Simak Inilah 4 Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 11

Simak Inilah 4 Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 11

dubidam.id– Simak Inilah 4 Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 11. Terkadang Anda bisa melupakan spesifikasi laptop yang Anda gunakan. Bahkan jika Anda membeli laptop sendiri. Nah, bagi Anda yang lupa spesifikasi laptop tidak perlu khawatir. Sebenarnya tidak sulit untuk mengecek spesifikasi laptop termasuk laptop Windows 11.

Pada artikel kali ini, Caris Signal memperkenalkan spesifikasi laptop Windows 11 miliknya. Namun, Anda harus mengetahui manfaat mengetahui spesifikasi laptop Anda. Pertama, jika Anda ingin menginstal aplikasi atau game apa pun, Anda dapat menyesuaikan persyaratan komponen.

Aplikasi atau game apa pun memiliki kumpulan tolok ukur minimum untuk memastikan laptop Anda berjalan dengan lancar. Misalnya, prosesor yang digunakan di laptop harus generasi ini dari Intel atau generasi ini dari AMD.

Maka Anda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk meningkatkan. Jika laptop Anda berjalan lambat, Anda mungkin perlu memutakhirkan. Tidak perlu ganti laptop Upgrade RAM atau penyimpanan saja.

Jadi jika Anda mengetahui spesifikasi laptop Anda, Anda memiliki dua keunggulan ini. Sekarang, saya akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara untuk memeriksa spesifikasi notebook Windows 11 Anda. Silakan ikuti langkah-langkah ini:

A. Cek Spesifikasi via Windows Explorer

Memeriksa spesifikasi notebook Windows 11 Anda dimungkinkan melalui Windows Explorer. Begini caranya.

1. Siapkan laptop pada tampilan home

2. Tekan tombol Windows + E untuk membuka Windows Explorer

3. Temukan ikon “This PC”, lalu klik kanan

4. Klik “Properties”

5. Seketika akan muncul informasi spesifikasi utama laptop Windows 11 yang Anda pakai

B. Cek Spesifikasi via Kombinasi Tombol

Microsoft Windows selalu memiliki jalan pintas untuk mengakses berbagai fungsi. Ikuti jalan pintas ini untuk memeriksa spesifikasi laptop Anda.

1. Siapkan laptop pada tampilan home

2. Tekan tombol Windows + X secara bersamaan

3. Pilih “System”

4. Lembar informasi spesifikasi utama laptop yang Anda pakai pun langsung muncul

C. Cek Spesifikasi via Windows Run

Informasi spesifikasi laptop yang diberikan pada poin A dan B mungkin kurang detail. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksanya melalui Windows Run di DirectX Diagnostic Tool. Inilah Caranya:

1. Siapkan laptop pada tampilan home

2. Klik tombol Windows + R secara bersamaan

3. Ketik “dxdiag” pada kolom yang muncul, lalu klik “Ok” atau tekan Enter

4. Tampilan informasi mengenai spesifikasi laptop akan muncul

5. Klik bilah “Display”, “Sound”, dan “Input” secara bergantian untuk melihat spesifikasi laptop Anda secara menyeluruh

D. Cek Spesifikasi via Aplikasi Pihak Ketiga

Anda juga dapat menginstal aplikasi pihak ketiga untuk memeriksa spesifikasi laptop Anda. Berikut adalah beberapa kasus penggunaan yang harus Anda coba. Semua aplikasi yang disertakan gratis.

CPU Z

CPU Z adalah salah satu program pendeteksi perangkat keras komputer yang paling sederhana. Ukurannya hanya sekitar 2MB. Namun informasi yang disajikan oleh CPU Z cukup luas. Mulai dari CPU, Cache, Motherboard, RAM hingga Kartu Grafis.

Aplikasi ini juga menyediakan fungsi pengukuran referensi sederhana. Selain itu, ada juga banyak fitur tambahan seperti timer dan fasilitas untuk mengecek apakah driver yang terinstal di laptop terbaru atau tidak.

Informasi yang diberikan oleh CPU Z cukup detail. Misalnya, informasi tentang jenis, kecepatan, latensi, kapasitas, voltase, dan merek dicantumkan untuk memori RAM. Anda dapat mengunduh CPU Z dari situs resminya.

Speccy

Philform Inc. terkenal dengan aplikasi CCleanernya. Mungkin Anda adalah salah satu pengguna. Nah, ternyata aplikasi yang diganggu piriform sangat banyak, bukan hanya lebih bersih. Contoh lain adalah Speccy, aplikasi diagnostik peralatan komputer.

Aplikasi ini relatif ringan dan hanya mewakili 8 MB. Namun, informasi yang dikumpulkan cukup lengkap. Itu dapat diidentifikasi berdasarkan spesifikasi, serta prosesor, kartu grafis, penyimpanan, dan RAM. Selain itu, perangkat jaringan, periferal yang terhubung, dan komponen audio juga dapat diidentifikasi.

Jika Anda tertarik menggunakan Speccy, Anda dapat mengunduhnya dari situs web resmi CCleaner.

HWiNFO

Dibandingkan dengan CPU Z dan Speccy, HWiNFO terlihat lebih serius. Maklum, perangkat lunak diagnostik ini lebih familiar bagi para profesional overclocking. Memang HWiINFO memiliki fungsi sensor yang berguna untuk memantau status komponen secara real time.

Informasi yang disajikan oleh HWiINFO sebenarnya mencakup semua komponen yang terpasang di komputer. Namun, informasi detail komponen berfokus pada bagian Prosesor, RAM, Motherboard, dan GPU. Apakah Anda ingin mencoba HWiINFO? Anda dapat mengunduhnya dari situs resmi HWiNFO.

Nah berikut ini cara cek spek laptop windows 11 kamu. Ada beberapa cara untuk mengetahui spesifikasi laptop Anda, dengan atau tanpa aplikasi pihak ketiga. Semuanya mudah diikuti. Yang harus Anda lakukan adalah memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saya berharap Anda sukses!