Simak 5 Tren Teknologi E-Niaga Futuristik Teratas Di Tahun 2023

Simak 5 Tren Teknologi E-Niaga Futuristik Teratas Di Tahun 2023

dubidam.id– Posting ini menyoroti 7 tren teknologi e-niaga masa depan teratas untuk dipelajari pada tahun 2023 dan seterusnya. Kemajuan teknologi ini memungkinkan perusahaan e-commerce dengan mudah dan cepat memenuhi kebutuhan belanja masyarakat.

Berkat teknologi terbaru yang tersedia, pelanggan dapat mencapai segalanya hanya dengan satu klik.

Sekarang pelanggan dapat melacak pesanan mereka, menemukan penawaran terbaik, dan banyak lagi. Dengan semua perkembangan tersebut, peluang bisnis baru akan muncul.

Sekarang mari kita bahas beberapa tren teknologi ecommerce dan dampaknya dalam mendorong kesuksesan bisnis digital.

Inilah 5 Tren Teknologi Ecommerce Futuristik

1. Pentingnya Kehadiran dan Dukungan Omnichannel

Kebiasaan belanja modern mencakup pencarian lintas saluran, pembelian, dan pertimbangan pembelian. Faktanya, statistik menunjukkan bahwa 90% pelanggan mengharapkan interaksi yang mulus di seluruh saluran dan perangkat, menyoroti pentingnya kesiapan omnichannel untuk bisnis saat ini.

Memanfaatkan teknologi yang tepat berarti tidak hanya memberi pelanggan apa yang mereka inginkan dan kapan pun mereka menginginkannya, tetapi di tempat yang mereka inginkan.

Inilah merupakan beberapa cara bekerja dengan baik dalam perjalanan pelanggan yang terhubung:

  • Video Chat memungkinkan bisnis Anda untuk berinteraksi tatap muka dengan pelanggan menciptakan pribadi, cross-channel, visual demonstratif dan pengalaman konsultatif.
  • Cobrowsing adalah sistem Keterlibatan visual membawa agen dan pelanggan bersama-sama pada halaman yang sama, pada saat yang sama, yang memungkinkan agen untuk mulus memandu pelanggan Anda melalui prosedur yang kompleks.
  • Berbagi layar adalah metode berinteraksi di mana pelanggan Anda berbagi layar mereka dengan agen anda untuk menyelesaikan kesulitan mengisi Formulir, menyelesaikan transaksi, dll.
  • Interaksi dokumen menyediakan platform bagi agen Anda untuk berinteraksi dengan dokumen pelanggan Anda dengan aman dan mencakup teknologi tanda tangan elektronik untuk meningkatkan keamanan.

Jika Anda adalah pengguna Shopify atau berencana untuk mencobanya, tonton podcast ini untuk mempelajari cara memberikan pengalaman omnichannel yang lebih baik di toko Shopify Anda.

2. Kebutuhan Akan Personalisasi Yang Luas

Personalisasi ialah tren besar dalam e-commerce saat ini. Konsumen mengharapkan pengalaman berbelanja yang tepat berdasarkan preferensi pribadi mereka.

Statistik menunjukkan bahwa lebih dari 78% pelanggan mengabaikan penawaran yang tidak dipersonalisasi atau berdasarkan interaksi mereka sebelumnya dengan merek.

Ini menunjukkan betapa pentingnya personalisasi dalam pemasaran dan dukungan pelanggan pribadi. Personalisasi yang efektif berasal dari pemahaman preferensi dan perilaku pelanggan.

Untungnya, teknologi e-commerce kini berkembang untuk memberikan ide-ide tersebut. Hampir semua yang dilakukan pengguna secara online ditangkap dan disimpan, menghasilkan informasi dalam jumlah besar yang dikenal sebagai data besar.

Kecerdasan buatan (AI) dan analitik pembelajaran mesin mendorong pola perilaku pelanggan dan menafsirkan data ini. Dengan kata lain, perusahaan menciptakan kemungkinan tak terbatas melalui siklus keinginan dan harapan.

Data besar, pembelajaran mesin, dan kecerdasan buatan telah menjadikan personalisasi sebagai norma, dan perusahaan menawarkan dukungan dan layanan mereka untuk mencerminkan hal ini.

3. Pergeseran Ke Seluler

Platform seluler menjadi sangat penting sehingga m-commerce telah menjadi istilahnya sendiri. Jika Anda tidak menawarkan pengalaman belanja seluler, itu pasti tidak akan membantu Anda menarik pemirsa seluler.

Memiliki teknologi yang ramah seluler sangat penting untuk meningkatkan peluang kesuksesan Anda di masa mendatang. Kami menyarankan:

  • Aplikasi seluler Ecommerce. Aplikasi menawarkan pelanggan keterlibatan berkelanjutan dengan merek Anda dan kesempatan bagi pelanggan Anda untuk membiasakan diri dengan peluang pembelian baru dan relevan.
  • Pemasaran berbasis lokasi. Gunakan keberadaan geografis pelanggan Anda untuk memasarkan produk yang relevan dengan lokasi spesifik mereka.
  • Bimbingan VR / AR. Mengintegrasikan teknologi VR dan AR memberikan pengalaman belanja seluler yang mendalam bagi pelanggan Anda, menghubungkan mereka dengan merek Anda dengan cara yang lebih dalam dan lebih bermakna.
  • Internet Of Things (IoT). IoT berasal dari keinginan untuk lebih memahami tren konsumen di berbagai perangkat yang terhubung. Ruang lingkup yang disediakannya untuk memberikan pengalaman belanja seluler yang dipersonalisasi kepada pelanggan Anda hampir tidak terbatas.

4. Munculnya Pemasaran Percakapan

Saluran pemasaran tradisional hanya mengalir dalam satu arah. Konsep baru pemasaran percakapan telah memungkinkan komunikasi dua arah, membuka banyak peluang untuk kesuksesan e-commerce.

Mendapatkan informasi langsung dari pelanggan lebih penting daripada mencoba memprediksinya. Di balik itu semua, Anda dapat melakukan percakapan tatap muka secara real-time, yakin bahwa Anda benar-benar memahami kebutuhan pelanggan Anda.

Di bawah ini adalah beberapa teknologi yang paling efisien untuk mempertahankan percakapan dengan pelanggan Anda.

  • Chatbots. Chatbots adalah alat pemasaran percakapan yang sangat baik, mampu menangani beberapa percakapan pada satu waktu. Mereka memberi pelanggan Anda jawaban, memanfaatkan pengetahuan yang dikumpulkan dari berbagai saluran, sambil mempertahankan nada yang konsisten untuk merek Anda.
  • Obrolan langsung. Obrolan Langsung memungkinkan tim dukungan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui pesan langsung. Anda dapat memulai undangan obrolan preemptive untuk pelanggan tertentu berdasarkan perilaku mereka.
  • Pesan seluler. Smartphone adalah cara lain bagi bisnis anda untuk menjangkau pelanggan. Dengan potensi kelelahan dari serangan email promosi, berbicara dengan mereka melalui aplikasi mobile messaging sebagai gantinya.

5. Efisiensi Proses Checkout

Pengabaian keranjang merupakan alasan yang paling membuat frustrasi untuk kehilangan penjualan karena itu berarti pengguna mempertimbangkan untuk membeli produk tetapi akhirnya berubah pikiran.

Data menunjukkan tingkat pengabaian keranjang belanja global sebesar 79%, yang menunjukkan seberapa besar masalahnya. Salah satu alasan utama pelanggan meninggalkan keranjang mereka adalah proses pembayaran itu sendiri.

Tidak peduli seberapa berkembang prospek Anda, proses pembayaran yang tidak efisien meningkatkan kemungkinan pengguna meninggalkan keranjang mereka.

Jadi jika Anda ingin bisnis e-commerce Anda berhasil, gunakan teknologi yang memberikan solusi pembayaran yang cepat dan efisien, seperti:

  • Solusi pembayaran seluler yang cepat, termasuk Apple Pay dan Android Pay.
  • Memungkinkan pelanggan Anda untuk menyimpan rincian kartu, merampingkan pembelian berulang.
  • Menyediakan satu halaman, checkout bebas repot.
  • Menawarkan berbagai opsi pembayaran.

Demikian itulah pembahasan mengenai Simak 5 Tren Teknologi E-Niaga Futuristik Teratas Di Tahun 2023. Semoga informasi ini dapat membantu anda. Sekian dan terima kasih sampai jumpa di postingan admin lainnya.