu, maka silahkan ikuti cara ping Google untuk mengetahui konektivitas internet anda.

Solusi #1: Jalankan Troubleshooter / Pemecah Masalah Windows

Ketika anda harus memperbaiki masalah umum pada komputer ,milik Anda, selalu menjadi ide yang baik untuk menggunakan program Windows Troubleshooter bawaan sebagai awal langkah perbaikan anda.

Ini juga berfungsi untuk WiFi yang tersambung tetapi tidak ada koneksi internet. Dan Anda dapat mengakses Troubleshooter dengan mengklik kanan ikon WiFi yang ditemukan di bilah tugas dan memilih opsi ‘Troubleshooter’.

Meskipun biasanya fitur ini tidak selalu dapat memperbaiki masalah, namun masih dapat membantu kami mengidentifikasi apa masalah yang sebenarnya.

Troubleshoot Problems
Troubleshoot Problems

Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mencoba menerapkan beberapa perbaikan di bawah ini. Metode ini seringkali terbukti berhasil menurut laporan sejumlah pengguna di seluruh dunia.

Solusi #2: Ubah alamat server DNS Anda

Jika Anda secara tidak sengaja mengonfigurasi pengaturan server DNS dengan cara yang salah, hal itu dapat menyebabkan masalah no Internet.

Jadi, Anda harus memastikan memiliki pengaturan server DNS yang tepat untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah.

Inilah cara melakukannya:

  1. Pada keyboard Anda, tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan, lalu ketik control /name Microsoft.NetworkAndSharingCenter dan tekan Enter.
Ketik Control Name Microsoft Network And Sharing Center
Ketik Control Name Microsoft Network And Sharing Center
  1. Klik Change adapter settings.
  2. Klik kanan pada Wi-Fi dan klik Properties.
WiFi Properties
WiFi Properties
  1. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan kemudian klik Properties.
Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4)
Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4)
  1. Klik Use The Following DNS Server Address:
    • Untuk Preferred DNS Server, masukkan 8.8.8.8,
    • untuk Alternate DNS Server , masukkan 8.8.4.4.
  1. Klik OK.
Gunakan DNS Publik
Gunakan DNS Publik
  1. Periksa untuk melihat apakah komputer Anda dapat tersambung ke Internet. Jika ya, baguslah! Jika masih berstatus no Internet, silakan beralih ke panduan di bawah ini.

Solusi #3: Flush DNS Anda

Flush cache DNS, seperti yang dilaporkan banyak pengguna, merupakan cara lain untuk mengatasi masalah “tersambung Wi-Fi namun tidak ada koneksi internet di komputer Windows”.

Begini caranya:

  1. Pada keyboard Anda, tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan, lalu ketik cmd dan tekan Enter.
  2. Ketik perintah berikut dan tekan Enter setelah masing-masing perintah berikut:
ipconfig /flushdns 
ipconfig /release 
ipconfig /renew
Flush DNS
Flush DNS
  1. Tutup CMD.
  2. Kini periksa untuk melihat apakah Anda dapat mengakses Internet di komputer Anda sekarang atau tidak. Jika ya, maka selamat! Jika masalah berlanjut, coba Solusi 4, di bawah ini.

Solusi #4: Nonaktifkan Fast Startup

Fast Startup adalah fitur di Windows 10 yang membantu komputer kita restart lebih cepat. Tapi fitur ini juga dapat mengganggu proses shutdown & restart, karenanya munculah masalah “tersambung ke Wifi tetapi tidak ada koneksi Internet”.

Berikut cara menonaktifkan Fast Startup :

  1. Pada keyboard Anda, tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan, lalu copy & paste powercfg.cpl ke dalam kotak dan klik OK.
powercfg
powercfg
  1. Klik Choose What The Power Button Do.
Memperbaiki No Internet Di Windows 10
Memperbaiki No Internet Di Windows 10
  1. Klik Change Settings That Are Currently Unavailable.
Mengatasi Terhubung WiFi No Internet
Mengatasi Tersambung WiFi No Internet
  1. Pastikan kotak sebelum Turn on fast startup (Recommended) tidak dicentang, lalu klik Save Changes dan tutup jendela.
Menonaktifkan Fast Startup
Menonaktifkan Fast Startup
  1. Nyalakan kembali komputer Anda dan periksa apakah Anda memiliki akses Internet sekarang ini. Jika ya, berarti Anda sudah memecahkan masalah no internet ini! Jika tidak, dan masih belum ada koneksi Internet di komputer Anda, silakan coba Solusi 5, di bawah ini.

Tinggalkan komentar