4 Cara Memperbaiki Port USB Komputer Yang Tidak Membaca Flashdisk

Memperbaiki port USB laptop yang tidak dapat membaca USB flashdisk. Apakah port USB komputer tidak dapat membaca flashdisk anda? Wah tentu itu kondisi yang tidak menyenangkan, terlebih lagi anda ingin mengakses dan menggunakan data di dalamnya.

Masalah port USB komputer tidak bisa membaca flashdisk atau flash disk tidak terbaca bisa karena banyak hal. Bisa jadi karena flashdisknya yang bermasalah, atau masalahnya ada pada port USD dari komputer laptop anda.

Yang perlu anda lakukan adalah melakukan pengecekan, coba tancapkan flashdisk di port USB lain dari laptop atau PC anda, jikalau port yang pertama tidak dapat membacanya, jika tetap tidak bisa, maka coba gunakan port USB dari laptop atau PC lain.

Jika masih tidak dapat terbaca juga, maka kemungkinan besar flashdisk anda yang bermasalah. Namun jikalau ternyata di komputer lain terbaca, maka port laptop atau PC anda yang bermasalah.

Bisa jadi port laptop anda kotor dan banyak debu sehingga menyumbat panel dari flashdisk. Atau bisa jadi karena masalah software.

Nah di posting ini akan saya ulas mengenai cara memperbaiki port laptop / PC yang bermasalah softwarenya sehingga tidak dapat membaca flashdisk.

Cara mengatasi masalah port USB komputer yang tidak dapat membaca flashdisk

Silahkan coba salah satu dari 4 cara memperbaiki port USB komputer tidak dapat membaca flashdisk, dan semoga salah satu dari ke-4 cara ini menjadi solusi untuk anda.

1. Memperbaiki flashdisk tidak terbaca dengan check, scan & repair

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Laptop Disk Management

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Windows 10 dan versi sebelumnya, dibekali fitur perbaikan untuk memperbaiki masalah-masalah software dan driver.

Dan fitur ini bisa digunakan untuk melakukan “pengecekan” terhadap kemungkinan keberadaan driver yang bermasalah di sistem komputer.

Nah tentu saja fitur ini bisa pula digunakan untuk memperbaiki masalah laptop yang tidak dapat membaca flashdisk. Baiklah cara yang untuk menggunakan check repair ini adalah sebagai berikut.

  1. Colok flashdisk ke port USB laptop atau komputer anda.
  2. Kemudian klik kanan pada logo Windows, selanjutnya pilih Disk Management.
  3. Nah cari drive mana Flashdisk anda, misalkan di Drive H, maka pilih drive itu.
  4. Setelah itu klik kanan pada Drive H, dan pilih Properties -> pilih tab Tools.
  5. Dan pilih Check – > pilih Scan and Repair Drive di popup kecil.
  6. Tunggu deh prosesnya tuntas.

Penjelasan: Fitur ini akan melakukan penyisiran pada driver dan menemukan jika bermasalah dan melakukan perbaikian langsung. Ikuti instruksi yang diperlukan.

Masih gagal juga? Maka lanjutkan ke cara 2 berikut ini.

2. Memperbaiki USB flashdisk tidak terbaca dengan install ulang driver USB

Uninstall USB Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

Terkait

Trending di Windows

Tinggalkan komentar