2 Cara Menjadikan Kamera Android Sebagai Webcam Komputer (Wifi & USB)

ADVERTISEMENT

Setelah membaca judul artikel, banyak orang akan mempertanyakan mengapa ada orang yang menggunakan ponsel mereka sebagai webcam.

Yah, ini adalah reaksi umum, tetapi ada banyak alasan bagus untuk menggunakan smartphone sebagai webcam di komputer.

Anda dapat mengubah smartphone lama Anda menjadi kamera keamanan jika tidak lagi digunakan.

Misalnya, Anda dapat menggunakan handset untuk memantau rumah Anda, menggunakannya sebagai monitor bayi, atau menggunakannya sebagai webcam PC Anda.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu membeli kamera mandiri baru jika Anda mengubah ponsel menjadi webcam.

Jadi, jika Anda tertarik untuk mengubah perangkat Android Anda menjadi webcam, maka Anda sedang membaca panduan yang tepat.

ADVERTISEMENT

Metode Menggunakan Kamera Ponsel Android sebagai Webcam untuk PC

Pada artikel ini, kami akan membagikan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan Android Anda sebagai webcam untuk PC dan Anda tidak perlu root Android Anda. Mari kita periksa.

Persyaratan

Langkah-Langkah Untuk Menggunakan Ponsel Android Sebagai Webcam

1. Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah Anda harus menginstal aplikasi IP Webcam yang sebelumnya telah Anda download di smartphone Android.

Dan jangan lupa untuk untuk menginstal IP Camera Adapter di komputer Windows milik Anda.

2. Kini silahkan Anda buka IP Camera yang telah Anda instal di smartphone Android. Setelah terbuka maka Anda akan dapati banyak opsi yakni nama pengguna, kata sandi, resolusi layar dan lain sebagainya yang bisa Anda sesuaikan menurut kebutuhan Anda.

Jika sudah selesai dalam urusan pengaturan / penyesuaian maka klik Start Server.

Menjadikan Kamera Android Sebagai Webcam Komputer

Catatan: Perlu diketahui bahwa aplikasi ini menggunakan kamera belakang secara default, ini dimaksudkan agar kualitas gambar maksimal. Akan tetapi Anda diberi kemampuan untuk menggantinya dengan kamera depan, namun tentu saja kualitas dari kamera depan tidak sebagus kamera belakang.

3. Setelah Start Server diklik, maka Anda akan dapati IP dibagian bawah layar. Nah Anda harus buka IP ini menggunakan browser Chrome atau Firefox di komputer.

Start Server Kamera Android Sebagai Webcam Komputer

4. Nah jika rekan ingin menampilkan tampilan webcam, maka Anda perlu menginstal IP Camera Adaptor yang telah Anda download sebelumnya di komputer. Selanjutnya dibagian “Camera Feed URL Anda harus masukan IP dan port yang telah Anda dapatkan dari aplikasi yang telah Anda instal di smartphone Android, selanjutnya klik AutoDetect.

Menyambungkan Kamera Android Sebagai Webcam Komputer Laptop

Beres Anda berhasil membuat komputer Anda mendeteksi kamera Android.

Dan selanjutnya kamera Android siap dijadikan webcam komputer.

Kini Anda dapat menggunakan kamera Android sebagai webcam di komputer untuk ngobrol video call di Facebook Messenger, di WhatsApp, Skype dan bahkan Anda bisa pula menonton streaming video di komputer dari smartphone Anda milik Anda kawan.

Keren sekali bukan?

Tentu saja oleh karenanya posting ini saya khusus untuk Anda.

Baca juga:

Menggunakan Kamera Android sebagai Webcam melalui USB

Ini cara kedua yang bisa Anda tempuh untuk menjadikan kamera Android sebagai webcam komputer. Dan cara ini tanpa perlu menggunakan Wifi, melainkan cukup dengan USB.

Cara kedua ini mengharuskan Anda untuk mengaktifkan USB Debugging di smartphone Android. Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkan Android USB Debugging Mode adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengaktifkannya Anda buka Pengaturan > Aplikasi > Opsi pengembang > USB debugging.

Aktikan Android USB Debugging

2. Setelah aktif, maka Anda harus download dan instal DroidCam dari Google Play store di smartphone Android milik Anda.

Droidcam Wireless Android App

3. Kini Anda harus menyambungkan smartphone Android Anda ke komputer menggunakan USB, selanjutnya komputer akan melakukan instalasi driver yang diperlukan oleh komputer Windows Anda. (Anda juga bisa menginstal driver OEM secara manual bisa langsung klik pada tautan ini).

4. Anda juga harus download dan instal Dev47apps client di komputer Windows Anda.

Dev47Apps Menjadikan Kamera Android Sebagai Webcam Komputer

5. Apabila client telah terinstal, maka kini Anda pilih “USB” yang tepat di belakang WiFi di klien kompter Windows, kemudian Anda harus pilih atau klik “Start”.

DroidCam Client

Beres sudah! Apabila segalanya berjalan dengan lancar, maka Anda akan melihat kamera smartphone Android di komputer, kini Anda dapat menggunakan kamera Android sebagai webcam komputer.

Silahkan pula mengunjungi halaman koneksi Droid47apps guna mengetahui lebih banyak tentang Droid47Apps.

Menyambungkan Android Ke Komputer Untuk Kamera Komputer

Dari posting ini maka kini Anda telah sadar bahwa smartphone Android Anda, bisa dijadikan webcam di komputer, maka jangan jual dulu smartphone Android lama Anda, karena bisa digunakan sebagai webcam komputer.

Dan Anda tidak perlu membeli webcam baru seharga selangit khusus untuk webcam di komputer.

Dan satu lagi, apabila rekan mengetahui cara lain untuk menjadikan kamera Android sebagai webcam di komputer. Dan saya harapkan artikel ini bermanfaat bagi rekan semua.

Itulah informasi cara menjadikan kamera Android sebagai webcam di komputer, dan langkah-langkahnya, semoga bermanfaat. Silahkan beritahukan kepada keluarga, saudara, teman dan kerabat mengenai artikel ini siapa tahu mereka membutuhkannya. Sampai jumpa lagi di posting-posting seputar teknologi dan tutorial dari DubiDam.ID di masa datang.

Leave a Comment