18 Penyebab Jerawat Yang Membuatnya Tumbuh Subur Di Wajah

  • Hosting Unlimited Indonesia
  • Penyebab Jerawat Di Wajah
    saudibeautyblog.com

    Anda akrab dengan jerawat dikarenakan tengah dihinggapinya atau memang nama penyakit kulit yang satu ini sudah menjadi penyakit yang sifatnya tradisi yang menyerang siapapun. Oleh karena itulah nama jerawat menjadi sangat populer bersamaan dengan bencinya sebagian besar orang terhadapnya.

    Namun begitu tahukah anda apa sih penyebab utama yang membuat jerawat ini muncul di wajah? Nah di artikel ini anda akan menemukan jawaban paling tepat akan 18 biang kerok yang totalnya ada 14 yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

    Para doktor menganjurkan agar segera mengurusi jerawat untuk mencegahnya semakin menyebar kemana-mana. Jerawat / akne jika dibiarkan, dapat menyebabkan goresan / bekas luka, yang nantinya sulit untuk dihilangkan.

    Nah jerawat bisa tumbuh karena sejumlah alasan. Inilah penyebab timbulnya jerawat.

    14 Penyebab utama munculnya jerawat di wajah

    1. Sel kulit mati

    Penyebab jerawat Sel kulit mati
    prakritiherbals.wordpress.com

    Penyebab munculnya jerawat: Sel kulit mati

    Kulit akan melepaskan sebuah lapisan dari sel kulit mati. Sejumlah sel kulit mati yang terjebak dalam sebum, nantinya akan menyumbat pori-pori. Nah pori-pori yang tersumbat itulah yang akan menjadi jerawat.

    2. Faktor keturunan

    Penyebab munculnya jerawat: Faktor keturunan
    Penyebab munculnya jerawat: Faktor keturunan

    Nah ternyata keturunan bisa menjadi penyebab munculnya jerawat, dan jerawat yang disebabkan faktor ini paling sulit ditaklukan, maka jikalau anda mewarisi sebuah masalah genetik, maka nantinya jerawat dimuka akan terus muncul selama hidup anda. Ini dikarenakan hyperactive sebaceous glands (Kelenjar minyak) terus memproduksi banyak sebum (minyak di kulit), yang akhirnya akan membentuk area jerawat.

    Dalam kasus ini dianjurkan untuk berkonsultasi kepada ahli kulit karena metode alami tidak akan memberikan solusi permanen untuk jerawat karena keturunan. Prosedur seperti microdermabrasion bisa menjadi pengobatan sangat efektif karena dapat meminimalisir pertumbuhan aken disaat yang sama dapat mengurangi bintik akne dan noda.

    3. Jerawat pada remaja

    Penyebab munculnya jerawat: Jerawat pada remaja
    hugyourskin.com

    Penyebab munculnya jerawat: Jerawat pada remaja

    Masa pubertas umumnya dibarengi dengan jerawat, proses ini dialami baik pada anak lelaki juga perempuan. Karena saat tubuh manusia mengalami perubahan fisik maka siap untuk reproduksi, pada kondisi ini kelenjar minyak menjadi sangat aktif, hasilnya minyak pada kulit menyumbat pori-pori yang lagi-lagi menyebabkan jerawat.

    4. Faktor hormon

    Penyebab munculnya jerawat: Faktor hormon
    yabeauty.com

    Penyebab munculnya jerawat: Faktor hormon

    Sudah melewati masa remaja bukan berarti anda terbebas dari masalah jerawat. Tidak kawan. Anda belum bebas darinya. Karena ada juga namanya jerawat dewasa yang disebabkan oleh ketidak-seimbangan hormon dalam tubuh. Ini proses wajar sebagai efek dari cara kerja tubuh kita, dan juga bisa terjadi saat masa menopause.

    5. Pertumbuhan bakteri

    Penyebab munculnya jerawat: Pertumbuhan bakteri
    medicalnewstoday.com

    Penyebab munculnya jerawat: Pertumbuhan bakteri

    Minyak dikulit terakumulasi dibalik pori-pori yang tersumbat. Minyak kulit ini tumbuh dibalik pori-pori yang tersumbat yang mengandung bakteri. Nah ini yang bahaya yakni jikalau kondisinya menunjang si bakteri maka ia akan terus menyebar dan menyebabkan munculnya jerawat yang menyakitkan. Ia akan memakan sebum dan memproduksi zat yang memberinya daya tahan hidup dan menyebabkan pula peradangan kulit.

    6. Sensitif terhadap Testosteron

    Penyebab munculnya jerawat: Sensitif terhadap Testosteron
    pngtree.eu

    Penyebab munculnya jerawat: Sensitif terhadap Testosteron

    Umumnya Orang yang kulitnya mudah terkena jerawat sensitif terhadap hormon testosteron. Testosterone merupakan hormon alami yang ada pada pria pula wanita. Pada kasus ini, testosteron memicu pengeluaran sebum secara berlebihan, hasil dari itu akan menyumbat pori-pori. Kondisi ini akan menyebabkan sel kulit mati terjebak di sebum dan akan memperburuk keadaan.

    7. Mengkonsumsi makanan dairy (produk susu) dan glikemik tinggi

    Penyebab munculnya jerawat: Mengkonsumsi makanan dairy (produk susu) dan glikemik tinggi
    medicalnewstoday.com

    Penyebab munculnya jerawat: Mengkonsumsi makanan dairy (produk susu) dan glikemik tinggi

    Menurut laporan studi dari New York University yang dipublikasikan pada Academy Of Nutrition and Dietetics menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi skor glikemik seperti roti / kue dan minuman manis yang kaya gula menyebabkan pertumbuhan jerawat. Lagipula terlalu banyak mengkonsumsi makan produk susu tidak baik untuk kulit, meskipun makan itu memang kaya akan kalsium. Dan jerawat yang disebabkan faktor ini bisa diatasi dengan diet yang tepat.

    8. Makanan berminyak

    Penyebab munculnya jerawat: Makanan berminyak
    palembang.tribunnews.com

    Penyebab munculnya jerawat: Makanan berminyak

    Makanan jenis ini memegang peranan penting dalam pembentukan jerawat. Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dan makanan cepat saji memicu aktifnya kelenjar minyak yang dapat memproduksi sebum, hasilnya menumbuhkan jerawat dan komedo.

    9. Obat-obatan

    Penyebab munculnya jerawat: Obat-obatan
    epilepsysociety.org.uk

    Penyebab munculnya jerawat: Obat-obatan

    Sejumlah obat epilepsi dan obat-obatan yang mengandung androgen dapat menyebabkan jerawat.

    10. Produk perawatan kulit

    Penyebab munculnya jerawat: Produk perawatan kulit
    nymag.com

    Penyebab munculnya jerawat: Produk perawatan kulit

    Tujuan menggunakan produk perawatan kulit pastinya untuk memperbagus dan mempercantik kulit, namun pastikan produk tersebut cocok dengan jenis kulit anda, jika tidak alih-alih mendapatkan kulit cantik malah komedo dan jerawat yang bertengger disana.

    Selain itu seringnya berganti produk dapat membahayakan kulit. Karena komposisi baru dari produk tersebut dapat mengganggu sistem kulit dan menyebabkan jerawat dan komedo.

    11. Tidak menghapus makeup

    Penyebab munculnya jerawat: Tidak menghapus makeup
    self.com

    Penyebab munculnya jerawat: Tidak menghapus makeup

    Produk makeup mengandung minyak dapat pula memicu jerawat. Pastikan anda menghindari penggunaan makeup keras, sebaiknya menggunakan kosmetik cair. Pastikan pula selalu menggunakan produk alami karena kimia dapat menyebabkan akne.

    12. Bepergian

    Penyebab munculnya jerawat: Bepergian
    umsalert.com

    Penyebab munculnya jerawat: Bepergian

    Karena pergi ketempat jauh, tubuh kita akan berinteraksi dengan lingkungan berbeda seperti cuaca, kelembaban, temperatur, air dan seterusnya. Perlu anda ketahui hal ini bisa pula menyebabkan jerawat muncul.

    13. Stres

    Penyebab munculnya jerawat: Stres
    raowellness.com

    Penyebab munculnya jerawat: Stres

    Faktor psikologi juga memberi kontribusi lahirnya jerawat, yakni kondisi stres. Karena saat stres fungsi tubuh bekerja ekstra secara mendadak dan kondisi tersebut bisa melahirkan jerawat. Kenapa bisa begitu? Seperti kita ketahui setiap sel kulit kita memiliki reseptor akan hormon, dan stres merupakan hormon. Karena saat stres produksi sebum meningkat. Dan sebum berlebih berpotensi jerawat.

    14. Gesekan dan menggosok kulit

    Penyebab munculnya jerawat: Gesekan dan menggosok kulit

    Jika kita menggosok kulit atau memencet jerawat, hasilnya malah menjadi lebih parah. Selain itu tekanan pada tas, helm dan kerah baju ketat malah makin memperburuk jerawat.

    15. Menyentuh wajah dengan tangan kotor

    Penyebab munculnya jerawat: Menyentuh wajah dengan tangan kotor

    Kita punya kebiasaan menyentuh atau menaruh telapak tangan diwajah, nah faktor ini juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di muka. Ini dikarenakan kotoran dan bakteri di tangan dan jari dapat menempel di permukaan kulit sehingga menyumbat pori-pori yang akan menjadikannya jerawat.

    16. Menempelkan benda-benda ke wajah

    Penyebab munculnya jerawat: Menempelkan benda-benda ke wajah

    Jerawat di wajah juga bisa muncul karena benda-benda yang kita tempelkan di wajah seperti handphone, sarung bantal, topeng dan sebagainya jika benda-benda tersebut mengandung bakteri maka akan lagi-lagi menyumbat pori-pori yang akan mengakibatkan tumbuhnya jerawat.

    17. Jarang keramas

    Penyebab munculnya jerawat: Jarang keramas

    Keramas selain memperbagus rambut, menghilangkan ketombe, membuat rambut wangi dan tidak kucel juga bagus untuk menghambat jerawat. Karena pada rambut yang jarang dikeramas, tentunya kotoran di rambut tersebut bisa jatuh ke kulit wajah yang bisa mengakibatkan jerawat.

    18. Minyak rambut dan hair spray

    Penyebab munculnya jerawat: Minyak rambut dan hair spray

    Kedua produk perawatan rambut ini dapat memberi kontribusi akan tumbuhnya jerawat. Minyak rambut dan hair spray bisa menempel di kulit dahi, jika begitu pori-pori anda akan tersumbat, akibatnya jerawat muncul.

    Tips untuk anda yang memang tetap ingin menggunakannya ialah dengan pakai secukupnya saja, dan atur jarak saat menggunakannya dari wajah atau sekalian saja menutupi wajah dengan tangan atau media lain agar tidak mengenai kulit wajah.

    Jika sudah tahu penyebab utama yang menjadi dalang dibalik munculnya jerawat di wajah anda, kini saatnya untuk mengusirnya, untuk itu saya telah siapkan sebuah metode yang cepat dan simpel yakni cara menghilangkan jerawat super cepat. Silahkan dibaca dan dipelajari keseluruhan metodenya. Alami kok dan tidak berbahaya untuk kulit. Namun hasilnya memuaskan dan cepat.

    Kesimpulan

    Ternyata penyebab munculnya jerawat banyak juga yah dan berbagai sumbernya, yakni dari hal-hal yang kita gunakan, kebiasaan hidup, psikologi dan keturunan. Dikarenakan begitu dekat penyebab jerawat pada kehidupan kita, karenanya tidak heran kita tidak luput dari serangannya. Yang pasti jerawat muncul karena tersumbatnya pori-pori karena bakteri dan minyak dikulit wajah / sebum.

    Dikarenakan kita sudah tahu penyebabnya, sekarang kembali pada diri kita, yakni dengan menjaga kebersihan, tidak stres, mengkonsumsi makanan rendah gula dan hidup sehat. Yang pastinya dapat menghindari, menghambat bahkan menghilangkannya sekaligus. Okelah semoga posting 14 penyebab munculnya jerawat di wajah ini memberikan manfaat bagi anda semua dan sampai jumpa lagi di posting-posting saya berikutnya.


    Tinggalkan komentar