7 Cara Memperbesar Partisi PC Windows Tanpa Menghapus Apa Pun

ADVERTISEMENT

Ketika peringatan “low disk / disk rendah” mulai muncul di komputer Anda, itu hanya bisa berarti satu hal: Anda sangat kekurangan ruang disk. Anda harus menghapus sesuatu untuk mengosongkan ruang, tetapi Anda tidak dapat menghapus perangkat lunak, file, atau folder apa pun.

Bahkan, Anda tidak bisa menyingkirkan apa pun! Hanya ada satu hal yang dapat Anda lakukan: memperluas ruang saat ini yang Anda miliki untuk memuat semuanya. Tetapi bagaimana Anda memperluas penyimpanan PC Anda?

Mari kita lihat beberapa cara Anda dapat lakukan untuk memperbesar ukuran penyimpanan PC Anda.

Silahkan ikuti 7 langkah berikut ini untuk memperbesar ruang penyimpanan komputer Windows.

7 Cara Memperbesar Ruang Penyimpanan / Partisi Windows

Berikut adalah 7 cara yang bisa Anda lakukan jika sekarang ini Anda mengalami masalah kekurangan disk di komputer Windows, semoga bermanfaat.

1. Perbesar Partisi Hard Drive Anda

Sebelum menghabiskan uang Anda untuk perangkat keras dan hard drive baru, ada baiknya mengunjungi hard drive dan partisi yang ingin Anda perluas untuk melihat apakah Anda dapat membuat lebih banyak ruang untuk itu.

ADVERTISEMENT

Pertama, mari kita pergi ke manajemen disk Windows. Cukup ketik “Disk Management” ke dalam pencarian menu Start dan klik “Create and format hard-disk partitions.”

Di jendela baru, periksa “File System” untuk partisi hard drive yang ingin Anda perbesar.

Disk Management
Disk Management

Jika itu NTFS, dan jika Anda memiliki partisi ruang “Unallocated” atau artinya “tidak terisi”, maka Anda dapat memperluas partisi hard drive Anda. Anda bahkan dapat menggunakan ruang yang tidak terisi (Unallocated) dari beberapa hard drive di PC Anda ke hard drive pilihan Anda.

Jika Anda memiliki ruang yang tidak terisi, klik kanan partisi yang ingin Anda perluas dan klik “Extend Volume.”

Disk Management Extend Volume
Disk Management Extend Volume

Di jendela berikutnya, pilih volume yang ingin Anda perpanjang, “add” ke partisi yang Anda pilih, lalu klik Next atau berikutnya dan ikuti instruksi.

Extend Volume Wizard Disks
Extend Volume Wizard Disks

Baca juga Cara Memperbesar Drive C Di Windows 10 / 7 / 8

2. Stik USB

Ruang Penyimpanan Khas: 8 – 128GB

Stik USB
Stik USB

Stik USB adalah salah satu cara yang lebih tepercaya untuk menyimpan item dari komputer. Cukup colok satu ke port USB, buka di komputer Anda, lalu seret file ke stik itu sendiri. Mudah dibawa, menyimpan cukup banyak data, dan dapat dicolokkan ke komputer mana pun dengan port USB (yang paling banyak!).

3. Kartu SD / SD Card

Ruang Penyimpanan Khas: 2 – 128GB

Kartu SD SD Card
Kartu SD SD Card

Kartu SD mirip dengan stik USB, tetapi ada satu masalah, yakni apakah Anda dapat memasukan SD Card atau kartu SD ke PC atau tidak. Tidak seperti drive USB, slot kartu SD bukanlah jaminan dapat dimasukan pada kebanyakan mesin.

Biasanya hanya laptop yang dapat digunakan untuk memasukan SD Card daripada PC. Dengan demikian, jika Anda menggunakan kartu SD murni pada satu perangkat, itu akan berfungsi dengan baik. Memindahkan data ke komputer lain, namun begitu, mungkin rumit.

4. Hard Disk USB

Ruang Penyimpanan Khas: 1 – 4TB

Hard Disk USB Windows
Hard Disk USB Windows

Tahukah Anda bahwa Anda dapat mencolokkan hard drive kedua melalui port USB? Anda harus menggunakan penutup hard disk, tetapi ini jelas merupakan salah satu cara termudah untuk memperluas penyimpanan Anda dalam jumlah besar.

Hard drive USB adalah pilihan fantastis untuk menyimpan file media dan game. Lebih baik lagi, Anda dapat membawanya dan menghubungkannya ke PC lain untuk mengekspor data.

Baca juga 4 Cara Memperbaiki Port USB Komputer Yang Tidak Membaca Flashdisk

5. Layanan Penyimpanan Cloud

Ruang Penyimpanan Khas: 2 – 1TB

Layanan Penyimpanan Cloud Windows
Layanan Penyimpanan Cloud Windows

Semuanya bergerak menuju cloud akhir-akhir ini, dan data Anda dapat disimpan disini! Ada banyak server penyimpanan cloud yang berbeda di luar sana, tetapi yang populer adalah Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan pCloud juga merupakan opsi solid yang bagus.

Sangat mudah untuk mulai menggunakan penyimpanan cloud – buat akun, lalu unggah file Anda ke cloud online. Anda kemudian dapat menghapus file dari hard drive Anda dan memberikan ruang tanpa kehilangan file Anda sepenuhnya. Bahkan, mereka dapat diakses di semua perangkat Anda yang dapat mengakses cloud! Jika Anda memiliki data rahasia, ada penyimpanan cloud, seperti pCloud, yang menyediakan enkripsi ekstra untuk mencegah orang lain mengakses data Anda.

Baca juga Cara Memperbaiki Dan Menghapus Software Di Windows 10

6. Hard Drive Sekunder / Solid State Drive

Ruang Penyimpanan Umum: 1 – 4TB (HDD), 128 – 512GB (SSD)

Jika Anda memiliki ruang kosong di motherboard Anda, Anda dapat melupakan keharusan mentransfer data dan hanya mendapatkan drive kedua untuk menyimpan barang-barang. HDD kedua dapat bertindak sebagai drive “mule”, menyimpan file besar seperti film dan rekaman.

Membuat SSD bekerja bersama-sama dengan HDD juga berfungsi dengan baik: cukup masukkan semua perangkat lunak yang ingin Anda muat dengan cepat ke SSD dan nikmati waktu pemuatan yang lebih cepat.

Baca juga Cara Masuk Safe Mode Windows 10

7. Hard Drive Wi-Fi / Network-Attached Storage

Ruang Penyimpanan Khas: 1 – 4TB

Hard drive USB memang bagus, tetapi terkadang Anda ingin agar port USB tersebut tetap bebas. Hard drive Wi-Fi, dan terkadang penyimpanan yang terpasang ke jaringan (NAS) sering dipasarkan sebagai “cloud rumah” dan terhubung ke perangkat lain melalui koneksi Wi-Fi.

Cara ini memiliki bonus tambahan karena dapat diakses oleh semua orang yang terhubung ke router, artinya Anda dapat mengaturnya untuk keluarga atau tempat kerja Anda. Beberapa layanan bahkan memungkinkan Anda untuk mengakses hard drive melalui antarmuka web!

Membuat Ruang

Jika Anda tidak dapat menghapus file Anda untuk mendapat ruang, jangan khawatir! Ada banyak cara Anda dapat membuat ruang ekstra dan memperluas penyimpanan PC Anda, tergantung pada apa yang Anda coba simpan.

Leave a Comment