Microsoft Berhenti Mendukung Windows 7, Saatnya Beralih Darinya



Windows 7 pertama kali dirilis oleh Microsoft pada Oktober, 2009 yakni sekitar 11 tahun lalu. Dan setelah satu dekade, Microsoft memutuskan untuk memberikan pensiun kepada si 7 ini.

Maka meski anda telah aktivasi Windows 7 anda, tidak lagi berguna karena dukungan teknis dari Microsoft sudah ditutup rapat.

Namun bukan berarti Windows 7 anda akan berhenti berfungsi, hanya saja Microsoft tidak lagi memberi dukungan berupa security patch sejak 14 Januari 2020 kemarin.

Masihkah saya dapat menggunakan Windows 7?

Seperti sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa Windows 7 anda akan tetap berfungsi, seperti halnya seri lainnya, bahkan XP saja tetap berfungsi.

Apabila kini anda menggunakan Windows XP, Vista, dan juga 7 anda masih dapat menggunakannya seperti sebelum-sebelumnya. Microsoft tidak akan mencegah anda menggunakan komputer milik anda sendiri.

Namun biasanya anda akan dapati pesan “sedikit” mengganggu berbunyi “Your Windows 7 PC is out of support,” itu saja kok persoalannya.

Namun saya pribadi menyarankan agar beralih dari Windows 7. Namun jika anda teramat cinta pada edisi sistem operasi yang satu ini, maka saya rekomendasikan anda dilindungi oleh software antivirus yang handal terinstall guna melindungi aktivitas offline juga online anda.

Perubahan apa yang menanti saya?

Windows 7 Tidak Lagi Di Support
Windows 7 Tidak Lagi Di Support

Kini pihak Microsoft telah menutup support, Windows 7 tidak akan lagi disuapi dengan update security oleh Microsoft. Dengan kata lain, Windows 7 sepenuhnya sendiri di belantara terpapar oleh para pemangsa.

Windows 10, Windows 7, Windows 8 / 8.1, Windows Vista dan Windows XP kesemuanya dibangun dengan arsitektur sama. Seringkali celah keamanan ditemukan di semua versi terbaru Windows.

Kini, apabila para “penyerbu” menemukan sebuah celah dan pihak Microsoft berhasil menutupnya, “tutupan” Microsoft itu hanya diberikan kepada Windows 10 dan Windows 8.

Sedangkan Windows 7 tetap dalam keadaan tanpa tameng terbuka untuk diserang oleh para penyerbu itu. Dan para penyerbu itu tahu itu.

Penghentian support ini juga akan berimbas kepada area yakni kepada para pengembang, mereka mendapati sinyal jelas bahwa saatnya berhenti “mengurusi” Windows 7.


Bagikan
Rekomendasi Untuk Anda

Nagib adalah penulis teknologi lepas di blog Dubidam.id yang aktif membagikan tutorial seputar perangkat pintar berbasis komputer, seperti PC, smartphone dan juga perangkat keras dan lunak untuk membantu pengguna produk teknologi itu memecahkan masalah yang mereka hadapi. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca halaman Tentang Blog. Silahkan juga bergabung di kanal Youtube dan halaman Facebook dari Dubidam.ID.

Tinggalkan komentar