Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Metode 2: Mengakfitkan Startup Settings

1. Klik tombol Start – Settings – Update & Security.

2. Berganti ke tab Recovery dan klik pada Restart now di bawah Advanced startup.

3. Pilih opsi Troubleshoot.

Ke TroubleShoot Safe Mode Windows 10
Ke TroubleShoot Safe Mode Windows 10

4. Selanjutnya anda klik Advanced options.

Advanced Mode Windows 10
Advanced Mode Windows 10

5. Dan di Advanced Options anda pilih Startup Settings.

Startup Settings Windows 10
Startup Settings Windows 10

6. Kini pada Startup Settings anda pilih tombol Restart yang terletak di bagian bawah kanan.

Restart Startup Settings Windows 10
Restart Startup Settings Windows 10

7. Selanjutnya komputer anda akan restart pada Safe Mode.

Video tutorialnya untuk boot ke Safe Mode di Windows 10

Tambahan. Kenapa harus masuk ke Safe Mode?

Ada baiknya kita mengetahui manfaat dari Safe Mode dan kenapa anda perlu tahu cara memasukinya. Penjelasan ini saya ringkas dari situs Nesabamedia berjudul Safe Mode.

Manfaat Safe Mode adalah:

1. Mendeteksi Kerusakan.

Anda diberi kemampuan untuk melakukan pengecekan mengenai kesalahan yang tengah terjadi di komputer, semata-mata bertujuan mencari penyebabnya. Keberadaan Safe Mode sebagai alat diagnosis masalah yang sulit diketahui oleh pengguna. Jika masalahnya sudah dideteksi maka memperbaikinya akan lebih mudah.

2. Menangani/Memperbaiki Kerusakan

Setelah mendeteksi kesalahan apa yang terjadi di Windows and, Safe Mode dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan atau kerusakan yang mungkin terjadi pada sistem anda. Tindakan konkritnya seperti uninstal aplikasi yang menjadi biang keladi permasalahan pada komputer, atau juga menon-aktifkan sebuah program, dan tindakan lainnya yang intinya memperbaiki sistem komputer.

3. Menghapus Virus atau Malware

Safe Mode juga bisa digunakan untuk mendepak malware (software jahil) dan virus yang hinggap di komputer. Meski komputer anda sudah dipersenjatai Windows Defender, Firewall plus Antivirus bukan berarti bebas dari serangan atau bahkan berhasil disusupi oleh software merugikan itu. Karenanya safe mode dapat digunakan karena virus tidak dapat beraktivitas di mode ini.

4. Menjalankan Checkdisk (CHKDSK)

Selain powershell, Safe Mode juga bisa mengecek integritas software di file sistem di komputer anda. Dan ada juga dapat melakukan perbaikan jika ada error pada harddisk maupun file sistem Windows. Karena checkdisk pada Safe Mode dilengkapi dengan auto repair yang dapat melakukan perbaikan otomatis dan hanya bisa dijalankan di Safe Mode dengan CMD.

5. Melakukan System Restore

System restore bagi saya adalah mesin waktu, di mana kita bisa kembali ke belakang untuk membenahi sebelum masalah tiba. Nah apabila tombol Start Windows 10 rusak atau tidak berfungsi maka anda bisa masuk Safe Mode dengan metode 1 untuk melakukan System Restore.

6. Mengakses Registry Editor

Anda juga dapat menyambangi Regedit dengan Safe Mode, banyak hal bisa dilakukan disini seperti melakukan perbaikan pada file-file yang mempengaruhi kinerja dan performa komputer Windows 10 kita.

Baiklah kawan itulah keseluruhan cara masuk Safe Mode di Windows 10 semoga anda mendapati manfaat dari posting ini dan jika suka maka silahkan beritahukan kepada keluarga, saudara, kerabat dan teman. Sampai jumpa lagi di posting-posting teknologi dari Dubidam,id berikutnya.

Terkait

Tinggalkan komentar