Cara Menghidupkan Handphone Jika Tombol Power Rusak

Cara menghidupkan handphone tanpa tombol Power. Banyak alasan yang dapat menyebabkan tombol power di handphone menjadi rusak, penyebab terjadi tombol rusak biasanya karena: penggunaan yang kasar, handphone jatuh, usia tua, kualitas material, kegagalan material, atau hanya karena sedang sial saja.

Jika begitu, anda dihadapkan dengan situasi sulit yakni memiliki handphone dengan tombol Power rusak,  maka saat ingin mengaktifkan handphone tanpa tombol power, menjadi hal yang menantang. Dalam panduan ini, kita akan mengungkap cara mengaktifkan atau megnhidupkan ponsel Android bahkan dengan tombol power rusak,

Cara menghidupkan handphone jika tombol power rusak atau tanpa tombol power

Situasi paling menyedihkan yang mungkin harus kita hadapi ketika tombol power di ponsel kita tidak berfungsi, adalah jika baterai ponsel habis dan perangkat mati, sehingga kita tidak dapat menghidupkannya.

Pilihan yang kita punya untuk menghidupkan telepon sangat sedikit, dan semua pilihan yang ada sama-sama sulit. Meski begitu, tidak perlu stres. Ada beberapa solusi, dan kami akan menyajikannya kepada Anda di artikel ini.

Karena saya orang yang suka berbagi dan mengerti keadaan yang anda tengah hadapi, karenanya tentu saya juga ingin berbagi solusi menghadapi situasi tombol power handphone rusak ini, dengan harapan sederet solusi saya tawarkan membantu anda.

Okelah tanpa basa-basi lebih lanjut anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah menghidupkan handphone jika tombol power rusak.

Cara pertama gunakan charger

Isi Daya Samsung Menghidupan Handphone Tombol Power Rusak
Isi Daya Samsung Menghidupan Handphone Tombol Power Rusak

Charger memang memiliki manfaat besar yakni sebagai “pengisi ulang” daya handphone kita, tanpa charger maka tidak ada “nyawa” tambahan bagi handphone kita jika baterai habis.

Selain berguna menambahkan daya sebagai nyawa tambahan bagi handphone, charger juga bisa digunakan untuk menghidupkan handphone yang mati, sehingga dapat membantu mereka yang memiliki handphone dengan tombol rusak.

Beberapa produsen menghadirkan ikon untuk menghidupkan ponsel Android dari layar pengisian daya. Banyak orang akan langsung menyalakan telepon Android ketika menghubungkannya ke charger.

Jika baterai ponsel kamu benar-benar mati, kamu mungkin harus menunggu selama beberapa detik, sebelum perangkat menunjukkan tanda-tanda kehidupan dan menghadirkan ikon untuk menghidupkan.

Mengganti tombol Power ke Volume

Power Button To Volume Button Android
Power Button To Volume Button Android

Anda dapat mengganti peranan tombol Power di Android dengan tombol Volume, ini merupakan cara bagus untuk dapat menghidupkan Android anda.

Ada sebuah aplikasi yang menawarkan kemampuan menggantikan peranan Power ke Volume bernama “Power Button To Volume Button” di Google PlayStore yang disediakan gratis.

Jika anda telah menginstal aplikasi ini maka selanjutnya anda dapat menghidupakan, membuka dan mengunci ponsel dengan tombol Volume saja kawan.

Oleh karenanya silahkan aplikasi ini di Google PlayStore melalui tautan ini.

Melalui Menu Booting

Menu boot, atau mode pemulihan / recovery mode, adalah menu pilihan yang membantu menyelesaikan sejumlah besar masalah pada ponsel Android.

Penggunaan yang paling umum dari menu boot adalah membersihkan memori sistem kami, mengembalikan setelan ke default pabrik, atau menginstal ROM baru.

Melalui menu boot, kita dapat memanfaatkan fungsi lain yang memungkinkan kita menghidupkan telepon kita.

Untuk mengakses menu boot, kamu harus menggunakan kombinasi tombol, yang berbeda antara perangkat dan pabrikan. Kombinasi yang paling umum adalah:

  • Tombol Home + Volume naik + Volume turun
  • Tombol Home + tombol Daya
  • Tombol Power + Volume tambah
  • Tombol Power + Volume turun
  • Tombol Home + tombol Power + Volume turun
  • Volume naik + Volume turun

Anda bisa pula Googling untuk menemukan kombinasi yang pas untuk smartphone milik anda untuk dapat masuk menu boot.

Ketika sudah masuk ke mode recovery maka anda akan dapati sebuah opsi bernama reboot system now yang dapat anda tekan untuk menghidupkan handphone.

Reboot System Now Mode Recovery Android Menghidupkan Handphone
Reboot System Now Mode Recovery Android Menghidupkan Handphone

Menggunakan ejector SIM

Menghidupkan Handphone Dengan Ejector SIM Card
Menghidupkan Handphone Dengan Ejector SIM Card

Benar sekali kawan kini ambil ejector untuk membuka kartu SIM, karena jika kartu SIM dibuka dan dipasang kembali handphone kita akan meresponnya dengan menghidupkan handphone kemudian bisa anda aktifkan dan gunakan lagi.

Cara ini sudah di uji pada smartphone Xiaomi, dan belum pada handphone merek lain, namun kenapa juga anda tidak mencobanya?

Melalui ADB

Ini cara paling kasar menurut saya dan merupakan skenario terakhir apabila handphone kita tidak bisa dihidupkan baik melalui charger atau juga tidak dapat mengakses menu boot.

Maka harapan kita sekarang adalah ADB (Android Debug Bridge). Untuk menggunakan opsi ini anda sudah harus mengaktifkan USB Debugging mode dari opsi Developer di handphone anda. Jika anda belum melakukan ini maka sudah tidak ada harapan lagi.

Saya berharap anda sudah mengaktifkan USB Debugging, jika sudah maka hubungkan handphone ke komputer dan download file-file yang diperlukan di tautan ini, dan klik pada “SDK Platform-Tools for Windows.”

Ketika download sudah selesai, dekompres file pada folder root, dan open command prompt Windows kita.

Command Prompt
Command Prompt

Perintah pertama yang perlu kita jalankan adalah cd C:/platform-tools sehingga kita dapat mentransfer ke folder Android.

Selanjutnya, kita perlu mengkonfirmasi bahwa perangkat kita dikenali oleh sistem, dan mengetahui ID-nya. Itu sebabnya kami menjalankan perintah adb devices dan kita akan melihat gambar seperti berikut.

Menghidupkan Handphone Tombol Power Rusak Command Prompt
Menghidupkan Handphone Tombol Power Rusak Command Prompt

Jika kita tidak melihat ponsel kita, maka itu berarti kita belum menginstal driver ponsel di komputer kita atau opsi USB debugging tidak diaktifkan.

Dalam kasus pertama, dengan pencarian Google yang sederhana, kita dapat menemukan dan menginstal driver handphone.

Sedangkan untuk skenario kasus kedua, yakni USB Debugging mode belum diaktifkan, maka tidak ada yang bisa kita lakukan, karena kita tidak dapat mengakses menu boot.

Berharap semua itu berhasil, lalu menghubungkan ponsel, mendapatkan ID-nya, dan mengetik perintah adb –s DEVICE_ID reboot di command prompt untuk menghidupkan handphone.

Bawa ke tempat service handphone

Bawa ke tempat service handphone
@http://www.engcom.web.id/

Apabila semua langkah gagal dan anda kini nyaris membuang handphone anda, jangan gitu dong. Selalu ada jalan menuju Roma, jalan yang tidak akan mengecewakan adalah pergi ke servis handphone terdekat dan minta mereka membetulkan tombol Power.

Cara ini pasti mujarab namun tidak gratis biasanya agak mahal, pintar-pintarlah menawar, apabila di tempat tujuan banyak servis handphone kelilingi dulu cari servis yang paling murah dan minta jaminan paling tidak seminggu.

Kesimpulan

Baiklah kawan semoga posting ini dapat membantu anda menghidupkan handphone Android tanpa tombol Power. Dan bisa lagi mengakses isi dari handphone anda.

Jika begitu silahkan beritahukan keluarga, saudara, kerabat dan teman mengenai posting ini dan sampai jumpa lagi di posting-postng seputar teknologi dari Dubidam.ID berikutnya di masa datang kawan.


Tinggalkan komentar