Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Biasanya kita masuk Safe Mode komputer dengan tujuan untuk memperbaiki sejumlah masalah seperti kegagalan sistem. Namun sayangnya pada versi Windows 10, menggunakan cara tradisional dengan menekan tombol F8 ketika booting sudah tidak berlaku.

Tujuan Microsoft menghilangkan jalan pintas dengan F8 semata guna mengoptimalkan durasi waktu booting Windows.

Padahal masuk Safe Mode seharusnya dibuat mudah karena memang peranannya amatlah penting, seperti yang sudah saya singgung tadi yakni guna memperbaiki masalah dan problem pada sistem.

Maka bagi pengguna Windows 10 mungkin bertanya, apakah ada cara lain untuk masuk ke Safe Mode selain menekan tombol F8? Jawabnya adalah ada!

Pada Windows 10, Safe Mode diintegrasikan ke dalam module Troubleshoot, karenanya menekan langsung F8 sudah tidak bisa untuk mengaktifkannya.

Akan tetapi jangan khawatir karena ada dua metode alternatif bagi kita untuk mengaktifkan fitur ini.

Metode 1: Mengaktifkan Safe Boot

1. Tekan logo Windows + R pada keyboard secara bersamaan untuk membuka jendela Run, lalu ketik msconfig di box teks.

msconfig Windows Safe Mode
msconfig Windows Safe Mode

2. Kemudian berganti pada tab Boot dan cek pada Safe boot di bagian Boot options, selanjutnya klik OK guna menerapkannya.

Masuk Safe Mode MSCONFIG Windows 10
Masuk Safe Mode MSCONFIG Windows 10

3. Selanjutnya lakukan konfirmasi pada jendela System Configuration yang muncul. Pilih Restart maka komputer anda akan melakukan restart.  Disinilah anda akan masuk atau restart ke Safe Mode secara otomatis.

Restart Windows 10 Safe Mode
Restart Windows 10 Safe Mode

4. Jikalau anda tidak lagi membutuhkan Safe Mode, maka cukup tekan dan tahan logo Windows + R kembali, kemudian ke msconfig lalgi.

5. Pada jendela dialog yang muncul, cek pada Normal startup di bagian Startup selection pada tab General  Klik OK untuk mengkonfirmasi tindakan.

Tindakan ini akan menon-akfitkan Safe Mode pada saat booting Windows 10 anda.

Kembali Ke Normal Mode Setelah Safe Mode Windows 10
Kembali Ke Normal Mode Setelah Safe Mode Windows 10

Terkait

Tinggalkan komentar