Merubah Dokumen Word Ke PDF Langsung Tanpa Basa-Basi

Dewasa ini mengubah dokumen Word ke PDF merupakan perkara semudah membalikan tangan, karena teknologi pengolah dokumen dimasa sekarang memang terus dibangun dan diperbaharui guna memudahkan penggunanya.

Apalagi jika pengembang aplikasi itu adalah nama sebesar Microsoft, tentu saja yang langsung muncul di kepala adalah produk yang super canggih dan memudahkan penggunanya—artinya begitu pintar tampil dan disulap sesuai kebutuhan.

Dokumen-dokumen digital dewasa ini yang populer salah satunya adalah PDF atau singkatan dari Portable Document Format. Jenis dokumen yang satu ini menjadi salah satu standar format dokumen dewasa ini—untuk membuat, mengedit dan menampilkan dokumen berupa teks dan gambar—yang sering muncul sebagai presentasi, proposal dan tipe dokumen lainnya.

Sedangkan Microsoft Word yang adalah sebagai bagian dari keluarga Microsoft Office yang kerap digunakan untuk menyusun sebuah jenis dokumen berbasis .docx. Bagi saya pribadi, sebenarnya cukup dengan Word maka segala urusan olah dokumen sudah terwakili dengan lengkap.

Akan tetapi ada kalanya kita terpaksa harus mengkonversi atau merubah dokumen berbasis Word .docx menjadi .pdf karena permintaan.

Dan untungnya sejark edisi Office 2013 kita disuguhkan kemampuan untuk langsung mengkonversi / merubah dokumen Word kita ke dalam format .pdf. Mungkin rekan belum tahu hal itu. Karenanya disini akan saya paparkan cara mudahnya. Jadi rekan tidak perlu putar otak dan cari kesana-kemari hanya untuk menemukan cara merubah kedua jenis dokumen itu.

Persyaratan

Cara merubah dokumen Word ke PDF langsung

  1. Kemudian buka sebuah dokumen di Microsoft Word.
  2. Lalu pilih File.
Merubah Dokumen Word Ke PDF
Merubah Dokumen Word Ke PDF
  1. Kini pilih Save AS -> Document -> Lalu pilih PDF pada daftar scroll yang ada kemudian klik tombol Save.
Pilih PDF Untuk Merubah Dokumen Word Ke PDF
Pilih PDF Untuk Merubah Dokumen Word Ke PDF
  1. Maka hasilnya adalah sebagai berikut.
Hasil Konversi Word Ke Format PDF
Hasil Konversi Word Ke Format PDF

Mantul kan brother and sister? Tentu saja, inilah yang diawal paragraf saya katakan bahwa jika pengembangnya adalah nama sebesar Microsoft maka kita akan dapati produk yang versatile alias pintar banyak bisanya.

Tinggalkan komentar