Memperbaiki Tidak Bisa Simpan File Microsoft Word

Microsoft Word adalah alat pengolah kata yang hebat dan telah menjadi standar industri selama bertahun-tahun tanpa wawasan pesaing yang nyata.

Terlepas dari popularitasnya, kami baru-baru ini menerima keluhan dari pengguna yang mendapatkan pesan ” Word Tidak Dapat Menyelesaikan Penyimpanan karena Kesalahan Izin File ” di komputer mereka.

Atau karena hal lainnya sehingga file tidak bisa disimpan di Microsoft Word.

Jika Anda juga mendapatkan masalah ini dan sedang mencari perbaikan, solusi, atau solusi untuk ini, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Kami telah menyusun panduan ini dengan cermat untuk membantu Anda menghapus kesalahan ini dari komputer Anda sepenuhnya. Pastikan untuk mengikuti setiap solusi dengan hati-hati dan periksa mana yang memperbaiki kesalahan ini di komputer Anda.

Sebelum kamu memulai:

  1. Banyak pengguna telah melaporkan bahwa mereka mengalami kesalahan ini karena lokasi tempat mereka mencoba untuk menyimpan dokumen, lebih dari ” 180 karakter” . Karenanya, coba ubah lokasi untuk menyimpan dokumen Anda sebelum melanjutkan lebih jauh.
  2. Jika Anda menggunakan “Egnyte Connect drive” di komputer Anda, coba hapus dan setelah beberapa menit, hubungkan kembali dengan PC Anda.
  3. Kami juga menyarankan Anda untuk Keluar dari akun MS Office Anda dan masuk kembali untuk memeriksa apakah kesalahan masih terjadi.
  4. Jika tidak ada yang membantu, Anda dapat menyalin teks dokumen Anda dan menempelkannya ke file Word yang baru dibuat. Jika Anda juga mengalami kesalahan yang sama pada file baru, kemungkinan besar salah satu solusi utama yang diindeks di bawah ini pasti akan menghapus kesalahan ini dari komputer Anda.

Cara memperbaiki tidak bisa simpan file Microsoft Word

Silahkan coba salah satu atau semua solusi berikut untuk memperbaiki masalah tidak bisa menyimpan file dokumen di Microsoft Word di PC / laptop milik Anda.

1. Mengubah Permission Folder

Merubah Permission Folder Komputer
Merubah Permission Folder Komputer

Salah satu alasan yang menyebabkan file dokumen Word tidak dapat disimpan adalah karena folder untuk menyimpan si file tidak memberikan hak akses. Oleh karenanya, anda harus melakukan perubahan pada izin atau permission dari si folder agar bisa digunakan untuk menyimpan file.

Langkah-langkah merubah izin folder agar bisa menyimpan file Microsoft.

  1. Buka Windows Explorer di komputer atau laptop Anda.
  2. Selanjutnya, cari folder yang ingin anda gunakan sebagai tempat menyimpan file Word.
  3. Kemudian klik-kanan pada folder tersebut.
  4. Setelah klik kanan di box yang muncul Anda pilih Properties.
  5. Selanjutnya klik pada tab Security.
  6. Dan klik pada tombol opsi Edit.
  7. Selanjutnya klik, pada kotak Full Control.
  8. Selanjutnya klik tombol Apply kemudian Ok.

Pada langkah lima, untuk memilih user di Group atau Usernames, merupakan user yang ada di komputer Anda. Maka berikan akses full control / kendali penuh bagi user yang Anda pakai.

2. Simpan di folder lain, atau bahkan di drive lain (Mis, drive: D atau E)

Simpan Dokumen Di Drive Lain PC
Simpan Dokumen Di Drive Lain PC

Seperti kita ketahui bersama bahwa drive C adalah drive inti karena file sistem dan file utama lainnya disimpan disini, oleh karenanya hak administrator sering diperlukan untuk mengaksesnya.

Oleh karenanya jikalau anda ingin lebih gampang proses simpan-menyimpan file maka gunakan drive lainnya  seperti drive D atau E yang tersedia di komputer Anda.

Hal itu dikarenakan drive D dan E tidak mengharuskan akses administrator, oleh karenanya Anda bebas menyimpan dokumen, hingga menghapusnya bahkan memindahkannya.

Atau alternatif lainnya maka Anda bisa pula menyimpan dokumen di penyimpanan eksternal seperti USB flashdisk dan harddrive.

Baca juga:

3. Simpan di Cloud

Ini adalah langkah ketiga apabila masih gagal juga menyimpan dokumen Microsoft Word di drive selain C, kita bisa gunakan layanan pihak ketiga yakni dengan Cloud.

Kita bisa menyimpan dokumen Word yang kita buat secara online menggunakan Cloud, dengan bantuan Microsoft Word ini.

Dan solusinya amatlah efektif terutama jikalau kita tidak bisa menyimpan file Word di laptop atau komputer. Dan Cloud juga menawarkan kemudahan dan keamanan dari pencurian konten juga virus.

Adapun langkah menyimpan file di cloud apabila tidak bisa menyimpan file Word adalah sebagai berikut:

  1. Buka peramban Anda, atau web browser.
  2. Kini buka situs Microsoft Word Online.
  3. Nah lakukan login menggunakan akun Microsoft Anda. Anda bisa mendaftar akun Microsoft jika belum pernah melakukannya sebelumnya.
  4. Setelah login, kemudian Anda akan diarahkan ke halaman Word online tanda +.
  5. Selanjutnya klik New Blank Document, untuk membuat dokumen baru.
  6. Setelah halaman kosong terbuka, maka copy Word yang  Ada di PC Anda kemudian paste ke dokumen kosong di Microsoft Word online.
  7. Selanjutnya untuk menyimpan, maka klik pada menu File -> Save As  (Simpan Sebagai) -> Download Copy (Unduh Salinan).

4. Install Ulang Microsoft Word

Ini adalah langkah keempat, yang saya harap tidak perlu Anda tempuh, namun jika memang terpaksa, maka lakukan instal ulang pada Microsoft Word Anda.

Karena bisa jadi Word yang ada di komputer Anda bermasalah, atau ada file yang korup / rusak, sehingga memang solusi yang ada adalah harus melakukan instal ulang.

Nah disini Anda saya berikan sejumlah pilihan, apakah ingin langsung menginstal Wordnya, atau mungkin seluruh paket Microsoft Office. Apapun pilihan Anda, masalah tidak bisa menyimpan dokumen Word akan teratasi.

Anda bebas mau memilih yang mana, apakah hanya ingin download Word, atau ingin download Microsoft Office 2019, 365 dan atau 2016. Terserah Anda. Saya harapkan menjadi solusi.

Apa Penyebab Masalah ‘Word Tidak Dapat Menyelesaikan Penyimpanan karena Kesalahan Izin File’ dengan Microsoft Word?

Setelah mendapatkan permintaan dari pengguna, kami mengambil sendiri untuk meneliti solusi untuk masalah yang mengganggu ini, tetapi sebelum kami melanjutkan untuk menerapkan perbaikan, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang sebenarnya menyebabkannya di komputer Anda.

  • Masalah Penamaan: Saat menyimpan dokumen, Microsoft Word cenderung meminta Anda untuk memasukkan nama file untuk menyimpannya. Namun, jika Anda memasukkan nama file yang telah diambil atau jika Anda memasukkan nama file yang tidak benar atau tidak diperbolehkan, Anda mungkin mendapatkan Word Tidak Dapat Menyelesaikan Penyimpanan karenaKesalahan Izin File.
  • Masalah Format: Penting juga bagi Anda untuk memilih format yang benar yang sesuai dengan konten File agar dapat menyimpannya dengan benar. Namun, jika Anda belum melakukannya dan telah memilih format yang salah atau jika format yang Anda pilih tidak didukung dengan benar oleh sistem operasi, perangkat keras, atau Word Anda, kesalahan ini akan ditampilkan.
  • Add-In: Microsoft Word memiliki fitur di mana Anda dapat menambahkan ‘Add-In’ tertentu ke dalamnya untuk meningkatkan fungsionalitas. Namun, sangat mungkin bahwa Anda menggunakan add-in yang dikonfigurasi yang mencegah File Anda disimpan.
  • Kepemilikan File: File juga tidak akan disimpan di Microsoft Word jika Anda belum memperoleh kepemilikan penuh darinya, pada dasarnya, ini hanya terjadi ketika Anda membuat perubahan pada file yang ada di komputer Anda dan kepemilikan file itu milik orang lain. pengguna.
  • Kapitalisasi Otomatis: Fitur Kapitalisasi Otomatis juga telah diketahui merusak fitur penyimpanan di Word dan dalam beberapa kasus, mungkin penyebab di balik kesalahan ini juga. Oleh karena itu, Anda dapat mematikan fitur ini untuk memperbaiki Kata Tidak Dapat Menyelesaikan Penyimpanan karena Kesalahan Izin File.
  • Sistem Operasi yang Kedaluwarsa: Sistem Operasi yang diinstal di komputer sebenarnya mengatur semua aplikasi dan driver yang berjalan di komputer. Oleh karena itu, Anda harus terus memperbaruinya secara berdampingan dengan aplikasi Anda agar tetap berfungsi dengan benar. Karenanya, pastikan OS diperbarui ke versi terbaru untuk menghilangkan kesalahan ini pada PC Anda.

Itulah seluruh solusi yang bisa Anda terapkan untuk memperbaiki masalah tidak bisa menyimpan file di Microsoft Word, jika ada pertanyaan atau umpan balik silahkan utarakan di area komentar, sampai jumpa lagi di posting-posting seputar teknologi berikutnya dari Dubidam.ID.

Terkait

Trending di Office

Tinggalkan komentar