Cara Menonaktifkan Driver Signature Environment Windows Dengan CMD

Cara menonaktifkan Driver Signatur di Windows dengan CMD. Microsoft telah menyertakan fitur yang disebut Driver Signature Enforcement pada sistem komputer Windows. Ketika menginstal driver di komputer, beberapa driver mungkin dapat berfungsi dengan baik dan yang lain mungkin tidak.

Keberadaan fitur Driver Signature Enforcement memastikan bahwa Windows hanya boleh memuat driver yang telah ‘ditandatangani’ oleh Microsoft.

Driver yang diinstal harus berupa driver bertanda tangan yang menyertakan tanda tangan digital – tanda keamanan elektronik yang merinci penerbit driver dan semua informasi terkait (misalnya, jika konten asli paket driver telah diubah).

Semua driver dan file sistem harus diverifikasi secara digital oleh Microsoft dan, lebih lanjut, Windows tidak akan menjalankan driver yang tidak ditandatangani pada sistem 32-bit atau 64-bit. Seluruh filosofi ini disebut “Driver Signature Enforcement”.

Jika sebuah driver tidak disertifikasi atau ditandatangani oleh Microsoft, makan Anda akan memdapati pesan seperti “Driver has been altered”, “Windows cannot install this driver”, atau pemberitahuan serupa lainnya.

Banyak program menggunakan file driver yang tidak memiliki otentikasi tanda tangan digital – ini bisa jadi driver tidak resmi, driver yang sudah ketinggalan zaman, atau yang dikembangkan oleh Anda sendiri atau orang lain.

Untuk menerima sertifikat terverifikasi, pabrikan dan pengembang harus membayar Microsoft. Hal inilah penyebab kenapa banyak driver tidak tersedia di Windows. Untuk menginstal driver yang tidak ditandatangani di komputer Anda dan membuatnya berfungsi dengan baik, Anda harus menonaktifkan Driver Signature ini.

Driver Signature Enforcement dirancang untuk mencapai keamanan maksimum dan ini adalah fitur yang baik, namun, ada kalanya Anda perlu menginstal driver yang tidak ditandatangani secara digital oleh Microsoft. Maka Driver Signature Enforcement akan mencegah Anda melakukannya.

Untungnya, Anda dapat menonaktifkan Driver Signature Enforcement, dan dalam artikel ini kami akan menunjukkan caranya.

Cara menonaktifkan Driver Signature Enforcement Di Windows Menggunakan Command Prompt

Solusi ini bersifat permanen, jadi pastikan Anda ingin menonaktifkan fitur Driver Signature Enforcement untuk selamanya. Untuk menjalankan Command Prompt sebagai Administrator,

Ketik “Command Prompt” di Search dan klik kanan hasil “Command Prompt” lalu pilih “Run as administrator” dari menu drop-down atau dari bilah untuk menjalankan Command Prompt dengan hak administrator.

Buka Command Prompt Run As Administrator
Buka Command Prompt Run As Administrator

Cara #1: Nonaktifkan Driver Signature Windows

  1. Ketika Command Prompt terbuka, ketikkan perintah ini: bcdedit.exe /set nointegritychecks on dan tekan Enter, jalankan.
Driver Signature Enforcement Windows Dengan CMD
Driver Signature Enforcement Windows Dengan CMD
  1. Sekarang restart kompur anda.

Mengaktifkan kembalim.

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali fitur Driver Signature Enforcement maka lakukan langkah berikut ini:

  1. Buka kembali Command Prompt sebagai administrator dan ketik perintah ini: bcdedit.exe /set nointegritychecks off.
  2. Ini pada dasarnya adalah perintah yang sama seperti sebelumnya, kecuali pada kata terakhir diubah dari on ke off.

Cara #2: Nonaktifkan Driver Signature Windows

Cara lain untuk menonaktifkan fitur Driver Signature Enforcement melalui Command Prompt adalah dengan membuka Command Prompt sebagai Administrator seperti di atas.

  1. Dan ketik perintah berikut: bcdedit.exe -set loadoptions DISABLE_INTEGRITY_CHECKS. Tekan Enter untuk menjalankan perintah.
Nonnaktifkan Driver Signature Di Windows
Nonnaktifkan Driver Signature Di Windows
  1. Kemudian, masukkan perintah ini: bcdedit.exe -set TESTSIGNING ON dan tekan Enter.
Menonaktifkan Windows Driver Signature Dengan CMD
Menonaktifkan Windows Driver Signature Dengan CMD
  1. Tutup Command Prompt dan lakukan restart pada komputer Windows Anda agar perubahan diterapkan.

Untuk mengaktifkan kembali Driver Signature Enforcement, ulangi langkah-langkah dengan mengubah perintah pertama menjadi bcdedit -set loadoptions ENABLE_INTEGRITY_CHECKS.

Dan perintah kedua untuk bcdedit -set TESTSIGNING OFF. Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, restart komputer Anda agar perubahan diterapkan.

Tinggalkan komentar